• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Makanan untuk Membesarkan Otot Biceps dan Triceps pada Lengan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Makanan untuk Membesarkan Otot Biceps dan Triceps pada Lengan

10 Makanan untuk Membesarkan Otot Biceps dan Triceps pada Lengan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2022

“Otot menjadi salah satu jaringan penting yang berfungsi untuk mengerakkan tubuh. Guna menjaga kesehatannya, disarankan untuk mengonsumsi telur, ikan salmon, dada ayam, minyak zaitun dan sayuran.”

10 Makanan untuk Membesarkan Otot Biceps dan Triceps pada Lengan10 Makanan untuk Membesarkan Otot Biceps dan Triceps pada Lengan

Halodoc, Jakarta – Otot merupakan jaringan penting yang berfungsi untuk menggerakkan organ penting dan mempertahankan stabilitas tubuh. Otot juga berperan dalam mengatur gula darah dan menyimpan cadangan energi.

Seiring bertambahnya usia, massa otot akan menurun dengan sendirinya. Jumlahnya berkisar 8 persen setiap 10 tahun, setelah seseorang menginjak usia 40 tahun. Karena itu, kekuatan otot harus dijaga dengan baik.

Penurunan massa otot berdampak pada berkurangnya kekuatan dan fungsi organ dalam tubuh. Salah satu cara untuk mempertahankan sekaligus memperbesar massa otot adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Sehat Guna Memperbesar Otot Biceps dan Triceps

1. Telur

Telur adalah sumber protein terbaik, mengandung lemak sehat dan nutrisi penting seperti vitamin B dan kolin. Makanan ini juga mengandung leusin asam amino dalam jumlah tinggi yang mampu mendukung proses pertumbuhan otot.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin B. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam menjaga kesehatan otot. Sementara omega-3 dapat membantu memperbesar ukuran otot selama olahraga.

3. Dada Ayam

Dada ayam mengandung rendah lemak dan tinggi protein yang sangat penting guna mendukung proses pembentukan massa otot. Jenis daging ini juga mengandung vitamin B niacin dan B6 yang berperan dalam mendukung fungsi tubuh selama berolahraga.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk memperbesar massa otot. Cara kerjanya dengan merangsang produksi protein guna pertumbuhan dan mencegah kerusakan jaringan pada otot.

5. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak menjadi jenis daging terbaik guna memperbesar massa otot. Fungsinya didukung oleh kandungan berupa protein berkualitas tinggi, vitamin B, mineral dan kreatin.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah mengandung karbohidrat kompleks yang baik dalam membentuk massa otot. Kacang tersebut juga mengandung protein, lemak sehat dan karbohidrat dalam jumlah seimbang.

7. Edamame

Edamame mengandung tinggi protein nabati dan serat. Di dalamnya juga terdapat folat, vitamin K dan mangan. Folat merupakan asupan yang bertugas dalam membantu tubuh memproses asam amino guna membentuk protein. Nutrisi tersebut dibutuhkan guna membangun massa dan kekuatan otot.

8. Susu

Di dalam susu mengandung protein yang berupa whey protein. Salah satu jenisnya, yakni branched-chainamino acid (BCAA). Protein ini berperan penting bagi pertumbuhan dan pembentukan massa otot.

9. Almond

Almond mengandung tinggi asupan protein, vitamin E, magnesium dan fosfor. Fosfor dibutuhkan untuk membantu meningkatkan massa otot. Asupan tersebut juga bertugas untuk membantu tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai energi selama berolahraga.

10. Sayur

Adapun jenis sayuran yang mengandung vitamin dan mineral guna memperbesar otot biceps dan tricep, yakni bayam, paprika dan brokoli. Selain itu, kamu juga bisa makan sayuran berdaun gelap, seperti bayam, kangkung dan sawi hijau.

Terkait dengan jenis makanan lainnya guna membesarkan otot biceps dan triceps, silakan tanya dokter secara langsung lewat aplikasi Halodoc. Dapatkan juga informasi seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Best Exercises for Bigger, Stronger Arms.
Men’s Health. Diakses pada 2022. 8 Foods that Pack on Muscle.