28 May 2018

Turunkan Berat Badan dengan Program Diet DASH

Turunkan Berat Badan dengan Program Diet DASH

Halodoc, Jakarta — Diet DASH adalah salah satu program diet sehat yang cukup digemari di Amerika Serikat. Program diet sehat ini diciptakan oleh The National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) dengan tujuan mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Penerapan program diet DASH tidak sulit, kok, dan kamu bisa menjalaninya perlahan secara berkala.

Kamu bisa memulai diet DASH ini dengan menambahkan satu jenis sayuran di setiap makananmu, dan satu jenis buah setelahnya. Konsumsi makanan yang tidak mengandung daging sama sekali paling tidak dua kali setiap minggunya. Gunakan rempah-rempah untuk bumbu alami dan hindari penggunaan garam. Tentu saja, NHLBI menyarankan kamu untuk mengimbangi program diet sehat ini dengan olahraga yang cukup.

(Baca juga: Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Kamu Pilih yang Mana?)

Karena fokusnya di makanan sehat, diet DASH ini bisa membantu masalah berat badanmu. Namun, untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa tanyakan dulu ke dokter apakah program diet DASH bisa membantumu menurunkan berat badan. Download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store dan bicara langsung dengan dokter ahli. Tanya jawab dengan dokter ini bisa dilakukan melalui voice/video call atau chat.

Jenis-jenis makanan yang bisa kamu makan dalam program ini termasuk omelet sayuran, sereal dengan buah dan susu low-fat, sandwich ayam dan salad, sup sayuran, yoghurt, salad dengan ayam, spageti saus tomat, apel yang dicelup saus keju, salad tuna, kebab sayur, dan smoothie stroberi, pisang dan susu kedelai.

Kalau kamu mengikuti program diet ini, NHLBI menyarankan untuk memilih makanan yang tidak mengandung terlalu banyak garam seperti daging yang dipanggang. Hindari juga makanan yang terlalu banyak saus tidak sehatnya. Program diet sehat ini mendorong kamu untuk mengenyangkan perut dengan protein sehat dan sayuran serta buah yang kaya serat.

(Baca juga: 6  Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan)

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba program diet DASH? Untuk lebih jelasnya mengenai diet ini, tanyakan langsung ke dokter ahli. Fitur tanya jawab dengan dokter yang praktis hanya bisa kamu temukan di aplikasi Halodoc, lho! Makanya, yuk, segera download aplikasinya. Enggak hanya itu, kamu juga bisa pesan antar obat dan vitamin melalui aplikasi ini. Ditambah lagi, kamu juga bisa cek lab, lho!