Manfaat Alpukat sebagai MPASI untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Manfaat Alpukat sebagai MPASI untuk Bayi

Halodoc, Jakarta – Setelah Si Kecil mencapai usia 6 bulan, artinya ia sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan pendamping asi (MPASI). Selama masa pengenalan makanan ini, ibu bisa memulainya dengan memberikan sayuran maupun buah-buahan. Nah, alpukat adalah salah satu buah yang sering dipilih ibu-ibu untuk dijadikan MPASI. Pasalnya, alpukat memiliki testur lembut dan rasanya yang tawar, manis serta sedikit pahit.

Ibu juga wajib memberi Si Kecil makanan yang sangat bergizi dan mengandung banyak kalori yang baik. Alpukat bisa dibilang masuk ke dalam kriteria tersebut. Sebab, buah yang satu ini terkenal dengan kandungan lemak baiknya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut sejumlah kandungan nutrisi buah alpukat yang sangat cocok untuk dijadikan MPASI Si Kecil.

Kandungan Nutrisi dari Alpukat

Alpukat merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dibandingkan dengan buah-buahan lain untuk MPASI, alpukat dianggap memiliki nilai gizi tertinggi. Alasannya, alpukat merupakan sumber terbaik untuk protein, niasin, tiamin, riboflavin, asam folat, dan seng yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut studi dari Nutrients, alpukat juga mengandung tingkat fitat dan oksalat yang lebih rendah dibandingkan sumber serat lainnya seperti sereal, sayuran, dan kacang-kacangan. Hal ini membuat alpukat mampu meminimalkan hilangnya kalsium dan mineral penting lainnya yang disebabkan zat-zat tersebut.

Baca juga: Anak Diare Akibat MPASI, Ibu Harus Apa?

Kalau Si Kecil mengalami diare setelah mengonsumsi MPASI, sebaiknya bicarakan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc untuk mencari tahu penanganan yang tepat. Jika Si Kecil tidak kunjung membaik, periksakan Si Kecil ke rumah sakit untuk mendapat perawatan yang tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, ibu juga bisa membuat janji dengan dokter lewat aplikasi Halodoc terlebih dahulu.

Manfaat Alpukat untuk MPASI Si Kecil

Melihat berbagai nutrisi di atas, sudah tidak diragukan lagi apabila alpukat adalah pilihan tepat untuk dijadikan MPASI Si Kecil. Ini manfaat dari alpukat mampu menjaga maupun meningkatkan kesehatan Si Kecil yang perlu ibu ketahui, antara lain:

1. Merawat Sistem Pencernaan

Saat pertama diperkenalkan dengan makanan padat, sistem pencernaan bayi akan dihadapkan pada sesuatu hal yang baru. Oleh karena itu, makanan yang harus masuk adalah makanan yang teksturnya lembut. Nah, inilah keunggulan alpukat ketimbang buah yang lain untuk MPASI. Buah ini mudah dicerna dengan baik yang otomatis mampu merawat sistem pencernaan Si Kecil.

2. Mencegah Peradangan

Bayi rentan terhadap peradangan, terutama peradangan pada bagian kulit. Untungnya dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada alpukat, Si Kecil bisa terhindar dari masalah peradangan. Antioksidan pada kandungan alpukat ini akan bekerja dengan cara melindungi Si Kecil dari hal-hal yang menjadi penyebab peradangan dan iritasi.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

3. Sumber Mineral dan Vitamin

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk MPASI. Kandungan vitamin dan mineral pada alpukat termasuk salah satu yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan menjaga kesehatannya. Selain itu, mengonsumsi alpukat secara teratur dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

4. Melindungi Organ Hati

Manfaat lainnya dari alpukat sebagai MPASI adalah melindungi organ hati. Mengonsumsi alpukat secara teratur bisa melindungi tubuh dari kerusakan hati dan penyakit yang berhubungan, yakni hepatitis dan penyakit kuning.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Alpukat juga mempunyai fungsi sebagai penyembuhan luka. Alpukat dapat menyembuhkan luka lebih aman dibandingkan dengan memberikan obat-obatan yang dapat mengandung zat kimia yang memberi dampak negatif pada tubuhnya.

6. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Bayi lebih mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Untungnya alpukat bisa melindunginya berkat kandungan antioksidan. Antioksidan mempunyai fungsi melawan kerusakan karena radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, kandungan pada alpukat dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

7. Membantu Proses Perkembangan Otak Bayi

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, yakni asam lemak omega 3. Kandungan lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol yang baik untuk perkembangan otak bayi dan berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan bayi di masa depan. Oleh karena itu, tidak hanya untuk MPASI, alpukat juga disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Referensi:

Baby Med. Diakses pada 2019. The Benefits of Avocado in Baby’s Diet.

Nutrients. Diakses pada 2019. The Roles of Avocado in Complementary & Transitional Feeding.

Verywell Family. Diakses pada 2019. Avocado Nutrition and Baby Development.