• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Ideal Mengajari Bayi Berenang

Usia Ideal Mengajari Bayi Berenang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak aktifitas yang bisa dilakukan orangtua dan anak untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Salah satunya adalah berolahraga. Ibu bisa memilih olahraga renang dengan anak pada saat akhir pekan, karena manfaat olahraga renang yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh dan juga fisik anak.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Tidur untuk Bayi

Namun, bagaimana jika anak masih bayi atau dibawah usia tiga tahun? Tentu berenang yang dimaksudkan di sini bukan renang seperti yang dilakukan orang dewasa pada umumnya. Ibu bisa memulai dengan mengenalkan air kolam pada bayi dan bermain air didalam kolam.

Saat akan mengajak bayi untuk berenang, sebaiknya ibu tidak langsung mengajak bayi berenang di kolam renang dewasa. Sebaiknya, pilihlah kolam renang yang memang dikhususkan untuk bayi untuk awal pengenalan. Kemudian, bisa berpindah menuju kolam renang yang sesungguhnya jika anak sudah terbiasa dengan olahraga renang. Dengan berenang, bayi akan lebih merasa senang, tenang, dan melatih rasa percaya diri.

Usia Ideal Bayi untuk Berenang

Usia yang baik untuk mengenalkan bayi dengan olahraga renang adalah saat bayi memasuki usia 4 atau 5 bulan. Sebagai langkah awal untuk melakukan olahraga renang, sebaiknya ibu tidak langsung mengajak anak untuk berendam di dalam kolam renang. Sebaiknya, saat pertama kali bayi berenang, ibu kenalkan anak dengan kolam renang.

Bermain air dengan anak merupakan salah satu yang cukup efektif untuk mengajarkan anak berenang. Buat bayi merasa nyaman berada di dalam air dan biarkan bayi mengeksplorasi air di kolam renang. Jangan lupa untuk tetap memegang anak dengan nyaman dan gunakan air hangat untuk kolam renang anak.

Di dalam kolam renang, ibu bisa mengajarkan bayi untuk belajar berenang dengan cara menendang-nendang air untuk tahap awal. Buatlah kegiatan yang menyenangkan dengan bayi di dalam air agar bayi semakin menyukai olahraga dalam air ini.

Tips Aman untuk Mengajak Bayi Berenang

Banyak persiapan yang harus ibu lakukan sebelum mengajak bayi ibu berenang.

1. Orangtua Harus Percaya Diri Mengajak Bayi Berenang

 

 

Sebagai orangtua, ibu harus percaya diri saat mengajak bayi berenang. Karena orangtua yang ragu-ragu, grogi, atau tidak percaya diri justru membahayakan untuk keselamatan bayi. Sebaiknya, ciptakan suasana yang menyenangkan saat ibu dan bayi berenang.

 

2. Perhatikan Kondisi Bayi

 

Perhatikan kondisi bayi pada saat akan ibu ajak melakukan olahraga renang. Pastikan bayi dalam keadaan sehat dan suasana yang cukup baik untuk diajak melakukan aktivitas dalam air, agar kegiatan ibu dan bayi menyenangkan. Jika bayi terlihat kurang sehat, sebaiknya jangan paksakan bayi untuk melakukan olahraga renang. Jangan lupa untuk perhatikan kondisi kesehatan ibu agar keduanya nyaman saat berada di dalam air.

3. Selama Berenang Ciptakan Rasa Aman

Buatlah anak merasa nyaman dan aman saat berada di kolam renang. Jaga jarak untuk selalu dekat dengan bayi anda. Lakukan kontak mata dengan bayi saat bayi berada di kolam renang. Jangan lupa untuk memberikan senyuman pada bayi agar bayi merasa aman dan nyaman.

Baca juga: Tips Penting Memandikan Newborn

Jangan paksakan anak jika anak belum mau untuk berkegiatan di dalam air bersama ibu. Tetap perhatikan kesehatan bayi karena biasanya bayi masih rentan terhadap penyakit. Jika ibu memiliki keluhan mengenai perkembangan bayi, ibu bisa tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!