Minuman Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Minuman Sehat

Tak hanya makanan bernutrisi, pun disarankan untuk mengonsumsi minuman sehat demi terjaganya kesehatan sekaligus mengurangi risiko mudah terserang penyakit. Seperti yang sudah diketahui, tubuh sebagian besar terdiri dari air, sehingga kebutuhan air dalam tubuh harus selalu terpenuhi, agar sistem metabolisme dan kinerja organ tetap berjalan lancar.

Kendati demikian, bukan sembarang air yang bisa masuk ke dalam tubuh. Utamanya, air yang masuk ke tubuh harus air yang bersih dan sudah di masak, sehingga bebas dari kuman. Tidak hanya itu, air tersebut juga harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, bukan zat -zat yang malah memperberat kinerja organ.

Air putih disebut sebagai salah satu jenis minuman sehat yang paling baik. Ketersediannya di bumi pun melimpah dan pastinya menyediakan segala yang dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali cairan yang hilang. Umat manusia pun telah mengandalkan air putih sebagai satu-satunya minuman mereka selama jutaan tahun. Kemudian muncul susu, bir, anggur, kopi, dan teh. Semuanya memiliki citarasa khas dan pastinya memberikan manfaat pada tubuh.

Saat ini, berbagai jenis minuman pun mulai bermunculan, mulai dari minuman ringan hingga minuman berenergi. Berbagai jenis minuman tersebut hadir menawarkan berbagai macam rasa dan pastinya menghidrasi tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua minuman baik untuk tubuh. Kamu tetap harus membatasi segala jenis minuman tidak sehat demi kesehatan tubuhmu.

Baca juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

 

Berbagai Jenis Minuman Sehat yang Disarankan

Dengan begitu banyaknya pilihan, semua jenis minuman sehat memiliki efek berbeda. Untuk mengklasifikan jenis minuman sehat terbaik, maka para ahli dari Departemen Gizi Kesehatan Sekolah Harvard, mengkaji bukti minuman dan kesehatan dan membuat peringkat kategori minuman ke dalam beberapa level. Tingkatan ini didasarkan pada kalori yang dikirimkan, kontribusi terhadap asupan energi, dan nutrisi di dalamnya.

Berikut ini daftar minuman sehat terbaik menurut American Journal of Clinical Nutrition yang seharusnya lebih sering kamu minum!

1. Air Putih

Air menyediakan satu hal esensial yang dibutuhkan tubuh, yaitu H2O murni. Zat ini mampu memulihkan cairan yang hilang melalui metabolisme, pernapasan, keringat, dan pembuangan limbah. Air putih adalah minuman yang sempurna untuk memuaskan dahaga dan menyegarkan kembali sistem tubuhmu, sehingga wajar saja para ahli menyarankan agar kamu lebih sering minum air putih. Namun, jumlah yang kamu butuhkan tergantung pada seberapa banyak kamu makan, kondisi cuaca, dan seberapa aktif kamu berkegiatan. Adapun saran nutrisi yang sering diulang adalah "minum delapan gelas air setiap hari," yang sudah menjadi panduan terbaik untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan cairan seseorang.

2. Teh dan Kopi

Setelah air, teh dan kopi adalah dua minuman yang paling sering dikonsumsi di planet ini. Teh dan kopi murni (sebelum diberi gula) adalah minuman bebas kalori yang dipenuhi dengan antioksidan, flavonoid, dan zat aktif biologis lainnya yang baik untuk kesehatan. Teh hijau, terutama varietas kuat yang disajikan di Jepang, telah mendapat perhatian karena potensinya dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sementara itu, kopi dapat membantu melindungi dari diabetes tipe 2. Namun, jika kamu masih menginginkan manfaat optimal dari dua minuman ini, kurangi penambahan gula dan zat lain yang kurang sehat.

3. Susu

Terdapat tiga jenis susu yang tergolong dalam minuman sehat dan sangat disarankan untuk lebih sering dikonsumsi. Jenis susu tersebut antara lain susu rendah lemak, susu skim, dan susu kedelai. Untuk anak-anak, susu adalah sumber utama kalsium dan vitamin D. Susu kedelai yang diperkaya adalah sumber alternatif kalsium dan vitamin D yang baik bagi mereka yang memilih untuk tidak minum susu sapi atau alergi akan susu sapi. Keduanya juga merupakan sumber protein dan mikronutrien penting lainnya. Namun, bukan berarti kamu dapat mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Bagi orang dewasa, sebaiknya membatasi susu (dan semua produk susu) menjadi satu atau dua gelas sehari.

4. Minuman Kalori dengan Kandungan Nutrisi

Kategori ini mencakup jus buah, jus sayuran, susu murni, minuman olahraga, dan air yang mengandung vitamin. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jus buah seratus persen memiliki sebagian besar nutrisi buah itu sendiri, tetapi biasanya memberikan lebih banyak energi. Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan tidak lebih dari satu porsi (4 ons) jus buah 100% sebagai bagian dari asupan buah harian.

Baca juga: Ikuti 8 Tips Ini Supaya Rajin Minum Air Putih

Smoothie buah biasanya sangat tinggi kalori, dan karenanya tidak direkomendasikan sebagai minuman harian. Jus sayuran adalah alternatif kalori yang lebih rendah daripada jus buah, tetapi mungkin mengandung banyak natrium. Minuman olahraga memiliki kalori lebih sedikit daripada minuman ringan, dan menawarkan sedikit natrium, klorida, dan kalium. Mereka tidak dibutuhkan oleh orang biasa. Satu-satunya orang yang benar-benar membutuhkannya adalah atlet yang berolahraga selama lebih dari satu jam dalam peregangan dan banyak berkeringat.

 

Referensi:
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2019. Healthy Beverage Guidelines.

Diperbarui pada 12 September 2019