• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Penyebab Urat Tangan Menonjol dan Cara Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Penyebab Urat Tangan Menonjol dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Urat Tangan Menonjol dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 November 2021
10 Penyebab Urat Tangan Menonjol dan Cara Mengatasinya

“Urat tangan yang menonjol dan terlihat jelas di permukaan kulit merupakan kondisi umum pada lansia. Meski demikian, kondisi tersebut bisa saja dialami oleh anak muda. Lantas, apa saja faktor pemicu urat tangan menonjol yang terjadi pada anak muda?”

Halodoc, Jakarta – Coba lihat punggung tanganmu, apakah terlihat urat tangan ada yang menonjol? Jika iya, jangan terlalu khawatir, karena kondisi tersebut umum terjadi dan tidak membahayakan, karena tidak memicu munculnya gangguan kesehatan. Meski demikian, penampilannya cukup mengganggu penampilan, bukan?

Kondisi yang Menyebabkan Urat Tangan Menonjol

Urat tangan menonjol sebenarnya dipicu oleh beberapa faktor. Masing-masing orang memiliki faktor pemicu yang berbeda. Berikut ini beberapa kondisi yang menjadi pemicunya:

1. Berolahraga

Saat berolahraga, tekanan darah akan meningkat. Peningkatan tekanan darah tersebut dapat berujung pada lebarnya pembuluh darah. Kondisi tersebut terjadi akibat kontraksi pada otot selama olahraga angkat beban.

2. Memakai Pakaian Ketat

Pakaian ketat dapat menghambat aliran darah. Kondisi tersebut dapat berujung pada peningkatan tekanan darah, sehingga pembuluh darah lebih terlihat. Area tubuh yang sering mengalaminya adalah pinggang, paha, dan kaki.

3. Cuaca Panas

Meningkatnya aliran darah di pembuluh darah juga bisa disebabkan oleh cuaca panas. Jika aliran darah meningkat, sudah pasti pembuluh darah akan melebar dan tampak di permukaan kulit. 

4. Paparan Sinar Matahari

Kolagen adalah protein yang memberi struktur pada kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan akan merusak kolagen di bawah kulit, sehingga membuat pembuluh darah lebih terlihat di permukaan kulit.

5. Duduk atau Berdiri dalam Waktu Lama

Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama menyebabkan gravitasi. Nah, gravitasi inilah yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Akibatnya, tekanan darah di vena kaki meningkat dan memicu munculnya pembuluh darah di permukaan kulit.

6. Warna Kulit Terang

Warna kulit menjadi salah satu pemicu urat tangan menonjol. Pada orang dengan warna kulit terang atau pucat, urat akan lebih mudah terlihat di permukaan kulit. Hal tersebut dikarenakan, pembuluh darah berwarna keunguan, biru, atau merah.

Nah, warna pembuluh darah tersebut kontras dengan warna kulit, sehingga pembuluh darah pun terlihat menonjol. Kondisi ini umum dialami pada semua orang dengan warna kulit terang.

7. Berat Badan Tidak Ideal

Urat tangan menonjol dapat terjadi akibat berat badan tidak ideal. Saat berat badan di atas rata-rata, kondisi tersebut dapat menekan pembuluh darah. Tekanan berlebihan akan membuat pembuluh darah terlihat di permukaan kulit.

8. Genetika

Urat tangan menonjol terkadang terjadi karena adanya keturunan dalam keluarga. Jika memiliki riwayat tersebut, kemungkinan besar kamu akan mengalami kondisi yang sama.

9. Perubahan Hormon dalam Tubuh

Perubahan hormon dalam tubuh dapat memengaruhi penampilan urat tangan, lo. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan perubahan hormon:

  • Masa pubertas.
  • Haid.
  • Kehamilan.
  • Konsumsi pil KB.
  • Terapi hormon menopause.

10. Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Minum alkohol dapat membuat urat lebih menonjol di permukaan kulit. Alkohol meningkatkan detak jantung, dan memberi tekanan berlebihan pada pembuluh darah. Sedangkan merokok dapat merusak dinding pembuluh darah, sehingga terlihat lebih menonjol.

Ketahui Cara Menghilangkan Urat Menonjol

Dalam kasus yang ringan, urat tangan menonjol dapat diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Salah satunya dengan diet rendah karbohidrat dan tinggi serat guna mengontrol berat badan. Selanjutnya, urut punggung tangan untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah. 

Guna membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh,  kamu bisa mengonsmsi vitamin  C dan posisikan tangan lebih tinggi saat tidur. Posisi tangan tersebut membuat gravitasi, sehingga aliran darah lebih mudah turun kembali lagi ke jantung.

Namun, jika sejumlah gejala berikut ini muncul, segera tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc, ya. Berikut ini beberapa gejala urat tangan menonjol yang membahayakan:

  • Urat terasa rasa sakit saat disentuh.
  • Urat terlihat merah atau membengkak.
  • Urat terasa hangat saat disentuh.
  • Urat yang menonjol disertai dengan ruam kulit, luka, atau perubahan warna pada kaki.
  • Urat mengalami pendarahan.
  • Urat yang menonjol membuat kamu kesulitan bergerak atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk melakukan diskusi langsung dengan dokter, download Halodoc sekarang juga, ya. Meskipun urat tangan menonjol merupakan kondisi yang umum terjadi, kamu perlu melakukan perawatan lebih lanjut jika sejumlah gejala membahayakan tersebut muncul.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
New Health Advisor. Diakses pada 2021. Veins Showing Through Skin.
Healthline. Diakses pada 2021. Why Are My Veins Suddenly So Visible?
Healthline. Diakses pada 2021. Bulging Hand Veins
Wexner Medical Center. Diakses pada 2021. How to keep your veins healthy.