• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Perawatan Tubuh untuk Pengidap Psoriasis

Tips Perawatan Tubuh untuk Pengidap Psoriasis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tips Perawatan Tubuh untuk Pengidap Psoriasis

Halodoc, Jakarta - Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan terjadinya penumpukan sel kulit secara cepat. Penumpukan sel ini menyebabkan munculnya kerak di permukaan kulit. Peradangan dan kemerahan di sekitar kulit cukup umum terjadi, sehingga diperlukan perawatan tubuh.  

Sisik psoriasis khas berwarna perak keputihan dan berkembang menjadi bercak merah tebal. Terkadang penampakannya seperti tambalan yang dapat retak dan berdarah. Sisik biasanya berkembang pada persendian, seperti siku dan lutut. Mereka dapat bekembang di mana saja di area tubuh, termasuk tangan, kaki, leher, dan wajah. 

Baca juga: Psoriasis dapat Disembuhkah dengan Terapi Cahaya, Efektifkah?




Perawatan Tubuh yang Alami Psoriasis

Kulit yang gatal dan meradang yang menyertai psoriasis dapat dirawat dan diobati. Kamu hanya perlu membuat perubahan sederhadan pada rutinitas harian. 




  • Menjaga Kelembapan Kulit

Ini salah satu hal yang paling efektif dan termudah yang dapat kamu lakukan untuk kulit yang teriritasi. Melembapkan kulit dapat mengurangi kekeringan, gatal, kemerahan, nyeri, dan bersisik. Nah, sebaiknya tetap pilih pelembap yang tergantung dari seberapa kering kulit kamu. 

Ingatlah, produk pelembap kulit itu tidak harus mahal agar berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk mencari pelembap yang bebas pewangi. Berikan kulit pelembap saat setelah mandi karena ini adalah waktu yang tepat. Aplikasikan pelembap secara berulang jika cuaca dingin dan sangat kering. 




  • Mandi Air Hangat

Mandi air hangat setiap hari menggunakan sabun yang lembut dapat membantu meredakan bintik-bintik gatal dan menghilangkan kulit kering akibat psoriasis. Luangkan waktu 15 menit untuk berendam air hangat. Setelah mandi air hangat, hindari menggosok kulit dengan handuk untuk mengeringkannya. Tindakan menggosok bisa memperburuk luka dan bahkan menimbulkan luka baru. Setelah itu, segera berikan krim pelembap secara merata.

Baca juga: Kulit Kering Berlebihan, Awas Psoriasis




  • Berjemur Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) di bawah sinar matahari dapat memperlambat pertumbuhan sel kulit. Sehingga sinar matahari dalam dosis kecil dapat menjadi cara yang baik untuk menenangkan, memperbaiki, dan menyembuhkan lesi psoriasis. 

Cobalah berjemur dua atau tiga kali seminggu dan gunakan tabir surya pada kulit. Namun perlu kamu waspadai juga bahwa terlalu banyak sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan memperburuk kondisi kulit. Jadi ada baiknya kamu mendiskusikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc terlebih dulu. 




  • Kelola Stres

Stres dapat memperburuk psoriasis dan gatal-gatal. Beberapa orang bahkan melacak gangguan pertama psoriasis pada saat mereka sedang stres. Kamu mungkin bisa menenangkan gejala hanya dengan menurunkan stres dan kecemasan. 

Ada banyak cara untuk menurunkan stres. Dengan membangun sistem pendukung misalnya dalam keluarga dan pertemanan. Pikirkan hanya tentang apa yang paling penting bagi kamu dan luangkan waktu itu menyenangkan diri. Yoga dan meditasi juga ampuh untuk mengelola stres. Bahkan berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah mungkin bisa menenangkan. 




  • Hindari Menggaruk Kulit

Saat kulit terasa gatal, pasti kamu sangat ingin menggaruk. Tapi perlu kamu ketahui bahwa menggaruk dapat merobek kulit dan membuat jalan bagi kuman penyebab infeksi. Kondisi ini juga dapat membuat luka muncul di tempat yang sebelumnya tidak ada. Untuk itu pastikan kuku kamu selalu pendek dan bersih, dan tahan keinginan untuk menggaruk.

Baca juga: 8 Jenis Psoriasis yang Perlu Diketahui

Dengan melakukan perawatan tubuh dengan psoriasis, seharusnya kini kondisi kulit terkontrol dengan baik. Meskipun kamu sudah melakukan perawatan terbaik yang bisa kamu lakukan, tetaplah periksakan kondisi kulit pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui perbaikannya. Yuk, download aplikasi Halodoc agar sehat lebih mudah. 



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. 7 Tips for Psoriasis Skin Care
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Psoriasis
Everyday Health. Diakses pada 2020. How to Get Glowing Skin When You Have Psoriasis