13 April 2018

Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

Halodoc, Jakarta – Lingkaran pinggang makin besar membuat kamu enggak percaya diri? Mungkin ini tandanya untuk mulai menurunkan berat badan. Meski rasanya ingin cepat mendapatkan berat badan ideal kembali, kamu enggak boleh asal-asalan pilih metode agar cepat langsing, ya.

Penurunan berat badan yang ideal dan sehat adalah sekitar 2-4 kilogram setiap bulan. Kalau lebih, bisa jadi kamu salah menerapkan pola diet yang berakibat berat badan turun drastis dan bisa bikin sakit, lho.

Agar tetap sehat, kamu bisa kok menurunkan berat badan dalam 30 hari. Syaratnya, kamu enggak boleh mengabaikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Berikut adalah cara menurunkan berat badan cepat dalam 30 hari yang dianjurkan secara kesehatan:

  1. Makan Perlahan

Menurut Prof Lennert Veerman dari The School of Medicine di Griffith University, Queensland mengunyah makanan pelan-pelan dan menikmati prosesi makan dapat menurunkan risiko obesitas. Makan secara perlahan dapat memberikan kesempatan kepada sistem pencernaan untuk mengirimkan sinyal kenyang sehingga kamu akan berhenti menyuap makanan ke mulut.

  1. Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah kunci menjaga berat badan stabil. Kalau kamu sering melewatkan sarapan bisa jadi kamu akan menggandakannya ketika makan siang. Pilihan sarapan juga menjadi kunci cara menurunkan berat badan cepat. Pilihlah makanan yang sehat seperti oatmeal dan teh manis atau jus atau cornflakes dan susu.

  1. Perbanyak Serat

Serat memberikan manfaat yang banyak untuk pencernaan dan menjaga berat badan tetap stabil. Kamu bisa memenuhi asupan serat melalui sayur dan buah-buahan. Supaya lebih efektif lagi, konsumsilah sayuran mentah seperti lalapan atau dimasak setengah matang. Untuk buah, pepaya, apel, jeruk atau semangka bisa jadi pilihan buah yang memenuhi asupan seratmu sekaligus membantu melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan asupan air di dalam tubuh. (Baca juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus?)

  1. Menjaga Porsi Makanan

Salah satu cara menurunkan berat badan cepat lainnya adalah dengan menjaga porsi makanan. Perhatikan jumlah karbohidrat, protein dan serat. Kamu bisa mengonsumsi lebih banyak karbohidrat di siang hari dan menguranginya di malam hari. Hindari nasi untuk makan malam, lebih baik pilih makanan dengan protein ataupun sayur dan buah-buahan. Jangan makan malam di atas jam 19.00 WIB.

  1. Olahraga Rutin

Mustahil kamu menurunkan berat badan cepat tanpa melakukan olahraga. Durasi ideal untuk melakukan olahraga setiap hari adalah 60 menit. Kamu bisa memilih waktu yang pas untuk aktivitas fisik ini. Ada yang mengatakan pagi adalah waktu yang paling baik karena metabolisme tubuh bekerja maksimal dan tubuh belum menerima banyak asupan kalori sehingga lemak yang dibakar adalah lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

Tapi ada juga yang mengatakan berolahraga malam tidak kalah efektifnya. Sebagai penutup aktivitas seharian, berolahraga malam bisa jadi stress release yang paling tepat. Tidur juga bisa lebih nyenyak kalau berolahraga malam. Apapun pilihan waktumu, pastikan kamu melakukan olahraga dengan rutin. Kalau bosan, kamu juga bisa memvariasikannya dengan jenis olahraga lain. Lari adalah olahraga paling simple untuk menurukan berat badan cepat.

Kalau kamu pengin tahu lebih banyak mengenai jenis olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu, serta variasi diet nutrisi tepat untuk menurunkan berat badan dalam 30 hari, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.