• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Wajah untuk Mencegah Munculnya Keriput

Perawatan Wajah untuk Mencegah Munculnya Keriput

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perawatan Wajah untuk Mencegah Munculnya Keriput

Halodoc, Jakarta – Memiliki wajah yang awet muda tentu menjadi dambaan banyak orang, terutama para wanita. Namun, seiring bertambahnya usia, keriput atau garis-garis halus dapat muncul pada wajah. Hal itu sebenarnya sangat wajar, karena kulit akan kehilangan elastisitasnya dan menghasilkan lebih sedikit kolagen (serat yang memberi kekuatan pada kulit) seiring pertambahan usia.

Sementara itu, gen juga diketahui berperan besar terhadap munculnya keriput, sehingga beberapa orang lebih rentan memiliki garis-garis halus tersebut daripada yang lain. Contohnya, wanita Kaukasia jauh lebih mungkin untuk mengalami tanda-tanda penuaan lebih cepat, dibandingkan wanita Afrika, Asia Timur, atau Latina.

Baca juga: Stres Bisa Sebabkan Munculnya Keriput, Ini Faktanya

Meskipun tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun setidaknya kamu bisa memperlambat kemunculan keriput pada wajah. Tidak perlu ramuan ajaib atau produk yang mahal untuk mendapatkan wajah awet muda yang diidamkan. Berikut adalah perawatan wajah yang disarankan oleh para ahli untuk mencegah keriput:

1.Jangan Pernah Lupa Memakai Sunscreen!

Kamu mungkin sudah tahu, bahkan bosan mendengar nasihat untuk lebih sering mengoleskan tabir surya guna mencegah keriput. Faktanya, paparan sinar matahari dapat merusak kulit kamu dan menyebabkan penuaan dini serta munculnya keriput. Karena itu, penting sekali untuk mengaplikasikan sunscreen setiap kali akan beraktivitas di luar rumah.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa penggunaan tabir surya secara teratur mampu memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Menurut penelitian tahun 2016 dalam jurnal Dermatologic Surgery, mengolesi kulit dengan tabir surya juga dapat mengurangi bintik-bintik hitam, memperbaiki tekstur kulit, serta mencerahkan kulit.

Untuk melindungi kulit kamu dari sinar UV matahari yang merusak, penting untuk mengoleskan sunscreen dengan SPF antara 30 dan 50 setiap hari, bahkan bila cuaca sedang mendung. Sebab, sinar UV masih dapat menembus awan. Selalu gunakan kembali setiap dua jam dan setelah berenang atau berkeringat.

2.Gunakan Pelembap Kulit

Pelembap berfungsi seperti air minum untuk wajah kamu. Menggunakan pelembap bisa menjaga kulit tetap sehat dan lembut. Hal ini penting karena seiring pertambahan usia, kulit menjadi lebih mudah kering, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kerutan.

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat dan vitamin C sangat efektif untuk mencegah munculnya keriput. 

3.Cobalah Gunakan Produk Skin Care untuk Mengatasi Kerutan

Botox dan filler wajah memang dapat memperbaiki kerutan wajah secara cepat, namun mereka tidak menawarkan solusi yang alami. Belum lagi biaya yang perlu dikeluarkan tidak sedikit. Karena itu, alih-alih menggunakan prosedur medis, kamu bisa memilih untuk melakukan perawatan wajah untuk mencegah keriput secara alami. Contohnya, menggunakan produk skin care yang mengandung beberapa bahan utama berikut:

  • Retinol, adalah bentuk OTC topikal dari vitamin A yang menstimulasi produksi kolagen yang dapat menghaluskan kerutan.
  • Peptida, adalah rangkaian asam amino yang membantu membentuk kolagen dan elastin kulit. Kandungan ini mirip dengan retinol tapi tidak sekuat dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Resveratrol, adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas untuk mencegah kerusakan kolagen dan elastin.
  • Asam hialuronat, adalah humektan yang menarik air ke kulit untuk menghaluskan kerutan untuk sementara.
  • Vitamin C, adalah antioksidan yang membantu memproduksi kolagen dan mencerahkan kulit.
  • Vitamin E adalah antioksidan yang bekerja dengan baik dengan vitamin C untuk melindungi kulit dan menenangkan peradangan.

Untuk membeli produk skincare yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tinggal order melalui fitur Health Store dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam.

Baca juga: Usia yang Tepat Menggunakan Produk Kecantikan Anti-aging

4.Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Menurut ahli kulit di University of Maryland Medical Center, air dapat menghilangkan minyak pelindung alami kulit dan kelembapannya yang dapat melindungi dari kerutan. Karena itu cuci muka terlalu bering berarti kamu membasuh perlindungan kulit kamu.

5.Hindari Melakukan Latihan Wajah yang Intens

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa kamu bisa mendapatkan efek face lift secara alami dengan melakukan senam wajah, seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening, atau mengerutkan bibir. Namun, Rachel V. Reynolds, MD, dokter kulit bersertifikat di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston memperingatkan bahwa cara itu dapat memperdalam garis-garis halus yang secara alami berkembang dari waktu ke waktu.

Tentu saja, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh tersenyum, sebab hanya dengan tersenyum, kamu bisa benar-benar memiliki perasaan bahagia.

Baca juga: Secantik J.Lo, Ini Tips Kecantikan Kulit di Usia 50-an

Itulah beberapa perawatan wajah yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya keriput. Jika kamu mempunyai permasalahan kulit, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Proven Ways to Prevent Wrinkles.
Prevention. Diakses pada 2020. How to Actually Prevent Wrinkles as You Age, According to Dermatologists