• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Merawat Kucing yang Berbulu Pendek

Cara Tepat Merawat Kucing yang Berbulu Pendek

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kucing domestik berambut pendek adalah salah satu jenis kucing paling populer untuk dipelihara. Tak seperti merawat kucing anggora atau jenis kucing berbulu panjang lainnya, merawat kucing dengan bulu pendek memang lebih sederhana, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sering sibuk di luar rumah. Kamu tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk memandikan kucing, memotong kuku kucing, atau merawat bulunya. 

Meski merawatnya cukup sederhana, bukan berarti kamu jadi acuh atau tidak melakukannya dengan benar. Untuk memastikan kucing peliharaan memiliki kualitas kehidupan terbaik, penting untuk mempelajari cara merawatnya dengan benar. Lantas, apa saja sih yang harus diperhatikan ketika kamu memelihara kucing berbulu pendek? Simak ulasannya berikut ini! 

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

Tips Merawat Kucing Berbulu Pendek 

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kucing berbulu pendek yang bisa kamu lakukan: 

Kunjungi Dokter Hewan Secara Teratur

Kucing mungkin benci pergi ke dokter hewan, sama seperti kamu benci pergi ke dokter umum. Namun, penting untuk membawa kucing berbulu pendek ke dokter hewan secara teratur, sehingga kamu dapat memastikan kesehatannya dalam kondisi prima. Dokter hewan akan memberikan vaksinasi yang dibutuhkan kucing agar tetap sehat. Dokter hewan juga akan dapat mendeteksi masalah kesehatan apa pun yang muncul, sehingga dapat ditangani sejak dini dan mencegahnya berkembang lebih parah.

Beri Cukup Air

Kucing berbulu pendek dapat dengan mudah mengalami dehidrasi, terutama di bulan-bulan musim panas. Oleh karena itu, letakkan mangkuk air di dekat mangkuk makanannya agar dia bisa datang dan minum secara teratur. Pastikan untuk mengisi ulang jika sudah kosong atau untuk mengganti air jika air tidak terlihat bersih. Kamu dapat menyimpan banyak mangkuk air di sekitar rumah jika ingin memastikan bahwa kucing selalu dapat dengan mudah mengakses air untuk minum. 

Berikan Perhatian

Walau jenis kucing berbulu pendek seperti kucing domestik atau kucing British Shorthair termasuk kucing yang mandiri, akan tetapi bukan berarti mereka tidak butuh diajak bermain, Kamu tetap perlu meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain supaya hubungan kalian juga terjaga dengan baik.

Mandikan dengan Teratur

Semua jenis kucing harus mempunyai frekuensi mandi yang teratur. Ini penting untuk menjaga kulit dan bulunya tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Apalagi jika kucingmu cukup rentan terhadap alergi. Jika kamu tidak ada waktu untuk membawanya ke pet shop, kamu bisa belajar cara memandikan kucing di rumah dari dokter hewan. Namun, tetap pastikan menggunakan sampo khusus kucing ya. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Pastikan Kucing Terhindar dari Kutu

Meskipun kucing hanya diam saja, ada kemungkinan hama menyerang tubuhnya. Jadi, pastikan kamu memberinya perawatan pencegahan rutin dari kutu. Dokter hewan dapat memberikan perawatan saat kamu berkunjung, sehingga kamu tidak perlu khawatir kucing merasa gatal atau tidak nyaman. Perawatan ini juga penting agar kutu di tubuhnya tidak menyebar di sekitar rumah. 

Pastikan Kucing Cukup Berolahraga

Kucing domestik berbulu pendek cenderung gempal, dan mereka mudah kelebihan berat badan jika menyukai makanan dan tidak suka berolahraga. Pastikan kucing banyak berolahraga dengan bermain dengannya. Belilah mainan yang membuat kucing ingin berlari dan melompat. Jika kucing tampak kelebihan berat badan, bicarakan dengan dokter hewan tentang kemungkinan mengganti atau membatasi jumlah makanannya. 

Berikan Perlakuan Khusus

Tidak ada kucing yang tidak suka dengan perlakukan khusus seperti makanan atau mainan baru. Berikan ia treat sewaktu-waktu agar tidak bosan dengan makanannya. Memberikannya makanan enak juga menghindarinya dari kelaparan kebiasaan memakan makanan manusia yang ada di rumah kamu. Selain itu, dengan memberikan mainan baru, mungkin ini akan menghindarkannya dari stres. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Kucing domestik berbulu pendek bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Pastikan kamu tidak berhenti mempelajari cara merawat mereka supaya dapat memastikan mereka merasa nyaman menjadi hewan peliharaanmu. Ingat, jika kucing merasa baik, dia akan menjadi teman yang baik untuk menemani kamu di masa depan. 

Kamu juga bisa tanyakan dokter hewan di Halodoc untuk mendapatkan tips merawat kucing. Ambil smartphone-mu, dan gunakan fitur chat untuk terhubung dengan dokter hewan, kapan dan di mana saja! 

Referensi:
Pretty Litter. Diakses pada 2020. Taking Care of Short-Haired Domestic Hybrid Cats.
Pro Plan Indonesia. Diakses pada 2020. Tips Merawat Jenis Kucing Berbulu Pendek.