• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan

Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Berbagi hal bisa menjadi alasan melewatkan sarapan di pagi hari, entah karena terlambat datang ke kantor, repot menyiapkan makanan, atau tengah menjalani program diet. Padahal, jika kamu tahu, banyak sekali manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh. Sarapan sendiri merupakan waktu makan terpenting, karena dapat membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari.

Baca juga: Kebiasaan Melewatkan Sarapan Bisa Sebabkan Obesitas

Jika kamu sering melewatkan kegiatan tersebut, akan timbul masalah kesehatan, seperti sindrom metabolik, peningkatan kolesterol jahat, penurunan kolesterol baik, dan peningkatan trigliserida. Melewatkan sarapan secara tidak langsung akan membuat jam biologis tubuh jadi terganggu. Berikut manfaat-manfaat sarapan yang perlu kamu ketahui, agar kamu tidak terbiasa melewatkannya:

1. Memberi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Jika terlalu sering melewatkan sarapan, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik. Jadi begini, ketika seseorang terbiasa sarapan, mereka cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan. Nah, jika hal tersebut rutin dilakukan setiap hari, sarapan dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Berkaitan dengan hal tersebut, sebaiknya kamu memang tidak mengonsumsi kudapan yang berat di pagi hari.

Untuk memperoleh manfaat sarapan, sebaiknya kamu mengonsumsi sereal gandum utuh, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, susu rendah lemak atau keju. Jangan lupa untuk mengkombinasikan kudapanmu dengan karbohidrat kompleks, protein, serat, serta sedikit lemak, agar kamu merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

2. Melindungi Tubuh dari Serangan Penyakit

Seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan akan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, daripada mereka yang mengonsumsi seporsi sereal gandum utuh atau biji-bijian dengan campuran susu. Mengapa? Pasalnya, serat pada makanan tersebut bertugas untuk mengikat kolesterol jahat agar cepat dibuang ke luar tubuh sebelum mencapai arteri.

Asupan serat tinggi saat sarapan baik dikonsumsi karena dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, saparan mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Dengan kata lain, rutin sarapan akan menjauhkanmu dari penyakit berbahaya, seperti diabetes.

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Meningkatkan konsentrasi otak merupakan salah satu manfaat sarapan yang dapat dirasakan. Sarapan pagi merupakan asupan pertama setelah tubuh berpuasa semalaman. Saat sarapan, otak kembali mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dalam bentuk glukosa dan glikogen. Kemudian, otak akan mendapatkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan aktivitas hari ini. Jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi, kamu akan merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan merasa cepat lelah.

4. Menjaga dan Menurunkan Bobot Tubuh

Jangan melewatkan sarapan hanya karena takut berat badan bertambah, ya! Pasalnya, alih-alih menambah berat badan, sarapan justru akan menjaga berat badanmu agar tetap ideal. Logikanya, jika kamu sudah sarapan di pagi hari, saat menjelang siang, kamu tidak akan kalap untuk makan. Hal tersebut dipercaya dapat membantu program diet seseorang.

Baca juga: Menu Sarapan Sehat dan Berenergi

Jika kamu ingin mendiskusikan mengenai sarapan pagi yang baik untuk tubuhmu atau ingin berdiskusi dengan dokter tentang manfaat sarapan, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Jangan terlalu sering melewatkannya, karena begitu banyak manfaat sarapan yang dapat diambil guna menjaga kesehatan tubuh.

 

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Breakfast Basics.
WebMD. Diakses pada 2020. Breakfast: Is It the Most Important Meal?
Symptomfind. Diakses pada 2020. Top 10 Benefits Of Eating Breakfast.