• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 1)

10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 1)

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, terutama untuk wanita. Alasannya karena fungsi tubuh wanita sedikit lebih rumit daripada pria. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menerapkan pola makan yang tepat dan memiliki gaya hidup yang sehat. Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk menunjang kesehatan dan meningkatkan fungsi-fungsi vital wanita? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Untuk Hidup Lebih Sehat, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Wanita

  1. Kacang-kacangan

Wanita yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan setidaknya dua kali seminggu menurunkan peluang kanker payudara sebanyak 24 persen dibandingkan wanita yang jarang mengonsumsinya. Kacang-kacangan mampu menjaga gula darah tetap stabil. Seperempat cangkir berisi kacang-kacangan mengandung 13 gram protein, 11 gram serat, dan 5 miligram zat besi. Kacang juga mudah dikonsumsi sendiri maupun dijadikan campuran dalam sup atau salad.

  1. Kubis Brussel

Kubis Brussel adalah jenis sayuran silangan yang mengandung senyawa sulfur disebut glukosinolat. Glukosinolat terbukti membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Selain itu, kubis juga mengandung zat besi, potasium, dan asam folat. Asam folat menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan bagi wanita hamil untuk mencegah masalah kehamilan.

  1. Bulgur

Pernah mendengar bulgur? Ini adalah biji-bijian utuh yang mudah ditemui di Timur Tengah.  Bulgur mengandung metabolit yang disebut betaine untuk menurunkan tingkat peradangan yang tidak sehat. Bulgur juga mengandung mangan, mineral penting untuk fungsi otak dan saraf. 

  1. Ikan Sarden

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan jenis ikan yang satu ini. Sarden mudah ditemui dalam bentuk kalengan yang tersedia di minimarket maupun toko kelontong. Meski banyak tersedia dalam bentuk kalengan, sarden akan lebih sehat jika dikonsumsi dalam kondisi yang masih segar.  Sarden adalah sumber omega-3 yang sehat untuk jantung. Selain omega-3, sarden adalah sumber vitamin B12 yang membantu tubuh dalam membuat DNA sekaligus menjaga saraf dan sel darah tetap sehat.

  1. Kefir

Kefir adalah minuman susu fermentasi yang penuh dengan probiotik, bakteri sehat yang membantu sistem kekebalan dan pencernaan berfungsi dengan baik. Probiotik juga membatasi keberadaan mikroba berbahaya yang disebut candida. 

Baca Juga: Pentingnya Konsumsi Makanan yang Ideal Sesuai Usia

  1. Bawang

Bawang dikenal mengandung polifenol dan flavonoid. Kedua zat tersebut mampu mengurangi  stres oksidatif dan menurunkan risiko kanker. Senyawa belerang yang terkandung dalam bawang juga dapat membantu mengendalikan gejala diabetes dan melindungi jantung dari penyakit. 

  1. Teh

Senyawa antioksidan dalam teh hijau bisa mencegah pertumbuhan kanker, peningkatan aliran darah, penurunan berat badan, peningkatan fungsi hati, dan berkurangnya tingkat penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Teh hitam juga terbukti mengurangi risiko stroke dan kerusakan paru-paru akibat merokok. 

  1. Kopi

Banyak yang ragu tentang manfaat secangkir kopi untuk kesehatan. Bukan mitos lagi jika kopi bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan, dengan catatan tidak dikonsumsi berlebihan dan tidak dicampur dengan gula maupun kremer. Mengonsumsi secangkir kopi dikenal mampu mengurangi risiko diabetes, kanker kulit, demensia, dan penyakit alzheimer. 

  1. Raspberi 

Satu cangkir raspberi penting untuk meningkatkan fungsi otak dan saraf, serta kesehatan tulang dan sendi. Ini karena, raspberi kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan serta rendah karbohidrat. 

  1. Beras Merah

Beras merah mengandung rendah lemak dan tinggi serat serta sumber selenium yang penting untuk metabolisme tiroid, kesehatan DNA dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Beras merah juga merupakan sumber mangan dan niasin yang penting bagi kesehatan otak dan jantung. 

Baca Juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Masih banyak jenis makanan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi wanita untuk menunjang fungsi-fungsi vital. Kalau kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, diskusikan bersama ahli gizi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Prevention. Diakses pada 2019. The 50 Foods the World's Healthiest Women Eat Every Day.