09 April 2018

3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Halodoc, Jakarta – Rasa lapar setelah berolahraga itu wajar. Ini karena saat kamu berolahraga, tubuh akan menggunakan energi untuk membakar kalori. Akibatnya, tubuh akan kehilangan banyak kalori dan memicu rasa lapar. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengonsumsi makanan tertentu untuk mengembalikan glikogen yang sudah digunakan, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan energi. Lantas, apa saja sih makanan yang dapat dikonsumsi setelah olahraga? (Baca juga: 4 Tips Agar Tak Lapar Setelah Olahraga)

Aturan Makan Setelah Olahraga

Sebuah studi menyebutkan bahwa menunda makan lebih dari 2 jam setelah berolahraga bisa menurunkan kinerja sintesis glikogen dalam tubuh. Oleh karena itu, studi merekomendasikan agar kamu makan 30-45 menit setelah berolahraga. Sebab selama waktu tersebut, sel otot akan lebih sensitif terhadap efek insulin, yakni hormon yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh, serta membantu tubuh menyimpan energi dalam bentuk glikogen.

(Baca juga: Makan setelah Olahraga, Boleh Enggak sih?)

Agar olahraga yang dilakukan enggak sia-sia, kamu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang kamu makan setelah olahraga. Studi yang dilakukan di The Colorado State University Extension menyebutkan bahwa makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Ini karena:

1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Saat olahraga, glikogen di dalam tubuh akan digunakan. Itu sebabnya kamu perlu mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga untuk memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan saat olahraga. Beberapa makanan berkarbohidrat yang bisa kamu konsumsi setelah olahraga adalah ubi, kentang, nasi, oatmeal, buah, dan sayuran hijau.

2. Makanan yang Mengandung Protein

Selain karbohidrat, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi protein setelah olahraga. Ini karena protein bisa membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak saat olahraga. Studi bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi 20-40 gram protein bisa memaksimalkan proses pemulihan setelah olahraga. Kamu bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi telur, keju, yoghurt, salmon, dan tuna setelah olahraga. Kamu bisa mengolahnya sesuai selera kamu dan mengombinasikannya dengan karbohidrat. Misalnya, dengan membuat roti isi telur, roti isi daging, dan lain-lain.

3. Makanan yang Mengandung Sedikit Lemak

Lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah lemak sehat. Ini karena lemak sehat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot setelah olahraga. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat dan kacang-kacangan.

Setelah olahraga, kamu juga akan kehilangan banyak cairan. Itu sebabnya kamu akan merasakan haus setelah berolahraga. Untuk mengatasinya, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih. Namun, sebisa mungkin kamu perlu memberikan jeda untuk minum setidaknya 30 menit setelah berolahraga. Selama berolahraga, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 200-300 mililiter setiap 10-20 menit sekali agar tidak dehidrasi.

Jika kamu punya pertanyaan lain tentang makanan yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga, kamu bisa bertanya ke dokter Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Cukup download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor untuk bisa bertanya pada dokter. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga. (Baca juga: 9 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sebelum Olahraga)