16 April 2018

Uban Tumbuh Sebelum Waktunya, Pertanda Apa?

Uban Tumbuh Sebelum Waktunya, Pertanda Apa?

Halodoc, Jakarta – Uban terkadang dianggap sesuatu yang tidak menyenangkan, apalagi jika kita sudah memiliki uban di usia yang masih muda. Apakah itu berarti ada yang salah dengan kesehatan kita?

Pada dasarnya, warna rambut kita adalah abu-abu atau putih. Sedangkan warna rambut hitam dan cokelat disebabkan karena rambut memiliki pigmen yang disebut dengan melanin. Jadi saat rambut berubah menjadi putih, artinya rambut kandungan pigmen rambut mulai berkurang.

(Baca juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami)

Berkurangnya Asupan Oksigen

Munculnya uban juga bisa terjadi akibat kurangnya asupan oksigen ke batang rambut. Hal ini menyebabkan peredaran sari-sari makanan yang dibawa oleh darah ke seluruh batang rambut terhambat. Itulah yang menyebabkan unsur-unsur penyusun rambut menjadi tidak baik dan menyebabkan berkurangnya zat melanin sehingga tumbuhlah uban.

Faktor Keturunan

Perubahan rambut hitam menjadi kembali berwarna putih bukan hanya karena faktor usia. Menurut Associate Professor dari NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa, masalah rambut uban juga bisa dipengaruhi dari ras seseorang. Kemunculan uban pada ras Kaukasoid cenderung lebih cepat dibandingkan dengan ras Asia dan Afrika. Selain itu, faktor keturunan masih menjadi alasan kenapa kamu memiliki uban di usia yang masih sangat muda, menurut Roshini. Jika orangtua juga memiliki uban diusia 20an, maka bukan tidak mungkin kamu juga bisa mengalami hal yang serupa dengan orangtua kamu.

Gaya Hidup dan Lingkungan

Tidak hanya faktor keturunan, gaya hidup dan lingkungan pun bisa membuat kamu memiliki uban di usia yang sangat muda. Kebiasaan merokok rupanya bisa membuat kamu punya uban di usia 20an. Karena tidak hanya bagi perokok aktif saja yang bisa mengalami ini, perokok pasif pun bisa mengalami perubahan warna rambut di usia muda karena terkena polusi udara dari asap rokok.  Selain polusi udara, terpapar sinar matahari langsung juga bisa membuat rambut hitam kamu berubah menjadi uban. Sebaiknya jika keluar rumah pada siang hari, jangan lupa menggunakan penutup kepala.

Hindari Stres

Sementara, banyak juga yang mengkaitkan tumbuhnya uban di usia muda dengan kondisi stress atau banyak pikiran sehingga proses produksi melanin menjadi terhambat. Namun menurut, Dr. James Kirkland, belum ada hubungannya antara uban dan stress. Nah, tapi tidak ada salahnya,  jika kamu tidak mau cepat-cepat punya uban, sebaiknya hindari stress dan bersenang-senanglah dengan diri kamu sendiri.

Gejala Penyakit

Namun dalam beberapa kasus, memiliki uban lebih awal bisa menjadi gejala yang tidak baik pada kesehatan kamu. Misalnya penyakit vitiligo atau kulit kepala kehilangan pigmentasi, kemudian ada juga penyakit anemia pernisiosa yang diakibatkan karena tubuh tidak bisa menyerap vitamin B12. Selain itu, beberapa penyakit lain juga bisa terdeteksi dengan adanya uban di usia muda. Bagi kamu yang memiliki penyakit jantung dan sudah memiliki uban di usia yang terbilang cukup muda, itu bisa menjadi tanda bahwa penyakit tersebut semakin parah.

Nah kalau kamu punya masalah mengenai uban di usia yang terbilang muda, kamu bisa langsung menghubungi dokter untuk bertanya langsung mengenai pencegahan uban yang tumbuh dan bagaimana merawat rambut yang baik. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di Halodoc untuk berbicara dengan dokter dan mendapatkan jawaban atas masalah rambut yang sedang kamu hadapi. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.