• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Buah-buahan Terbaik untuk Makanan Bayi 6 Bulan

3 Buah-buahan Terbaik untuk Makanan Bayi 6 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Buah-buahan Terbaik untuk Makanan Bayi 6 Bulan

Halodoc, Jakarta - Hingga memasuki usia 6 bulan, satu-satunya makanan bayi adalah ASI. Lalu, setelah 6 bulan, bayi perlu diberi makanan pendamping ASI (MPASI), untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang semakin bertambah. Salah satu makanan bayi 6 bulan yang terbaik adalah buah-buahan. 

Memberi buah-buahan sebagai makanan bayi 6 bulan sangat direkomendasikan, karena terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, tidak semua jenis buah cocok dijadikan makanan bayi 6 bulan, lho. 

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi 8-10 Bulan yang Direkomendasikan WHO

Buah-buahan yang Bisa Jadi Makanan Bayi 6 Bulan

Di usia 6 bulan, bayi umumnya sudah bisa dan siap diberikan makanan. Namun, karena kemampuan menelan dan fungsi pencernaannya belum sempurna, makanan yang diberikan harus yang bertekstur lembut, seperti bubur yang disaring atau puree. 

Untuk buah-buahan, penting untuk memilih jenis buah yang terbaik dan menghaluskannya sebelum diberikan sebagai makanan bayi 6 bulan. Berikut ini beberapa pilihan buah yang bisa ibu berikan pada bayi:

1.Pisang

Pisang adalah salah satu buah terbaik yang bisa dijadikan makanan bayi 6 bulan, karena teksturnya yang halus dan lembut. Hal ini dapat memudahkan bayi dalam menelan dan mencernanya. Selain itu, kandungan gizi buah pisang juga sangat kaya, yaitu folat, serat, vitamin A, B6, B12, dan kalium.

2.Alpukat

Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, menjadikan alpukat sebagai salah satu buah yang bisa diberikan pada bayi 6 bulan. Buah ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Baca juga: Tips Menyiapkan Menu MPASI Pertama untuk Si Kecil

3.Apel

Buah apel memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, termasuk vitamin C dan K, serat, kalium, dan berbagai mineral. Ibu dapat menjadikan apel sebagai makanan bayi 6 bulan dengan cara menghaluskan dan menyaringnya, atau mencampurkannya ke bahan makanan lain sebagai penambah cita rasa. Pastikan memilih apel yang manis dan tidak asam, ya.

Tips Menyiapkan Buah sebagai Makanan Bayi 6 Bulan

Menyiapkan buah-buahan sebagai makanan bayi 6 bulan sebenarnya cukup mudah, tetapi ibu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan mencuci dan mengupas buah hingga benar-benar bersih.
  • Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan bayi, dan menjaga kebersihan peralatan yang digunakan.
  • Hindari mengolah buah dengan cara digoreng. Jika ingin dimasak, lebih baik rebus atau kukus buah sebentar saja.
  • Haluskan buah dengan blender atau food processor.
  • Ibu bisa menambahkan ASI atau susu formula ke dalam bubur buah.
  • Perkenalkan berbagai jenis buah satu-persatu, dan amati apakah ada reaksi alergi yang muncul dalam beberapa hari.
  • Berikan buah pada bayi dalam porsi yang kecil, karena bayi 6 bulan biasanya belum bisa makan terlalu banyak. 

Baca juga: Inilah Manfaat Baik Alpukat sebagai MPASI Bayi

Ibu dapat mencoba beberapa jenis buah yang disebutkan tadi sebagai makanan bayi 6 bulan. Buah-buahan memang baik dipersiapkan untuk MPASI bayi 6 bulan. Namun, hal yang perlu diperhatikan, hindari memberikan menu tunggal buah selama 14 hari berturut-turut karena dapat menyebabkan defisiensi nutrisi. Melainkan seimbangkan nutrisi dengan sumber makanan lainnya. 

Apabila ibu merasa ragu apakah bayi sudah siap untuk makan atau belum, atau ingin mengetahui pilihan MPASI yang sebaiknya diberikan sesuai usia bayi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Agar mudah dan cepat, ibu bisa bertanya seputar makanan bayi 6 bulan pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter biasanya akan memberi saran terbaik dalam memperkenalkan makanan pada bayi, sesuai tahap usia dan kondisi Si Kecil. Jika ada masalah pada kondisi kesehatan bayi, gunakan aplikasi Halodoc juga untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit, ya.

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. Solids By Age: At Six Months.
Baby Center. Diakses pada 2021. Apple & Pear Sauce.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Impressive Health Benefits of Apples.
Healthline. Diakses pada 2021. 21 Homemade Baby Food Recipes.
The Bump. Diakses pada 2021. A Step-by-Step Guide for Preparing Avocado Baby Food.
Parents. Diakses pada 2021. Best Super Foods for Baby.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Banana Nutrition for Babies.
WebMD. Diakses pada 2021. Baby Nutrition in the First Year: What to Feed Your Baby Now.