01 August 2018

Tumit Pecah-Pecah? Ini 4 Tips Agar Mulus Kembali

tumit.tumit pecah-pecah

Halodoc, Jakarta – Kulit pecah-pecah bisa menjadi satu hal yang mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Selain bibir dan siku, kulit pecah-pecah juga sering ditemui pada bagian tubuh paling bawah, yaitu tumit kaki. Seringnya kulit pecah-pecah pada tumit terjadi karena kondisi kulit yang terlalu kering. Saat kulit terlalu kering, lalu mendapat terlalu banyak gesekan pada bagian tersebut, maka kulit atau lapisan tersebut akan terbelah.

Selain itu, kulit tumit pecah-pecah juga bisa terjadi karena hal lain seperti berdiri terlalu lama, perawatan yang salah, hingga salah memilih sepatu. Terlalu lama merendam kaki di air ternyata juga bisa menjadi pemicu kulit pecah-pecah pada tumit.

Kulit tumit yang pecah-pecah bisa sangat mengganggu penampilan kaki, bahkan memicu rasa sakit hingga berdarah. Ditambah lagi, seiring berjalannya waktu, biasanya kondisi kaki akan semakin parah. Karena pada usia senja, bagian tersebut cenderung akan kehilangan lemak dan bagian kulit akan digantikan calluses, yaitu bagian yang muncul akibat penebalan yang terjadi pada kulit. Berita buruknya, bagian ini ternyata lebih rentan mengalami infeksi.

Baca juga: Trik Atasi Masalah Kaki Pecah-pecah

Kalau kamu termasuk orang yang memiliki masalah ini, jangan khawatir. Yuk, lawan tumit pecah-pecah yang buat kulit mulus kembali dengan 4 cara ini!

1. Pelembap yang Tepat

 

 

Kulit tumit yang pecah-pecah bisa terjadi karena kulit yang terlalu kering. Nah, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan pelembap kaki. Yang perlu diingat adalah, memilih pelembap kaki sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak sembarangan.

Cobalah untuk memilih pelembap yang memiliki kandungan asam laktat atau asam salisilat. Kandungan tersebut ampuh untuk mengelupas kulit dan membantu menipiskan bagian kulit yang menebal. Dengan begitu, kulit akan kembali lembut. Kandungan tersebut juga akan mencegah kulit pecah-pecah muncul kembali.

2. Perawatan dengan Batu Apung

Kamu mungkin pernah mendengar jenis perawatan bagian kaki dengan menggunakan batu apung. Ternyata cara tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah, lho! Gosokkan batu apung pada bagian kulit yang sudah diberi pelembap dengan lembut. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketebalan kulit yang keras atau kapalan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan untuk menggosok batu apung dengan lembut dan jangan berlebihan. Menggosok batu apung terlalu keras malah bisa memicu masalah kulit semakin parah. Selain itu, pastikan batu apung yang digunakan cukup bersih.

Baca juga: 5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan

3. Ramuan Madu

 

 

Untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah, rendamlah kaki dengan ramuan madu secara rutin. Madu merupakan antiseptic yang dapat membantu menyembuhkan masalah kulit pada tumit. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Campurkanlah satu gelas madu ke dalam baskom yang berisi air hangat. Setelah itu, masukkan kaki dan rendam selama beberapa saat. Kemudian, gosok bagian tumit secara perlahan pada bagian kulit yang mengalami pecah-pecah.

4. Pilih Sepatu yang Tepat

 

 

Salah satu pemicu kulit tumit pecah-pecah adalah salah menggunakan sepatu. Nah, untuk itu, pastikanlah selalu memilih dan menggunakan sepatu yang tepat. Sepatu dengan bagian belakang tertutup cenderung lebih bisa melindungi kaki dari masalah kulit. Selain model sepatu, perhatikan juga bahan dan sol yang digunakan agar kaki tetap nyaman dan terhindar dari masalah.

Baca juga: Lebih Baik Mana: Lari Pakai Alas Kaki atau Tidak?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.