04 September 2018

Usia yang Tepat untuk Anak Laki-laki Sunat

sunat anak, usia sunat, usia ideal untuk sunat, anak laki laki

Halodoc, Jakarta – Sunat atau khitan adalah hal yang wajib dilakukan oleh anak laki-laki. Tidak hanya dari sisi agama, dari sisi medis pun menerangkan bahwa sunat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sunat sendiri adalah tindakan memotong ujung atau menghilangkan sebagian kulit kepala Mr. P pada laki-laki. Usia tindakan sunat sebenarnya tidak ditentukan, tapi tradisi sebagian adat dan budaya menganjurkan anak laki-laki sebaiknya disunat sebelum memasuki usia remaja. Namun, biasanya orangtua bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk anak laki-laki sunat.

Menurut Integral Medical Center di London, waktu yang tepat bagi anak laki-laki untuk disunat adalah pada usia 7 hingga 14 hari. Alasannya, pada bayi yang baru berusia seminggu, darah yang akan keluar pada proses sunat akan sedikit. Selain itu, pemulihannya juga akan lebih cepat.

Pada usia tersebut, pembentukan sel-sel dan jaringan masih bertumbuh dengan cepat. Selain mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh anak, tindakan sunat pada saat masih bayi juga akan mengurangi risiko trauma pada anak.

Orangtua perlu memperhatikan kondisi anak saat akan melakukan tindakan sunat. Menyunat anak pada saat usia bayi harus dilakukan oleh dokter dan tenaga medis ahli. Tidak hanya itu, rekomendasi dari dokter untuk menyunat anak bayi juga sangat diperlukan. Selain itu, kondisi bayi juga harus dalam keadaan sehat dan organ vitalnya dalam keadaan stabil.

Meskipun tindakan sunat bisa dilakukan pada usia berapa saja, melakukan sunat pada usia menginjak remaja atau dewasa nyatanya memiliki risiko. Sunat yang dilakukan pada anak yang sudah lebih besar akan berisiko menimbulkan pendarahan dan juga memerlukan beberapa jahitan pada Mr. P. Selain itu, pemulihan juga akan lebih memakan waktu jika dibandingkan dengan sunat pada usia bayi.

Manfaat Sunat bagi Anak Laki-laki

Banyak manfaat sunat yang bisa dirasakan oleh anak, khususnya saat anak sudah memasuki usia dewasa. Berikut adalah manfaat sunat yang akan dirasakan para pria:

1. Dengan melakukan sunat, anak laki-laki akan lebih mudah membersihkan organ intim mereka saat mereka dewasa. Hal ini akan membuat kebersihan organ intim anak terjaga dan akan terhindar dari berbagai penyakit kelamin.

2. Sunat juga dapat membuat anak laki-laki terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing. Hal ini karena kulup pada Mr. P dihilangkan. Biasanya, kuman akan bersarang pada kulup Mr. P yang belum disunat.

3. Sunat nyatanya tidak akan memengaruhi masalah kesuburan pria. Selain itu, sunat juga tidak akan memengaruhi masalah seksual pria.

4. Anak yang telah disunat akan terhindar dari berbagai masalah penyakit Mr. P seperti infeksi atau pun peradangan. Bahkan, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa tindakan sunat dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari penyakit seksual menular seperti HIV atau AIDS.

Menjaga kesehatan anak adalah hal utama yang harus dilakukan orangtua. Jika ibu memiliki keluhan mengenai kesehatan anak, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: