• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh

3 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 Agustus 2022

“Susu kambing ternyata punya sejumlah nutrisi yang lebih unggul susu sapi. Nutrisi-nutrisi di dalamnya mampu mendatangkan beberapa manfaat kesehatan.”

3 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Meski tidak setenar susu sapi, susu kambing ternyata punya manfaat yang tidak kalah bagus. Melansir dari Healthline, kandungan protein dan kalsium susu ini lebih tinggi ketimbang susu sapi. Tidak sampai disitu, susu kambing juga rendah laktosa dan tinggi kandungan prebiotik. 

Fitur lain yang membuat cairan bergizi ini lebih unggul adalah oligosakaridanya. Ini merupakan sejenis karbohidrat yang juga terkandung dalam ASI. Nutrisi tersebut mampu meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga melancarkan pencernaan. 

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

1. Mudah dicerna

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai, atau susu kacang, minuman sehat ini mengandung protein yang lebih tinggi. Bahkan, kandungan proteinnya melebihi susu almond dan susu beras. Karna jumlahnya yang tinggi, jenis susu ini lebih mudah dicerna ketimbang jenis susu lainnya. 

2. Jarang memicu alergi

Sebuah penelitian membuktikan kalau sekitar satu dari empat bayi yang alergi susu sapi tidak alergi terhadap susu kambing. Kalau kamu alergi terhadap susu sapi, minta dokter untuk melakukan pengujian untuk memastikan susu kambing masih bisa ditoleransi.

3. Mengelola tingkat kolesterol

Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa susu ini dapat membantu mengurangi kolesterol di arteri dan kantong empedu. Hal ini bisa menjadi kabar baik untuk pengidap kolesterol tinggi supaya angkanya lebih terkontrol. 

Apa Kekurangan Susu Kambing?

Susu kambing tentu saja punya kekurangan, meski sisi negatifnya tidak terlalu banyak. Misalnya, susu ini masih mengandung laktosa, sama seperti susu sapi. Walaupun lebih mudah dicerna, seseorang yang tidak toleran dengan laktosa tetap perlu mewaspadainya. 

Jenis susu ini juga mengandung kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Mengkonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Maka dari itu, jenis susu ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang sedang berupaya mengurangi asupan kalori. 

Punya pertanyaan lain seputar susu kambing? Kini kamu bisa lho menghubungi ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Tak perlu repot ke rumah sakit, kamu bisa bertanya lebih mendalam dengan ahli melalui smartphone kamu. Tunggu apa lagi, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Goat Milk: Are There Health Benefits?
Healthline. Diakses pada 2022. Goat’s Milk: Is This the Right Milk for You?