18 January 2018

Tips untuk Tingkatkan Daya Ingat

Tips untuk Tingkatkan Daya Ingat

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia dan karena faktor penyakit yang diidap tubuh, fungsi otak juga bisa menurun. Akibatnya, kamu jadi sering lupa dan butuh usaha yang keras untuk mengingat suatu hal. Akibatnya, pekerjaan dan aktivitas kamu sehari-hari bisa terganggu, bukan? 

Tahukah kamu jika otak manusia memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat daripada komputer yang dapat menyimpan milyaran data? Otak dirancang secara ajaib untuk dapat beradaptasi dan terus berubah walaupun usia sudah semakin tua. Kemampuan ini dinamakan dengan neuroplastisitas.

Jika distimulasi dengan cara yang tepat, maka otak dapat membentuk jaringan neuron yang baru serta menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan besar untuk tetap dapat mengingat sesuatu dan berkonsentrasi. Namun, seiring bertambahnya usia dan sakit penyakit yang menyerang tubuh, kemampuan otak bisa melemah. Tapi kamu tidak perlu khawatir, beberapa tips berikut bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, lho.

  • Jaga Kesehatan Otak Melalui Makanan

Sama seperti tubuh yang butuh asupan nutrisi agar tetap sehat dan berenergi, otak pun juga membutuhkan nutrisi tertentu yang dapat menunjang kemampuan kerjanya. Berikut adalah jenis makanan yang terkenal memiliki manfaat untuk otak:

  • Buah dan Sayuran. Buah-buahan dan sayuran berwarna menyala, seperti apel, pir, anggur, tomat, brokoli, dan ubi jalar merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dari kerusakan sel.
  • Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam beberapa jenis ikan, seperti salmon, tuna, sarden, halibut, dan ikan kembung bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja otak. Selain pada ikan, asam lemak omega 3 juga terdapat pada bayam, brokoli, dan rumput laut.
  • Teh Hijau. Memiliki kandungan polifenol yang merupakan antioksidan kuat, teh hijau terbukti memberikan banyak manfaat untuk otak. Meminum teh hijau secara rutin meningkatkan memori yang dapat disimpan di dalam otak, meningkatkan kesadaran mental dan memperlambat proses penuaan.

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk otak, kamu juga perlu menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan minuman beralkohol, karena dapat memberi pengaruh negatif pada otak.

  • Olahraga Otak

Agar semakin tajam, otak juga butuh diasah dengan berbagai latihan. Semakin kamu melakukan aktivitas yang melibatkan penggunaan otak, maka kamu akan semakin cepat memproses dan mengingat suatu informasi. Sejumlah permainan dapat menjadi olahraga yang baik untuk otak yaitu seperti puzzle, teka-teki silang, qubic, catur, dan permainan strategi. Selain itu, rajin membaca buku, belajar bahasa, dan menari tango juga efektif untuk melatih otak.

  • Olahraga Fisik

Selain olahraga otak, olahraga fisik ternyata juga berpengaruh terhadap ketajaman otak lho. Berolahraga secara teratur akan memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, termasuk suplai darah dan oksigen yang menuju ke otak. Dengan demikian, kemampuan otakmu untuk mengingat dan berkonsentrasi pun akan menjadi lebih baik. Berjalan kaki, lari berenang, latihan aerobic dan olahraga fisik lainnya dapat meningkatkan zat yang berguna bagi otak, mengatasi rasa stress, dan yang paling penting, menstimulasi terbentuknya jaringan-jaringan baru neuron.

  • Beristirahat yang Cukup

Kalau kamu terbiasa begadang atau bahkan sering tidak tidur, segera ubah kebiasaan tersebut, karena dapat menyebabkan menurunnya kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan untuk menjaga daya ingat dan fokus seseorang. Agar kesehatan otakmu tetap terjaga, kamu perlu memenuhi kebutuhan tubuhmu untuk tidur minimal 7.5-9 jam setiap harinya.

  • Bikin Aktivitas Lebih Terorganisir

Tanda-tanda daya ingat sudah menurun adalah kamu sering lupa dimana tempat kamu menaruh barang-barangmu, lupa membawa sesuatu, lupa tanggal ulang tahun pasangan, dan lain-lain. Nah, untuk meminimalisir kejadian-kejadian tersebut, ada baiknya jika kamu mulai mengorganisir setiap aktivitasmu. Biasakanlah menaruh barang di tempatnya, sehingga kamu mudah mencarinya. Kamu juga bisa menuliskan jadwal-jadwal penting di sebuah agenda, atau kalender yang terdapat dalam gadget yang dapat membantu kamu untuk mengingat.

Itulah tips-tips untuk meningkatkan daya ingat menjadi lebih baik lagi. Jika kamu kesulitan mengingat dan berkonsentrasi atau kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, kamu bisa menghubungi dokter dan meminta saran kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam.

Kini, kamu juga bisa melakukan tes kesehatan tanpa perlu keluar rumah dengan menggunakan fitur Lab Service. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.