25 January 2018

Yang Perlu Diketahui Soal pH Kulit Wanita

Yang Perlu Diketahui Soal pH Kulit Wanita

Halodoc, Jakarta – Mungkin kamu sering mendengar anjuran untuk menjaga agar pH kulit wajah tetap seimbang. Nyatanya, kulit wajah memiliki kadar pH yang harus dijaga keseimbangannya agar tidak timbul berbagai macam masalah kulit, seperti jerawat, kerutan di sekitar mata, kulit sensitif dan peradangan kulit. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang pH kulit wajah wanita dan cara menjaga keseimbangannya.

Apa Itu pH?

Potential hydrogen atau pH adalah ukuran yang digunakan untuk menunjukkan tingkat keasaman atau kealkalian kulit. Nilai pH diukur mulai dari 1-14. Angka 1-6 menunjukkan bahwa pH tergolong asam, pH netral berada di angka 7, sedangkan angka 8-14 menunjukkan kadar pH tergolong sebagai basa.  

pH Kulit Wanita Normal

Acid mantle adalah lapisan pelindung alami pada permukaan kulit yang terbuat dari minyak dan keringat. Acid mantle bekerja paling baik pada kadar pH normal yaitu di angka 5.5.  Namun, untuk wanita dewasa, kondisi terbaik pH cenderung ke golongan asam, yaitu di kadar 4.2-5.6.

Peran Acid Mantle

Acid mantle ini disekresikan dari kelenjar minyak dan berperan sebagai pelindung terhadap bakteri, virus, polusi, iritasi dan hal-hal lain yang bisa menembus kulit. Selain itu, acid mantle juga bermanfaat sebagai anti oksidan alami, melindungi lapisan dalam kulit dari oksidasi, menyeimbangkan tingkat kelembapan, mencegah perkembangan bakteri dan menjaga kekencangan kulit.

Pentingnya Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Kadar pH kulit harus dijaga seimbang agar lapisan pelindung atau acid mantle dapat bekerja dengan optimal, sehingga kulit pun akan tampak sehat, segar dan bercahaya. Namun, jika kadar pH terlalu basa, maka kulit bisa menjadi terlalu kering dan sensitif. Sedangkan jika kadar pH terlalu asam yaitu di bawah angka 4, maka bisa menyebabkan kulit meradang, timbul banyak jerawat, dan terasa perih saat disentuh.

Faktor Penyebab Ketidakseimbangan pH Kulit

Sebelum mengetahui cara menjaga keseimbangan pH kulit, kamu perlu tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan kadar pH jadi tidak seimbang:

  • Menggunakan Sabun dengan Tingkat Alkalin Tinggi

Sebagian sabun pembersih wajah mengandung detejen alkali yang dapat meningkatkan kadar keasaman kulit. Apalagi jika kamu sering menggunakan pembersih wajah yang kandungan alkalinnya tinggi atau menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, maka keseimbangaan pH kulitmu bisa terganggu.   

  • Faktor Usia

Proses penuaan juga turut berpengaruh kepada tingkat keasaman kulit.

  • Cara Perawatan Wajah yang Salah

Jangan sembarangan melakukan perawatan pada wajah. Alih-alilh mendapatkan kulit yang cantik, kamu malah bisa mengacaukan tingkat keasaman kulit jika salah merawat wajah. Misalnya, mengaplikasikan masker yang terbuat dari lemon. Lemon memang dikenal akan manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Namun nyatanya, tingkat keasaman lemon yang terlalu tinggi membuat pH kulit jadi tidak seimbang dan menggerogoti pelindung alami kulit. Begitu juga kamu yang menggunakan soda kue untuk eksfoliasi kulit. Soda kue memiliki kadar pH yang jauh lebih tinggi daripada pH kulit yang normal. Jadi, ganti soda kue dengan scrub gula untuk mengelupaskan kulit.

Bagaimana Cara Menjaga pH Kulit Tetap Seimbang?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pH kulit tetap seimbang, yaitu:

  • Perhatikan Kondisi Kulit

Jika kulitmu terasa kering dan sensitif, itu bisa jadi pertanda bahwa kadar pH –mu sedang tinggi. Untuk menyeimbangkannya, gunakan produk pembersih wajah dengan pH netral atau rendah. Pilih produk yang berbahan dasar minyak atau gel, dan hindari menggunakan sabun dengan pH yang tinggi.

  • Konsumsi Anti Oksidan

Beraktivitas di luar ruangan setiap hari, membuatmu harus berhadapan dengan sinar matahari, polusi, udara, dan debu yang bisa membuat kulit menjadi kusam dan sensitif. Nah, untuk melindungi kulit wajah dari hal-hal buruk tersebut dan radikal bebas, kamu bisa mengonsumsi antioksidan yang dapat membantu meminimalkan kerusakan kulit. Jangan lupa juga untuk selalu gunakan tabir surya ketika ingin beraktivitas di luar ruangan.

  • Pilih Produk Perawatan Wajah yang Ringan

Untuk produk perawatan wajah sehari-hari, seperti sabun pembersih wajah, toner, losion dan lain-lain, pilihlah produk yang berbahan ringan, lembut, mengandung anti oksidan, dan tabir surya. Hindari sabun atau toner yang keras, mengandung pewangi, dan bahan-bahan alami yang terlalu asam atau basa.

Jika kamu memiliki masalah kecantikan lainnya, jangan ragu untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya-tanya seputar kecantikan melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkanmu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.