04 December 2018

Manfaat Alpukat sebagai MPASI untuk Bayi

Manfaat Alpukat sebagai MPASI untuk Bayi

Halodoc, Jakarta - Buah-buahan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, begitu pun buah alpukat. Buah ini dapat menjadi makanan pendamping ASI (MPASI) yang dapat diberikan ketika bayi berusia 6 bulan. Bayi wajib menerima ASI sebagai asupan utama sebelum umurnya mencapai enam bulan. Ibu harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, karena asupan makanannya harus sehat dan bergizi.

Buah alpukat mengandung nutrisi dan lemak tak jenuh yang baik untuk bayi, supaya dapat mendukung perkembangan otak dan tubuhnya. Buah alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk bayi. Seperti vitamin dan mineral, yaitu vitamin C, A, K, E, dan B-6, serta folat, thiamin, kalsium, zat besi, kalium, dan natrium.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi Sebagai MPASI

Manfaat-manfaat alpukat yang dapat berguna untuk kesehatan bayi saat ini dan masa depan sebagai MPASI, adalah:

  1. Mencegah Penyakit Saluran Pencernaan

Salah satu manfaat alpukat sebagai MPASI adalah untuk mencegah penyakit saluran pencernaan. Alpukat adalah salah satu buah yang dapat dengan mudah dicerna bayi. Hal tersebut dikarenakan alpukat mengandung antioksidan yang dapat membantu bayi agar terhindari dari hal-hal yang menyebabkan perut sakit.

  1. Mencegah Peradangan pada Tubuh Bayi

Alpukat sebagai MPASI dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh bayi. Bayi sangat rentan terhadap peradangan, terutama peradangan pada bagian kulit. Antioksidan pada kandungan alpukat dapat melindungi bayi yang dapat meminimalisir masalah peradangan dan iritasi.

  1. Sebagai Sumber Mineral dan Vitamin

Buah-buahan dapat berfungsi sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik untuk MPASI. Kandungan vitamin dan mineral pada alpukat termasuk salah satu yang tinggi. Vitamin dan mineral pada buah alpukat mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan bayi. Selain itu, dengan mengonsumsi alpukat secara teratur dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

  1. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Alpukat dapat berfungsi sebagai antioksidan dan baik digunakan sebagai MPASI. Antioksidan mempunyai fungsi melawan kerusakan karena radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, kandungan pada alpukat dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

  1. Melindungi Organ Hati

Manfaat lainnya dari alpukat sebagai MPASI adalah melindungi organ hati. Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat melindungi tubuh dari kerusakan hati dan penyakit yang berhubungan, yaitu hepatitis dan penyakit kuning. Walau begitu, sangat tidak direkomendasikan apabila memberikan alpukat pada bayi yang mengidap hepatitis atau penyakit kuning, karena dapat memperburuk penyakitnya. Namun, ibu dapat memberikannya ketika penyakit tersebut telah sembuh.

  1. Membuat Penyembuhan Luka Lebih Cepat

Alpukat mempunyai fungsi lain yaitu dapat membuat penyembuhan luka lebih cepat. Alpukat dapat menyembuhkan luka lebih aman dibandingkan dengan memberikan obat-obatan yang dapat mengandung zat kimia yang memberi dampak negatif pada tubuh.

  1. Membantu Proses Perkembangan Otak Bayi

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, yaitu asam lemak omega 3. Kandungan lemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi dan sangat berperan penting untuk kecerdasan bayi di masa depan. Maka dari itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat agar bayinya cerdas.

Itu lah manfaat mengonsumsi alpukat untuk bayi sebagai MPASI. Apabila ibu mempunyai pertanyaan perihal MPASi, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam.

Baca juga: