29 December 2017

3 Masalah Kulit Bayi yang Umum Terjadi & Cara Penanganannya

3 Masalah Kulit Bayi yang Umum Terjadi & Cara Penanganannya

Halodoc, Jakarta – Dalam mengurus buah hati apalagi yang masih bayi tidak bisa dibilang mudah. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah soal kebersihannya untuk menghindari masalah kulit bayi. Sebenarnya kulit bayi yang baru lahir memang mudah mengalami ruam dan masalah kulit lainnya. Namun ibu tidak perlu khawatir, karena biasanya sebagian besar ruam tersebut tidak berbahaya.

Biasanya rasa gatal pada kulit si kecil akan membuatnya menggaruk secara refleks dan bahkan bisa  membuat kulitnya menjadi lecet. Untuk itu, ibu harus mengetahui apa penyebab masalah pada kulit bayi dan cara penanganannya. Berikut 3 masalah pada kulit bayi yang biasanya terjadi dan cara mengatasinya:

Munculnya Jerawat

Tentunya jerawat pada bayi berbeda dengan yang terjadi pada kulit remaja dan orang dewasa. Jerawat pada bayi didefinisikan sebagai benjolan merah kecil atau jerawat yang berkembang di wajah atau tubuh (biasanya punggung) si kecil. Sebenarnya jerawat pada bayi adalah kondisi umum yang sering terjadi. Meski demikian, penyebab masalah kulit bayi ini masih belum diketahui secara pasti.

Biasanya untuk menangani masalah kulit bayi ini, perlunya dilakukan pemberian krim atau salep dari dokter untuk membantu membersihkan jerawat pada bayi ibu. Hindari pemberian obat jerawat, sabun cuci muka, dan lotion tanpa ada saran dari dokter untuk menghindari masalah jerawat makin parah. Selain itu, kulit si kecil juga masih sangat sensitif, sehingga ibu harus sangat hati-hati agar tidak memunculkan masalah kulit lainnya. Untuk mencegah datangnya jerawat pada si kecil, sebaiknya gunakan sabun khusus untuk buah hati yang mengandung antioksidan, vitamin A, dan C. Hal ini dikarenakan antioksidan bisa membantu melawan penyakit kulit, seperti jerawat pada si kecil. Sementara vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulitnya.

Biang Keringat

Biang keringat merupakan ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman seperti menyengat atau perih. Biang keringat bisa muncul di bagian mana saja pada tubuh seseorang, namun pada umumnya muncul di area leher, wajah, punggung, dada, atau paha. Masalah kulit bayi yang satu ini biasanya muncul beberapa hari setelah terpapar suhu panas. Biang keringat biasanya muncul pada tubuh bayi dan anak-anak, karena kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya berkembang.

Bila si kecil mengalami biang keringat, ibu bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti menggunakan baju yang longgar pada buah hati, gunakan handuk berbahan katun untuk menyerap keringatnya, mandikan si kecil dengan air hangat, pindahkan si kecil ke tempat yang lebih teduh atau sejuk, dan gunakan bedak yang mengandung Witch Hazel dan Calamine untuk bayi ibu. Hal ini dikarenakan Witch Hazel berguna untuk kulit yang tengah mengalami gatal-gatal, luka akibat gigitan serangga, memar, inflamasi atau pembengkakan, dan iritasi kulit lainnya. Sedangkan Calamine bersifat menenangkan dan melindungi kulit dari iritasi kulit ringan, seperti biang keringat. Tentunya bila ibu mengaplikasikan bedak ini ke buah hati, kulit bayi ibu akan terbebas dari iritasi biang keringat.

Ruam Popok

Masalah kulit bayi selanjutnya adalah ruam popok yang menyebabkan kulit berwarna merah pada area popok tersebut. Ruam popok disebabkan karena adanya gesekan kulit si kecil yang sensitif dengan popok yang sudah basah. Ruam popok juga bisa disebabkan karena jamur dan alergi (terhadap tisu, popok, deterjen, sabun, losion). Biasanya ruam popok terjadi pada bayi dan anak-anak yang usianya di bawah usia 2 tahun. Cara mengatasinya yakni kulit si buah hati harus dibersihkan menggunakan sabun khusus bayi dengan kandungan kimia yang sangat ringan dan jangan menggosok kulitnya karena bisa membuatnya iritasi. Ibu juga harus sering mengganti popoknya agar kulitnya tetap kering dan bersih. Hindari pula penggunaan tisu yang mengandung alkohol atau pewangi untuk membersihkan kulit si kecil. Bisa juga menggunakan krim khusus untuk si kecil yang yang memiliki kandungan Zinc Oxide, Allantoin, dan juga Witch Hazel. Zinc Oxide berguna untuk untuk mengobati dan mencegah ruam popok, sedangkan Allantoin dan Witch Hazel juga dipercaya bisa mengobati ruam popok pada si kecil dan iritasi kulit ringan lainnya.

Tentunya merawat kulit bayi dibutuhkan kehati-hatian, karena kulitnya yang masih sensitif. Bila kamu memiliki pertanyaan tentang masalah kulit bayi dan cara penanganannya, ada baiknya ibu segera menanyakannya pada dokter anak yang ada di Halodoc. Ribuan dokter ahli yang terpercaya di Halodoc akan siap sedia membantu ibu untuk memberikan informasi penanganan terkait masalah si kecil di mana saja melalui metode chat maupun voice/video call. Ibu juga bisa membeli suplemen atau vitamin dalam aplikasi Halodoc melalui menu Pharmacy Delivery yang akan sampai dalam waktu 1 jam. Download sekarang juga aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store untuk menggunakannya.

BACA JUGA: Wajib Tahu! 6 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir