• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Bahan Alami untuk Membantu Mengurangi Kerutan

3 Bahan Alami untuk Membantu Mengurangi Kerutan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak pertanda pada tubuh yang timbul saat usia seseorang semakin menua. Salah satu yang dapat terlihat jelas karena terjadi pada wajah adalah terbentuknya kerutan. Hal ini terjadi karena elastisitas kulit semakin menurun, yang akhirnya terjadi pengenduran. Meskipun bukan masalah besar, tetapi banyak wanita yang merasa minder dengan orang lain karena hal tersebut.

Saat hal tersebut terjadi, kamu tidak perlu panik, lho. Pasalnya, seseorang yang mengalami kerutan pada wajah dan bagian tubuh lainnya dapat diatasi dengan mudah menggunakan beberapa bahan alami. Dengan begitu, kulit wajah akan kembali seperti semula yang membuat kecantikan tetap terpancar. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerutan!

Baca juga: Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Kerutan Dapat Dikurangi dengan Bahan Alami

Kerutan, yang disebut juga rhytides, adalah lipatan yang terjadi pada kulit. Hal ini timbul sebagai dampak dari bertambahnya usia karena kulit menghasilkan lebih sedikit protein kolagen dan elastin. Karena itu, kulit kamu menjadi lebih tipis dan kurang kuat mengatasi kerusakan. Selain itu, paparan radiasi, dehidrasi, hingga racun dapat membuat wajah menjadi lebih mudah untuk mengalami masalah kulit tersebut.

Pada sebagian besar kasus, kerutan dapat berkembang ketika usia mencapai 40 hingga 50 tahun. Selain itu, faktor genetika juga berperan besar terhadap perkembangan dari masalah kulit tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang efektif untuk mencegah atau mengurangi pembentukan kerutan pada kulit, terutama wajah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat kulit wajah menjadi cerah:

1. Putih Telur

Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kerutan adalah putih telur. Selain mengatasi masalah kulit tersebut, bagian telur ini dapat membuat kulit juga tampak cerah, lho. Hal ini disebabkan kandungan putih telur dapat merangsang produksi kolagen di wajah yang membuat kulit menjadi kencang. Kamu hanya perlu mengoleskan putih telur langsung ke kulit, lalu pijat lembut dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dan lakukan dengan rutin.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

2. Lemon

Kamu juga dapat menggunakan lemon untuk mengatasi atau mengurangi kerutan yang terbentuk di beberapa bagian tubuh. Buah yang kaya kandungan vitamin C ini memang efektif untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Kandungan asam yang terkandung di dalamnya efektif untuk mengurangi kerutan sekaligus mencerahkan. Meski begitu, seseorang yang memiliki kulit sensitif harus menghindarinya karena kemungkinan iritasi kulit dapat terjadi.

3. Lidah Buaya

Kerutan juga dapat menjadi lebih baik setelah dioleskan oleh lidah buaya. Kandungan dari tanaman ini kaya akan asam malat yang efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen berbahan dasar lidah buaya agar dapat mengurangi munculnya keriput. Selain itu, kandungan dari lidah buaya juga dapat menambahkan jumlah kolagen, sehingga kulit menjadi terhidrasi. Kamu cukup mengoleskannya selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi atau mengatasi kerutan pada wajah. Kamu tidak perlu repot-repot membeli krim atau obat-obatan yang mahal, karena penggunaan dari bahan alami ini juga terbilang efektif. Bahkan, kamu dapat menghindari efek samping dari bahan kimia yang mungkin tercampur dari penanganan yang tidak menggunakan bahan alami.

Baca juga: 4 Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait bahan alami yang dapat efektif untuk mengatasi timbulnya kerutan. Caranya mudah sekali, cukup dengan memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call, kemudahan interaksi dengan dokter terpercaya kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk download aplikasinya di smartphone kamu!

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. 8 Simple Ways To Get Rid Of Wrinkles On The Face Naturally.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat Wrinkles Naturally at Home.