Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk merawat kesehatan dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Syarat makanan sehat antara lain bersih, bergizi dan berkecukupan. Makanan yang sehat pun biasanya memiliki kandungan gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja.  Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Jenis Pilihan Makanan Sehat

Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Buah-Buahan

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya adalah:

  • Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.

Mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut adalah kelompok makanan sehat utama lain yang harus kamu konsumsi, selain sayuran dan buah-buahan:

    1. Daging dan telur
      Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi.  Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.
    2. Kacang-kacangan dan biji-bijian
      Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.
    3. Ikan dan makanan laut lainnya
      Ragam makanan laut terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.
    4. Susu
      Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. kamu juga bisa mengonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Makanan yang Sehatkan Jantung

  • Ikan Salmon
    Ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang mengandung akan asam lemak omega 3 merupakan makanan untuk kesehatan jantung yang layak untuk dikonsumsi. Kandungan omega ini dapat menurunkan risiko aritmia (gangguan jantung) dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu omega 3 juga dapat menurunkan trigliserida dan dapat mencegah peradangan.
  • Oatmeal 
    Makanan untuk kesehatan jantung bisa juga dengan mengonsumsi oatmeal, yang tinggi akan serat yang dapat menurunkan kolesterol. Oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar gula darah, sehingga berguna bagi pengidap diabetes. Serat pada oatmeal dapat menyehatkan jantung, dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  • Biji-bijan
    Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. hal ini dikarenakan biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium).
  • Sayuran HijauSayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, sehingga menyehatkan jantung.
  • Jeruk 
    Dalam sebuah jeruk mengandung vitamin c, karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, Niacin/Vitamin B3, Pyridoxine, dan berbagai vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang ada di buah jeruk juga dapat mengurangi kadar kolesterol darah, dan meningkatkan risiko kolesterol baik.