24 May 2018

Waspada 4 Penyakit yang Menyerang saat Mudik

Waspada 4 Penyakit yang Menyerang saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Mudik lebaran akan selalu dipenuhi oleh orang-orang yang ingin kembali ke kampung halaman. Apapun bentuk transportasinya, tak jarang mudik menjadi perjalanan panjang yang menguras fisik seseorang. Maka dari itu, jangan heran jika selama mudik kamu rentan mengalami sakit. Lantas, apa saja sih penyakit yang menyerang selama mudik?

  1. Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah keluhan umum saat mudik. Keluhan ini ditandai dengan rasa pegal dan nyeri akibat duduk dalam waktu yang lama. Salah satu cara untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan mencari posisi duduk yang nyaman selama di perjalanan. Jika tubuh mulai menunjukkan tanda kelelahan, kamu bisa beristirahat sejenak di rest area untuk melakukan peregangan atau sekadar menghirup udara segar.

  1. Hipertensi

Perjalanan jauh saat mudik bisa memicu stres yang menyebabkan kelelahan dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Untuk mencegahnya, kamu perlu membatasi asupan garam dan kafein, rutin berolahraga, serta mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan segar. Kamu juga disarankan untuk memeriksa kesehatan sebelum dan setelah mudik. Saat di perjalanan, kamu juga bisa memeriksa kesehatan di pos kesehatan yang tersedia pada rest area atau pinggir jalan.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA terjadi karena paparan polusi dan debu selama perjalanan. Jika kamu mudik menggunakan mobil, pastikan bahwa mobil dalam keadaan yang baik, misalnya tidak ada kebocoran gas yang bisa memicu masalah pada pernapasan. Sedangkan jika kamu mudik menggunakan motor, kamu perlu menggunakan helm dan masker untuk meminimalkan paparan polusi dan debu. Sebisa mungkin, hindari Si Kecil dari paparan asap, polusi, dan udara secara langsung. Ini karena mereka cenderung lebih rentan terkena gangguan pernapasan.

  1. Mag

Selama mudik, batasi konsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu mag. Antara lain makanan asam dan pedas, serta minuman bersoda. Pastikan juga kamu makan secara teratur meskipun sedang dalam perjalanan. Untuk mengganjal perut yang lapar saat di perjalanan, kamu bisa menyediakan camilan sehat. Sediakan juga obat-obatan yang dibutuhkan untuk berjaga-jaga.

Selain empat penyakit yang menyerang selama mudik di atas, kelelahan juga rentan dialami oleh para pemudik. Untuk mencegahnya, kamu harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih dan beristirahat jika tubuh mulai merasa lelah saat di perjalanan.

Kalau kamu punya keluhan sakit selama mudik, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan saat mudik melalui layanan Pharmacy Delivery. Pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

(Baca juga: Libur Lebaran Ditambah, Berat Badan Jangan Ditambah)