28 February 2018

Yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Bareng Lansia

Yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Bareng Lansia

Halodoc, Jakarta – Menempatkan orangtua dalam hal ini lansia dalam setiap acara keluarga adalah salah satu wujud perhatian dan kasih sayang keluarga. Stres dan pikun bisa sekali terjadi pada lansia bila mereka tidak diberikan kegiatan yang dapat mengasah motorik dan ingatannya. Salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan wisata bersama.

Kalau kamu belum kepikiran sama sekali untuk wisata bersama lansia, apakah itu orangtua atau kakek-nenek, poin-poin di bawah ini akan mengubah pandanganmu mengenai liburan bareng lansia.

  1. Hidup ini singkat dan tidak selamanya orangtua akan hidup bersama dengan kamu terus. Saatnya menciptakan kenangan-kenangan indah bersama orangtua yang sudah lansia supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.
  2. Pensiun bukan berarti tidak melakukan apapun bahkan orang yang melakukan rutinitas terus-menerus butuh pelepasan dari aktivitas rutinnya. Orangtua lansia butuh hiburan, jika saat muda mereka belum kemana-mana, saatnya kamu mewujudkan mimpi mereka mengunjungi tempat menarik yang belum sempat didatangi.
  3. Mengajak liburan adalah salah satu bentuk wujud rasa sayang percuma kamu mengatakan sayang sejuta kali kalau kamu sendiri tidak pernah membuktikannya. Wisata bersama lansia adalah salah satu bentuk rasa sayang nyata bukan hanya kata-kata.
  4. Mempererat ikatan kepada orangtua salah satunya dapat dilakukan dengan berwisata. Kamu akan terkejut menemukan kalau selama ini kamu tidak begitu mengenal orangtua yang kamu sayangi. Serta masih ada beberapa hal juga yang belum kamu tahu tentang mereka dan akan terbuka saat jalan bareng.
  5. Orangtua lansia juga butuh refreshing dan melihat hal-hal baru. Wisata bersama lansia yang kamu lakukan ini akan memotivasi mereka untuk tetap semangat untuk berjuang dalam hidup serta menyadari kalau keluarga masih peduli dan tidak lupa meski usia mereka sudah senja.

Setelah membaca poin-poin tadi, apakah kamu merasa tertantang untuk melakukan wisata bersama orangtua tercinta? Ini nih hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Cek dulu kesehatan orangtua lansia apakah aman melakukan perjalanan dalam waktu dekat ini atau tidak. Kamu bisa melakukan cek kesehatan di Halodoc. Lewat Lab Service yang memudahkanmu untuk melakukan beberapa macam tes kesehatan tanpa harus ke rumah sakit. Makanya, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play ya!
  • Diskusikan dengan orangtua lansia tempat seperti apa yang ingin dikunjungi jangan maunya kamu ya, usahakan tempat-tempat tersebut memang aman untuk lansia. Bukan lokasi yang ekstrem dengan aktivtas yang bikin cepat lelah.
  • Pilih akomodasi hotel yang nyaman bila memungkinkan pilih hotel yang dekat dengan airport, public area yang dapat memenuhi kebutuhan urgensi seperti rumah sakit dan kantor polisi.
  • Transportasi yang nyaman karena ini bukan saatnya kamu menguji adrenaline dengan memilih transportasi  berbujet termurah. Wisata bersama lansia membuat kamu harus memilih transportasi yang nyaman, aman kalau bisa yang terbaik juga, supaya orangtua benar-benar bisa menikmati liburan sebaik-baiknya.
  • Persiapkan kebutuhan medis sebaik-baiknya terutama bila orangtua lansia mengidap penyakit spesifik seperti asma, diabetes dan hipertensi. Tempatkan terpisah dengan koper, supaya kamu mudah mengambilnya. (Baca juga 7 Faktor Utama Penyebab Asma yang Harus Diwaspadai)
  • Pilih spot yang memang menarik untuk lansia jangan sampai kamu memasukkan wisata kekinian yang tidak bakal nyambung dengan ketertarikan lansia. Pastilah ritmemu dan orangtua lansia berbeda, so jangan terlalu memadatkan jadwal satu hari. Pastikan orangtua juga menikmati perjalanan tidak hanya memenuhi target lokasi yang didatangi saja.