Waspadai 2 Komplikasi yang Menyebabkan Granuloma Annulare

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Waspadai 2 Komplikasi yang Menyebabkan Granuloma Annulare

Halodoc, Jakarta - Granuloma annulare adalah sebuah kelainan kulit yang terjadi karena degeneratif kronis. Bentuk yang paling umum dari gangguan tersebut ditandai dengan adanya benjolan kecil berwarna merah atau kuning yang berbentuk cincin di kulit. 

Dalam kebanyakan kasus yang terjadi, ukuran lesi yang menyerang berukuran mulai dari satu hingga lima sentimeter. Lokasi yang paling sering terserang gangguan ini adalah kaki, tangan, dan jari. Selain itu, gangguan ini umumnya terjadi pada satu lokasi dan terdapat beberapa bentuk yang kurang umum dapat terjadi, yaitu menyebar, linier, berlubang, dan subkutan. 

Lesi yang berhubungan dengan granuloma annulare biasanya menghilang tanpa dilakukannya pengobatan. Meski begitu, lesi yang terjadi mungkin saja muncul kembali suatu saat. Di samping itu, penyebab pasti granuloma annulare belum diketahui secara pasti.

Apakah Hal yang Dapat Menyebabkannya?

Sebelum memasuki pembahasan tentang komplikasi yang disebabkan oleh gangguan pada kulit tersebut, ada baiknya untuk mengetahui penyebab granuloma annulare. Dengan mengetahui penyebabnya, maka dapat memudahkan semua orang untuk menghindari penyakit tersebut.

Faktanya, penyebab dari penyakit pada kulit tersebut tidak diketahui secara pasti. Beberapa sumber mengatakan kondisi tersebut disebabkan oleh trauma, paparan sinar matahari, penyakit tiroid, TBC, dan infeksi virus lainnya.

Bentuk granuloma annulare yang bersifat menyebar pun dapat menyerang beberapa area tubuh. Umumnya, hal ini berhubungan dengan gangguan diabetes mellitus. Selain itu, gangguan pada kulit tersebut dapat terjadi karena komplikasi dari herpes zoster.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Granuloma Annulare

Faktor Risiko Granuloma Annulare

Granuloma annulare adalah sebuah gangguan yang lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Walau begitu, hal ini dapat memengaruhi semua orang di semua rentang usia. Di samping itu, gangguan tersebut disebutkan dapat disebabkan faktor keturunan walau belum pasti.

Apa Saja Gejalanya?

Seseorang yang mengidap gangguan tersebut dapat menimbulkan beberapa gejala umum. Walau begitu, beberapa orang yang terserang ini mungkin saja mengalami gejala yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat timbul pada seseorang yang terserang:

  • Kulit berwarna merah atau kekuningan dan benjolan yang tebal.

  • Satu atau beberapa cincin gundukan di kaki atau tangan.

  • Serangan dapat terbatas pada satu area atau menyebar ke beberapa area.

  • Lesi mungkin terjadi selama bertahun-tahun.

Gejala dari granuloma annulare mungkin menyerupai kondisi kulit lainnya. Cobalah untuk selalu berdiskusi dengan dokter mengenai masalah yang kamu alami. Hal tersebut harus dilakukan terutama jika terdapat lesi yang bertahan lebih dari beberapa minggu.

Baca juga: Kenali 3 Tahapan Granuloma Inguinale

Gangguan Akibat Granuloma Annulare

Gejala-gejala dari kelainan lainnya dapat menyerupai granuloma annulare. Maka dari itu, hal ini mungkin berguna bagi kamu untuk mengetahui gangguan lainnya yang mungkin terjadi tetapi bukan granuloma annulare:

  1. Tinea Corporis

Gangguan ini disebut juga dengan kurap tubuh, yaitu kelainan kulit yang ditandai dengan ruam pada kulit yang gatal. Lengan dan kaki adalah area tubuh yang sering terserang. Lesi kemerahan yang muncul berbentuk cincin sama seperti granuloma annulare.

  1. Xanthoma Erupsi

Gangguan ini ditandai dengan perkembangan sekelompok benjolan yang meningkat di seluruh tubuh. Gangguan ini dapat dibedakan secara mikroskopis dari granuloma annulare melalui pewarnaan yang berbeda dari sel-sel histiositnya.

Komplikasi yang Menyebabkan Granuloma Annulare

Gangguan pada kulit tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin termasuk dalam penyakit berbahaya. Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat menyebabkan munculnya granuloma annulare:

  1. Diabetes

Penyakit ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi akibat kadar gula darah yang lebih tinggi dibandingkan kadar normal. Gangguan ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, diabetes juga dapat menimbulkan granuloma annulare pada beberapa orang.

  1. Herpes Zoster

Gangguan ini ditandai dengan benjolan yang berisi air. Pengidap akan merasakan nyeri akibat gangguan ini. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari virus. Di samping itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi berupa granuloma annulare.

Baca juga: Ini Alasan Homoseksual Rentan Terkena Granuloma Inguinale

Itulah beberapa komplikasi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami granuloma annulare. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang!