23 August 2017

Waspada Bayi Rewel Karena Kolik Infantil

Waspada Bayi Rewel Karena Kolik Infantil

Halodoc, Jakarta – Belum banyak yang mengenal kolik infantil padahal angka kejadiannya pada bayi di Indonesia mencapai 40 persen, lho.

Kolik Infatil adalah keadaan dimana bayi terlihat rewel dan menangis berkepanjangan, sampai tiga jam atau lebih sehari, minimal tiga hari seminggu, dan berlangsung setidaknya dalam satu minggu. Kolik infantil pada bayi bisa dilihat dari suara tangis dan juga gerakan tubuh bayi. Bayi jadi tiba-tiba rewel dan menangis yang umumnya terjadi setelah menyusui. Nah, orang tua biasanya menyebut kolik infantil ini sebagai sindrom 4 bulan karena terjadi pada si bayi usia 2 minggu – 4 bulan.

 

Orang tua mesti sigap bertindak agar bisa membedakan apakah tangisan si buah hati ini normal atau tanda adanya kolik infantil.



Tanda Kolik Infantil
Menangis memang umum dilakukan bayi sebagai tanda ia merasa tidak nyaman, misalnya karena popok basah, lapar, atau haus. Namun, orang tua juga harus waspada jika bayi rewel secara terus menerus secara bekepanjangan. 

Tangisan yang ditunjukkan bayi yaitu tangisan keras berlebihan terus menerus dan terlihat kesakitan. Ia rewel dan menarik kedua tungkai kakinya, mukanya memerah serta mengerutkan kening. Umumnya gejala ini terjadi pada sore hingga tengah malam dan membuat orang tua menjadi sedih hingga kesal dan merasa frustasi karena tangisan si kecil sulit dihentikan.

Penyebab Kolik Infantil
Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kolik infantil, namun beberapa teori memperkirakan bahwa kondisi yang dialami bayi ini disebabkan oleh:

  • Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna menyebabkan gangguan dalam penyerapan zat makanan.
  • Sistem susunan syaraf yang belum sempurna menyebabkan bayi merespon rangsangan dari luar secara berlebihan.
  • Alergi terhadap susu sapi.

 
Cara Mencegah Kolik Infantil

Meskipun belum ada penyebab pasti kolik infantil, namun orang tua dapat melakukan langkah pencegahan untuk mengatasi kolik infantil ini. Kesehatan saluran cerna adalah salah satu kunci agar si kecil terhindar dari kolik infantil.

Saluran cerna yang sehat akan memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang juga mendukung daya tahan tubuh. Apabila kesehatan saluran cerna terganggu maka dapat menyebabkan berkembangnya bakteri jahat yang dapat membuat kondisi tubuh bayi terasa tidak nyaman.

Bayi yang baru lahir dan bayi prematur memiliki daya tahan tubuh rendah sehingga rentan terhadap kolik infantil. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan terapi dan pencegahan dengan memberikan asupan probiotik tambahan. Probiotik ini berguna untuk meningkatkan sistem imun, mencegah alergi, dan mengurangi efek samping penggunaan antibiotik.

Probiotik Pilihan
Tidak semua suplemen probiotik aman digunakan untuk bayi, khususnya bagi bayi yang lahir prematur. Untuk itu, bagi orang tua perlu membicarakan dengan dokter apabila ingin memberikan asupan probiotik tambahan untuk si kecil. Interlac merupakan salah satu suplemen probiotik yang aman dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir dan bayi yang lahir prematur.

Interlac sudah teruji secara klinis, aman, dan efektif sesuai dengan rekomendasi dokter dari 90 negara dan bisa dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tak hanya itu, Interlac juga merupakan satu-satunya suplemen probiotik yang telah teruji klinis efektif untuk terapi kolik infantil. Menurut data, diketahui bahwa Interlac mampu mengurangi waktu menangis bayi setelah 7 hari hingga 28 hari terapi.

Salah satu alasan mengapa Interlac aman dikonsumsi untuk bayi yang mengalami kondisi kolik infantil adalah karena probiotik produk ini berasal dari manusia. Tak hanya itu, Interlac juga diformulasikan tanpa laktosa sehingga aman bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Agar dapat menjaga kesehatan si kecil, pastikan orang tua selalu memperhatikan perubahan yang ditunjukkannya. Waspada apabila si kecil terus menerus menangis tanpa sebab yang jelas. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter spesialis anak pilihan.

Dengan Halodoc, orang tua dapat menghubungi dokter kapan saja, dimana saja melalui Voice/Video Call dan Chat. Tak hanya itu, produk kesehatan yang dibutuhkan si kecil pun tersedia di Halodoc, cukup order melalui Halodoc dan pesanan pun siap diantar. Khusus selama bulan September hingga Oktober, Halodoc memberikan diskon spesial sebesar Rp 30.000 untuk pembelian produk Interlac. Jadi download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang