4 Tips Agar Tak Lapar Setelah Olahraga

4 Tips Agar Tak Lapar Setelah Olahraga
OLAHRAGA 11 October 2017

Halodoc, JakartaRasa lapar yang muncul setelah berolahraga wajar terjadi. Energi yang terpakai untuk bergerak serta kalori yang terbakar membuat tubuh kelelahan dan kekurangan tenaga. Jadi perut pun seakan merasa sangat kelaparan seperti tidak mengonsumsi makanan seharian.

Namun kamu mesti berhati-hati, jangan sampai olahraga yang kamu lakukan untuk membakar lemak ini jadi sia-sia karena enggak menjaga pola makan dengan tepat. Setelah berolahraga, sah-sah saja untuk mengonsumsi makanan. Namun kamu perlu mempertimbangkan dengan benar jenis makanan dan kapan sebaiknya kamu mulai makan usai berolahraga. Ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar setelah berolahraga. Yuk, cari tahu berikut ini:

Pertama: Minum Air Putih
Jangan keliru menilai rasa haus yang kamu rasakan sebagai rasa lapar. Faktanya, orang yang meminum 7 gelas air putih dalam sehari bisa mengurangi kalori sebanyak 200 kalori dibandingkan orang yang hanya minum kurang dari satu gelas dalam sehari. Ini diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh Universty of North Calorina di Chapel Hill. Ketika sedang merasa lapar, lebih baik untuk meminum air putih terlebih dahulu. Kemudian beri jeda pada tubuh selama 15 menit sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsi makanan berat atau tidak.

Kedua: Pilih Makanan Sehat
Daging, roti isi, pasta, atau bahkan fast food mungkin menggiurkan ketika rasa lapar muncul. Namun ingat, jangan biarkan usaha kamu berolahraga jadi sia-sia. Sebaiknya pilih makanan sehat dengan porsi yang sedikit agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Misalnya pilih yogurt bebas lemak dengan stroberi, rasanya segar sekaligus manis jadi bisa menambah energi yang sudah terbakar saat olahraga.

Ketiga: Makan Setelah 30 Menit
Lapar boleh menggebu, namun semangat untuk langsung makan sebaiknya dihindari, ya. Setelah olahraga, tubuh butuh “istirahat” sebelum harus bekerja lagi mencerna makanan. Lagipula, menurut penelitian diketahui bahwa orang yang mengonsumsi makanan setelah 15 – 30 menit cenderung makan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kalori yang sudah dibakar saat olahraga. Namun, kalau kamu menunggu hingga 1 jam maka justru dapat membuat “kalap” dan mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih banyak.

Keempat: Olahraga Ringan
Olahraga dengan intensitas tinggi atau berat ternyata bisa membuat tubuh merasa sangat lapar. Menurut penelitian dari University of Ottawa ditemukan bahwa 13 wanita yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi cenderung makan makanan yang jumlah kalorinya hampir sama besar dengan kalori yang sudah dibakar ketika berolahraga. Sedangkan, jika mereka melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki nafsu makan jadi tidak berlebihan.

Jadi, sebelum memulai olahraga sebaiknya perhatikan empat tips di atas, ya. Dengan melakukan tips olahraga yang tepat kamu bisa mengatasi rasa lapar yang biasanya muncul ketika berolahraga. Selain itu, nafsu makan pun jadi lebih bisa diatasi dan tidak berlebihan. Kamu tentu tak ingin kalori yang masuk ke tubuh jadi lebih besar dibandingkan sebelum kamu berolahraga, bukan?

BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DENGAN BERJALAN KAKI
Jika kamu memiliki masalah kesehatan yang perlu dibicarakan dengan dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan Halodoc, kamu bisa langsung bicara dengan dokter dan menghubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

16 August 2018

Skuas termasuk satu di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Cari tahu ma...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Roller sport itu olahraga yang menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bareng anak. Cari tahu manfaat roller spo...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 August 2018

Cacat lahir yang sering dijumpai di Indonesia adalah bibir sumbing atau cleft lip. Simak penjelasan dari Halod...

Selengkapnya