26 April 2018

Trik Supaya Anak Mau Tidur Siang

Trik Supaya Anak Mau Tidur Siang

Halodoc, Jakarta – Ibu pernah mengalami kesulitan untuk menidurkan anak pada siang hari? Jangan cemas, hampir rata-rata orangtua mengalaminya. Padahal nih, tidur siang termasuk kebiasaan yang sangat positif untuk membantu perkembangan otak anak. Orangtua perlu tahu tips agar anak tidur siang.

Menurut penelitian dari Proceedings of the National Academy of Sciences, dikatakan anak-anak yang memiliki kebiasaan tidur siang lebih fokus dan gampang mengingat sesuatu, termasuk pelajaran. Peningkatan kemampuan menyimpan memori ini akan terbawa sampai anak beranjak remaja sampai dewasa kelak. Berikut adalah tips agar anak mau tidur siang untuk membantu ibu. (Baca juga: Siapa Sangka, Ternyata Bayi Suka Dicium, Lo!)

  1. Jelaskan Secara Menarik Kenapa Tidur Siang itu Perlu

Jangan malas untuk menjelaskan kepada anak pentingnya tidur siang. Bila perlu, berikan contoh-contoh menarik untuk memotivasi anak. Misalnya melalui tokoh film favorit anak, seperti Thomas The Train, atau Masha dan teman beruangnya. Bumbui cerita ibu bahwasanya para karakter tersebut juga butuh tidur siang supaya bisa bermain dan belajar lagi bersama teman-temannya.

Selain itu, tambahkan juga kalau tidur siang bagus untuk kesehatan karena anak sedang dalam masa pertumbuhan. Walaupun usia anak masih sangat dini, justru inilah momen yang pas untuk mengenalkan kepada anak mengenai kebiasaan yang baik.

  1. Isi Kegiatan Anak dengan Aktivitas “Berisi”

Bagaimana anak mau tidur siang kalau aktivitasnya seharian tidak terarah? Ibu perlu mengisi hari-hari anak dengan kegiatan berisi yang merangsang perkembangannya, jangan hanya nonton televisi, main game atau “berkaca” di perangkat tablet saja. Berikan anak kegiatan berguna seperti mewarnai, menggambar, berhitung, membantu ibu sambil bermain, serta hal-hal positif lain yang dapat merangsang anak untuk berpikir kreatif dan tumbuh cerdas.

  1. Anak Perlu Kenyang

Salah satu sebab anak tidak bisa tidur siang karena perutnya belum terisi. Ibu perlu memastikan perut anak terisi dengan makanan sehat bernutrisi, bukan hanya kenyang karena sembarang jajanan. Pastikan anak makan dengan teratur dan tepat waktu. Selalu ingat kapan waktunya anak makan pagi dan kapan seharusnya makan siang. Anak juga harus ngemil sesuai dengan porsinya, jangan sampai kekenyangan hingga tidak bisa menerima santap malam lagi.

  1. Memerhatikan Jam Bangun dan Tidur Anak

Waktu yang ideal untuk anak tidur malam adalah tidak lebih dari jam 10 malam. Jam istirahat anak berbeda dengan waktu istirahat orang dewasa, jangan pernah menyamakannya. Anak butuh waktu tidur lebih banyak, 10-12 jam perharinya.

Selain waktu tidur, tentunya ibu juga harus memerhatikan durasinya, jangan sampai berlebihan juga. Kalau sudah waktunya bangun, bangunkan anak ibu, jangan dibiarkan terlelap terus. Ini nih yang bikin jam tidur anak berantakan.

  1. Putarkan Lagu Pengantar Tidur

Mendengarkan musik adalah salah satu pengantar tidur yang baik. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga senang mendengarkan musik sebelum tidur. Tentunya dengan lagu-lagu pilihan yang dikhususkan untuk anak ataupun lagu klasik. Supaya mendapat sentuhan personal, ibu bisa membuat lagu sendiri ataupun menyanyikan lagu favorit Si Kecil.

  1. Buat Ruang Tidur Senyaman Mungkin dan Temani Anak

Selain bisa sebagai salah satu tips agar anak tidur siang, cara ini juga bisa mengeratkan ikatan antara ibu dan anak. Anak akan merasa nyaman berbaring dalam rengkuhan lengan ibu sambil ibu menepuk-nepuk bokong atau mengusap lembut punggung anak. Ceritakan kisah mengenai pengalaman masa kecil ibu atau fabel yang ibu karang sendiri. Aktivitas ini bisa melelapkan anak dengan cepat. Tidak ada yang lebih indah dan membahagiakan dari melihat Si Kecil tidur nyenyak. Setuju?

Kalau ibu ingin tahu lebih banyak mengenai trik supaya anak mau tidur siang, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.