09 January 2018

Udara Dingin Menyerang, Cari Tahu Manfaat Pelembab Bibir

Udara Dingin Menyerang, Cari Tahu Manfaat Pelembab Bibir

Halodoc, Jakarta – Pelembab bibir atau lip balm sering diandalkan untuk merawat kesehatan bibir. Apalagi di tengah perubahan cuaca yang semakin tak menentu. Karena tak bisa dimungkiri, menjaga kesehatan bibir sama pentingnya dengan bagian tubuh lainnya.

Sayangnya banyak orang yang belum menyadari  pentingnya menjaga bagian tubuh yang satu ini. Padahal perawatan yang dilakukan dapat membantu melindungi bibir dari serangan sinar ultraviolet (UV). Meski sering diidentikkan dengan wanita, namun ternyata pria juga perlu menggunakan pelembab bibir, lho. Apalagi pria seringnya memiliki banyak aktivitas di luar ruangan dan risiko terpapar bahaya sinar UV dan perubahan cuaca buruk semakin tinggi.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari menggunakan lip balm? Mengapa perawatan ini menjadi penting untuk dilakukan?

1. Mencegah bibir pecah-pecah

Menggunakan pelembab bibir ternyata bisa membantu mencegah terjadinya bibir pecah-pecah. Sebab perawatan ini berguna untuk menjaga kelembapan bibir. Namun pastikan kamu memilih jenis lip balm yang sesuai, setidaknya bebas alkohol.

Bukannya merawat, memilih lip balm yang salah malah bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah. Pelembab bibir dengan kandungan perasa dan pewarna buatan lebih rentan dalam memicu terjadinya alergi.

2. Melindungi bibir

Rutin menggunakan pelembab bibir juga akan memberi perlindungan lebih pada bagian tubuh tersebut. Sebab lapisan luar bibir sangat tipis dan berisiko terkena dampak buruk dari cahaya matahari. Bibir termasuk bagian tubuh yang tak memiliki melamin, yaitu pigmen warna kulit. Hal ini membuatnya jadi lebih mudah terbakar.

3. Membantu penyembuhan

Sama seperti bagian tubuh lainnya, masalah-masalah seputar area bibir juga tak bisa dihindari. Seperti retakan, bibir pecah-pecah, bibir kering yang berpotensi meningkatkan risiko infeksi dan iritasi bibir.

Dan penggunaan  pelembab bibir disebut dapat membantu mempercepat penyembuhan dari masalah-masalah yang terjadi. Oleskan pelembab bibir setiap hari setiap sebelum beraktivitas, terutama kalau kamu akan banyak beraktivitas di luar ruangan.

4. Bibir tetap sehat

Ada salah kaprah yang selama ini beredar terhadap penggunaan pelembab bibir. Banyak orang yang menyebut dan menganggap bahwa produk kecantikan yang satu ini dapat berperan memberi dan menambahkan kelembaban bibir. Padahal tidak seperti itu.

Penggunaan lip balm berguna untuk menjaga kelembaban alami bibir. Sehingga terhidar dari bibir kering dan membuatnya menjadi lebih sehat dan terawat.

5. Mencegah kanker?

Manfaat perlindungan lip balm terhadap bahaya sinar UV disebut dapat membantu mecegah terjadinya kanker bibir. Benarkah anggapan tersebut?

Mengutip berbagai sumber, sebuah penelitian dalam jangka panjang mengamati masalah kanker bibir. Dari 2.152 pengidap kanker itu, rata-rata mengalaminya karena sering terpapar sinar UV. Maka dari itu, para ahli mmenyarankan untuk menggunakan pelembab bibir dan sunscreen untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Nyatannya penting untuk memastikan bahwa bibir kamu dan seluruh bagian tubuh tetap sehat dan terjaga. Rutin melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan tubuh adalah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit. Kalau kamu punya keluhan seputar masalah kesehatan dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Download Halodoc di App Store dan Google Play untuk mulai berbicara dengan dokter menggunakan fitur Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga bisa digunakan untuk membeli obat dan produk kesehatan serta merencanakan pemeriksaan laboratorium. Pesanan kamu akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, unduh sekarang!