13 August 2018

Uji Adrenalin Sambil Olahraga, Jet Ski Bisa Jadi Pilihan

 Jet ski, manfaat olahraga jet ski

Halodoc, Jakarta – Jet ski adalah olahraga air yang ikut dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 nanti. Jet ski merupakan olahraga ekstrem yang menguji adrenalin, sebab dalam praktiknya, olahraga ini mengandalkan kecepatan dan keseimbangan.

Baca juga: Setelah Berolahraga, Berapa Banyak Air yang Mesti Diminum?

Ada banyak jenis olahraga air yang bisa dilakukan. Antara lain renang, polo air, menyelam, snorkeling, kano, memancing, berselancar, hingga jet ski. Sama seperti olahraga yang dilakukan di darat, olahraga air juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Jet Ski, Olahraga Air yang Menantang dan Menyehatkan

Selain menyenangkan, berikut ini beberapa manfaat olahraga jet ski yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Olahraga jet ski dipercaya bisa memperbaiki sistem kardiovaskular dengan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga nutrisi dan oksigen bisa tersalurkan ke seluruh jaringan tubuh. Dampaknya, sirkulasi darah yang lancar bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Melatih Otot-Otot Tubuh

Saat bermain jet ski, otot-otot tubuh yang bekerja antara lain otot kaki, lengan, dan perut. Itu mengapa olahraga ini bisa melatih otot-otot tubuh. Sebab, koordinasi otot-otot tersebut dibutuhkan untuk menggerakkan dan menahan mesin jet ski saat bermain di atas air yang berombak.

3. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Ada banyak gerakan yang dilakukan saat bermain jet ski, tujuannya untuk mengendalikan pergerakan mesin jet ski yang digunakan. Gerakan tersebut antara lain duduk, membungkuk, dan berdiri. Itu mengapa olahraga ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

4. Membakar Kalori

Banyaknya gerakan yang dilakukan saat bermain jet ski membuat olahraga ini bisa menjadi cara untuk membakar kalori. Sehingga, olahraga ini bisa membantu mengendalikan berat badan, termasuk mencegah berat badan berlebih (overweight) dan obesitas.

5. Mengurangi Stres

Olahraga jet ski melibatkan air dan sinar matahari. Bagi yang menyukai olahraga ini, aktivitas di atas air bisa menjadi cara untuk mengurangi stres. Selain itu, olahraga ini juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Karena untuk melakukannya, diperlukan fokus dan konsentrasi yang baik.

Bermain Jet Ski bagi Pemula

Hal penting yang harus diingat adalah, bermain jet ski tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan keahlian khusus karena mengendalikan mesin jet ski di atas air yang berombak bukanlah hal mudah. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa bermain jet ski saat berkunjung ke pantai, asalkan didampingi oleh ahlinya. Lantas, bagaimana tips bermain jet ski bagi pemula?

  • Utamakan keamanan. Selalu gunakan jaket pelampung, dan pastikan tombol yang digunakan untuk memastikan mesin berada di dekat pinggang sehingga kamu bisa mematikan mesin saat kehilangan keseimbangan atau terjatuh di air. Agar keseimbangan terjaga, pastikan juga untuk selalu memegang pegangan mesin dengan erat.
  • Berlatih secara perlahan. Mulailah dengan kecepatan yang rendah untuk membiasakan diri menggunakan mesin jet ski. Jika sudah terbiasa dan jago, barulah kamu bisa meningkatkan kecepatan mesin.
  • Jaga jarak dengan pengemudi lain, ini untuk meminimalkan risiko kecelakaan di atas air.

Baca juga: Agar Lebih Jago di Air, Pastikan Umur Bayi Tepat Sebelum Berenang

Itulah fakta tentang jet ski yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang manfaat olahraga air, jangan ragu untuk bertanya pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter tepercaya kapan saja dan dimana via Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!