• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Ini 2 Bahaya Anjing Makan Rumput Berlebihan

Waspada, Ini 2 Bahaya Anjing Makan Rumput Berlebihan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu membawa anjing peliharaanmu keluar rumah untuk buang air, lalu mendapati ia sedang mengunyah rumput? Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa hewan peliharaan tersebut bisa makan rumput, bahkan mungkin khawatir hal itu bisa membuatnya sakit.

Tidak usah khawatir, anjing makan rumput adalah pemandangan yang cukup umum terjadi. Sebuah studi kecil terhadap 49 pemilik anjing yang anjingnya memiliki akses rutin ke rumput dan tanaman lain menemukan bahwa 79 persen anjing pernah memakan tanaman pada suatu waktu. Survei lain tentang anjing pemakan tumbuhan menemukan bahwa rumput adalah tumbuhan yang paling sering dimakan.

Perilaku anjing memakan sesuatu yang bukan makanan disebut juga pica. Makan rumput adalah bentuk pica yang biasanya tidak terlalu menimbulkan masalah. Faktanya, kebanyakan dokter hewan menganggapnya sebagai perilaku anjing yang normal. Meski begitu, rumput bukan makanan yang baik bagi anjing. Jika dimakan secara berlebihan, hal itu bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatannya. Berikut ulasannya.

Baca juga: Waspada, Ini Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Mengapa Anjing Bisa Makan Rumput?

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa anjing peliharaan kamu memakan rumput. Beberapa pemilik anjing dan dokter hewan beranggapan bahwa bentuk pica ini terkadang adalah pertanda bahwa anjing mengalami kekurangan nutrisi, seperti serat. Makan rumput bisa menjadi cara anjing untuk mendapatkan lebih banyak serat, sehingga membantunya untuk mengeluarkan gas dan tinja, serta membantu fungsi tubuh lainnya.

Namun, bila pola makan anjing lengkap dan seimbang, makan rumput mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan kekurangan nutrisi. Bentuk pica ini mungkin sebenarnya adalah naluri anjing. Sistem pencernaan, kebutuhan makanan, dan keinginan anjing sudah berevolusi agar sesuai dengan gaya hidup anjing peliharaan.

Anjing liar tidak bisa mendapatkan sumber nutrisi utamanya dari rumput. Namun, mereka memakan binatang lain yang makanan utamanya adalah tumbuhan, seperti ayam. Anjing adalah omnivora yang bisa memiliki keinginan untuk makan rumput secara alami sebagai bagian dari susunan genetik mereka, sejak mereka berburu mangsanya sendiri.

Alasan lain anjing makan rumput mungkin saja karena ia suka dengan rasa dan tekstur rerumputan di mulutnya, terutama saat rumput baru bertumbuh pertama kali di musim semi. Perilaku anjing tersebut kadang-kadang juga bisa menjadi pertanda ia bosan, apalagi bila dilakukan oleh anak anjing atau anjing yang lebih muda.

Baca juga: Mengapa Anjing Dilarang untuk Makan Cokelat?

Bahaya Anjing Makan Rumput Berlebihan

Terlepas dari alasan apa pun anjing peliharaan kamu makan rumput, itu bukanlah camilan terbaik untuknya. Makan rumput secara berlebihan atau terlalu sering bisa menyebabkan bahaya berikut pada anjing:

1.Keracunan

Meskipun rumput itu sendiri mungkin tidak berbahaya, namun herbisida dan pestisida yang disemprotkan di atasnya bisa menyebabkan anjing peliharaan kamu keracunan bila tertelan. Selain itu, sejumlah tanaman rumah dan kebun biasa juga beracun yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bila anjing peliharaan kamu mengunyahnya bersama dengan rumput.

2.Terinfeksi Parasit

Selain itu, saat mencabut rumput dari tanah dan memakannya, anjing peliharaan juga berpotensi menelan parasit usus, seperti cacing tambang atau cacing gelang yang mencemari rumput dari residu kotoran anjing lain.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Jadi, jangan biarkan anjing peliharaan kamu makan rumput. Kamu bisa mencegah anjing makan rumput dengan memberinya camilan yang lebih baik. Hal ini berarti kamu harus membawa camilan setiap kali mengajak anjing jalan-jalan atau menemaninya buang air. Setiap kali anjing membungkuk ke arah rumput dan bersiap memakannya, alihkan perhatiannya dengan mengarahkannya untuk berjalan ke arah lain atau tawarkan camilan.

Itulah bahaya anjing bila makan rumput secara berlebihan. Bila anjing kamu sakit atau muntah setelah makan rumput, tidak usah panik. Hubungi saja dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Why Does My Dog Eat Grass?
WebMD. Diakses pada 2021. Why Do Dogs Eat Grass?
VCA Hospitals. Diakses pada 2021. Why Do Dogs Eat Grass?