• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mencegah Hairball pada Kucing Peliharaan

3 Cara Mencegah Hairball pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Memelihara kucing merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tingkahnya yang menggemaskan mampu membantu pemelihara mengatasi stres maupun rasa bosan. Namun dalam memelihara kucing, sebaiknya perhatikan kebiasaan kucing dan lakukan perawatan sehari-hari yang mampu cegah kucing mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Kebiasaan kucing dalam menjilat tubuhnya sendiri ternyata mampu menyebabkan risiko gangguan kesehatan, seperti hairball. Kondisi ini merupakan bola yang terbentuk dari rambut-rambut mati kucing yang dijilat oleh kucing dan masuk ke dalam pencernaan. Hairball dapat dikeluarkan kembali oleh kucing melalui kotoran maupun memuntahkannya kembali. Namun, untuk menghindari risiko gangguan kesehatan, sebaiknya lakukan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hairball pada kucing.

Kenali Hairball pada Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang gemar merawat dirinya dengan menjilat tubuhnya. Melalui proses ini, kucing menghilangkan berbagai kotoran yang ada pada rambutnya. Saat menjilat tubuh, biasanya papila pada lidah mereka akan mengangkat rambut yang mati dan rontok. Kondisi ini menyebabkan rambut masuk ke dalam pencernaan. 

Umumnya, sebagian rambut akan keluar melalui feses kucing, tetapi sebagian lagi dikeluarkan melalui muntah dalam bentuk hairball. Biasanya, hairball akan keluar bersama dengan cairan pencernaan dari saluran cerna kucing. 

Meskipun kondisi ini merupakan hal normal pada kucing, khususnya pada kucing dengan tipe rambut panjang dan sudah cukup tua, tetapi terlalu sering mengalami hairball juga bisa menjadi tanda adanya saluran pencernaan. Tidak hanya itu, terlalu sering mengalami hairball juga bisa menandakan kucing mengalami stres. 

Kucing yang stres akan lebih sering menjilat tubuhnya sendiri. Untuk itu, segera periksakan kondisi kesehatan kucing pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc apabila mengalami hairball yang cukup sering dan perubahan perilaku.

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa?

Cara Mencegah Hairball pada Kucing

Perhatikan beberapa tanda yang perlu kamu waspadai terkait hairball pada kucing. Ketika kucing selalu muntah tanpa mengeluarkan hairball yang disertai dengan kondisi lemas dan tidak mau makan, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit hewan terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan kucing. 

Hal ini bisa menjadi tanda hairball telah berpindah dari perut menuju usus. Tentunya, hal ini menjadi kondisi yang berbahaya karena dapat menyebabkan diare atau sembelit pada kucing.

Untuk mencegah kondisi ini, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

1.Sisir Rambut Kucing

Menyisir rambut kucing secara rutin dapat membantu kucing menghilangkan rambut yang mati dan rontok pada tubuh kucing. Dengan begitu, kamu dapat membantu mengurangi jumlah rambut yang akan ditelan oleh kucing. Selain menyisir secara mandiri di rumah, kamu juga bisa membawa kucing ke lokasi grooming profesional agar rambut kucing juga mendapatkan perawatan yang terbaik.

2.Pangkas Rambut Kucing

Kamu juga bisa pangkas rambut kucing secara berkala untuk menghindari rambut kucing yang menjadi kusut.

3.Berikan Makanan yang Tepat

Memberikan makanan yang tepat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hairball pada kucing. Makanan yang tepat tentunya akan membuat rambut kucing menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, kebutuhan serat pada kucing yang terpenuhi dengan baik akan membantu kucing mengeluarkan hairball dari dalam pencernaan.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hairball pada kucing. Sebaiknya jangan sepelekan masalah hairball pada kucing agar kesehatan kucing terjaga dan kucing bisa beraktivitas dengan normal.

Referensi:
Purina One. Diakses pada 2020. Dealing With Cat Hairballs.
Fetch by Web MD. Diakses pada 2020. What to Do About Hairballs in Cats.