• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Makanan Pantangan untuk Pengidap Penyakit Kelenjar Getah Bening
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Makanan Pantangan untuk Pengidap Penyakit Kelenjar Getah Bening

3 Makanan Pantangan untuk Pengidap Penyakit Kelenjar Getah Bening

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Januari 2022
3 Makanan Pantangan untuk Pengidap Penyakit Kelenjar Getah Bening

“Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bagi pengidap penyakit kelenjar getah bening. Contohnya seperti daging berlemak, fast food atau makanan cepat saji, hingga makanan yang mengandung gula tinggi. Sebab, beberapa makanan tersebut meingkatkan risiko infeksi atau peradangan pada tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi cara yang dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh tetap dalam kondisi yang optimal. Selain makanan sehat, kelenjar getah bening yang sehat juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melawan infeksi.


Umumnya, saat tubuh mengalami infeksi, maka pembengkakan kelenjar getah bening akan terjadi sebagai tanda pada tubuh. Namun, saat infeksi dapat diatasi, pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening mengempis dengan sendirinya.

Kondisi ini tentunya perlu penanganan yang tepat oleh medis dan juga perawatan yang baik dengan melakukan pola makan sehat. Ya, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap penyakit kelenjar getah bening agar kesehatan tetap optimal. 

Mulai Daging Berlemak Hingga Gula

Kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan dikenal dengan istilah limfadenopati. Melansir Mayo Clinic, pembengkakan yang terjadi pada bagian kelenjar getah bening jarang sekali berkaitan dengan kanker getah bening. Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening ditandai dengan beberapa gejala, seperti nyeri pada salah satu kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan dan kelenjar getah bening yang mudah teraba.

Umumnya, pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Namun, adanya gangguan pada sistem imun tubuh dan penyakit kanker juga menyebabkan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Sebaiknya segera periksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan terus-menerus, mengeras, tidak bergerak meskipun disentuh, dan disertai dengan demam, berkeringat pada malam hari, serta penurunan berat badan yang tidak diketahui alasannya.

Pengobatan secara medis tentunya dilakukan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi. Namun, tidak hanya menggunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter, kamu juga perlu melakukan perawatan terhadap kesehatan kamu dengan melakukan pola makan sehat. Berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari bagi pengidap penyakit kelenjar getah bening.

1. Daging Berlemak

Jika kamu mengalami kondisi pembengkakan kelenjar getah bening, hindari mengonsumsi daging berlemak. Melansir WebMD, terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak meningkatkan risiko kanker kelenjar getah bening.

2. Makanan Cepat Saji

Sudah rahasia umum terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat memengaruhi kesehatan kamu, termasuk sistem imun. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan pada kelenjar getah bening, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Melansir dari laman The Healthy, rutin mengonsumsi makanan cepat saji meningkatkan risiko gangguan jantung hingga stroke.

3. Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Selain diabetes, makanan yang mengandung gula tinggi menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk pada penyakit kelenjar getah bening. Jika kamu memiliki gangguan pada kelenjar getah bening, sebaiknya batasi pengonsumsian gula. Mengurangi konsumsi gula dapat menurunkan perkembangan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening dan meminimalkan risiko komplikasi yang mungkin terjadi. 

Bisakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Dicegah?

Sebenarnya pembengkakan kelenjar getah bening sebaiknya tidak perlu dicegah. Sebab, kondisi tersebut merupakan indikasi bahwa tubuh sedang melawan infeksi atau penyakit. Namun, jika kamu membenci ketidaknyamanan karena pembengkakan kelenjar getah bening, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya, antara lain: 

  • Mencuci tangan yang benar.
  • Menghindari menyentuh mata dan hidung.
  • Menghindari mereka yang sedang sakit.
  • Desinfeksi permukaan di rumah atau ruang kerja.
  • Tidur yang cukup, makan sehat dan olahraga.

Nah, itulah makanan yang sebaiknya dihindari bagi pengidap penyakit kelenjar getah bening. Mulai dari daging berlemak hingga makanan yang mengandung gula tinggi. Melansir Lymphoma Action, ada beberapa kandungan nutrisi yang perlu dipenuhi bagi pengidap penyakit kelenjar getah bening, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan serat.

Lakukan perawatan untuk penyakit kelenjar getah bening yang dialami, dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah serta penuhi kebutuhan cairan setiap harinya. Namun, bila kelenjar getah bening yang bengkak tidak kunjung membaik, segeralah menghubungi dokter untuk bertanya seputar keluhanmu dan menanyakan saran medis yang sesuai. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter spesialis untuk memeriksakan kondisimu. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung kapan saja dan di mana saja. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang! 


Referensi:

Lymphoma Action. Diakses pada 2021. Diet and Nutrition
Medium. Diakses pada 2021. Sugar and Lymphatic: Not So Sweet
The Healthy. Diakses pada 2021. This Is What Fast Food Actually Does to Your Immune System
Web MD. Diakses pada 2021. Diet Linked to Non Hodgkin's Lymphoma
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Swollen Lymph Nodes
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Swollen Lymph Nodes