10 December 2018

4 Bahan Ini Bisa Atasi Ruam Popok pada Si Kecil

4 Bahan Ini Bisa Atasi Ruam Popok pada Si Kecil

Halodoc, Jakarta - Ruam popok adalah hal yang umum terjadi pada bayi dan terjadi jika popok bayi terus dibiarkan basah, kotor, dan tertutup sepanjang hari. Orang dewasa saja pasti merasa tidak nyaman saat celana mereka basah, dan segera mengganti celana mereka saat tiba-tiba celana menjadi basah. Hal ini juga berlaku pada bayi, kondisi popok yang tidak nyaman terus dibiarkan maka akan membuat bayi rewel.

Ruam popok adalah ruam kemerahan bergelombang yang biasanya ditemukan di area pemakaian popok, tetapi dapat juga menyebar ke kaki atau punggung. Banyak hal yang dapat menyebabkan ruam popok, tetapi hal utamanya adalah kondisi kulit bayi yang sensitif, terutama dalam beberapa minggu dan bulan pertama kelahiran. Ruam popok muncul karena kombinasi antara kulit sensitif, urine, dan lecet akibat penggunaan popok. Untungnya, perawatan ruam popok mudah dilakukan di rumah. Ini beberapa hal yang bisa bantu mengatasi hal ini pada bayi:

ASI

Ini merupakan cara mudah pertama yang dapat mengobati ruam popok. ASI menjadi pilihan tepat untuk mengatasi kondisi ini karena semua tahu ASI mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Potensi ini yang dimanfaatkan untuk menyembuhkan ruam popok juga. Ibu hanya perlu mengoleskan beberapa tetes ASI ke area yang luka dan biarkan sebentar hingga mengering.

Minyak Kelapa

Seperti halnya ASI, minyak kelapa bisa dijadikan bahan paling aman untuk mengatasi ruam pada bayi. Minyak kelapa dipilih karena kandungan lemak jenuh di dalamnya membantu dan menjaga agar kulit bayi selalu lembut dan lembap. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang membantu mengobati ruam. Gunakan setengah sendok makan minyak kelapa murni dan oleskan dengan lembut pada area ruam. Lakukan sekali atau dua kali perhari.

Soda Kue

Bahan ini dikenal sebagai natrium bikarbonat. Soda kue juga tidak hanya memiliki fungsi untuk menetralisir asam dengan sifat dasarnya tetapi juga mampu menyeimbangkan pH kulit bayi. Hal ini dapat membantu memerangi mikroba seperti bakteri dan jamur yang merupakan penyebab umum ruam popok. Kamu dapat menambahkan 2 sendok makan soda kue ke dalam 4 cangkir air hangat, gunakan untuk mencuci area yang terkena ruam dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan hal ini cukup sekali sehari.

Yoghurt

Bahan ini dikenal sebagai bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi dan probiotik alami serta efektif mengatasi berbagai infeksi jamur dan mikroba. Sifat-sifat ini membuatnya menjadi obat rumah yang bagus untuk mengobati ruam popok. Jika bayi sudah bisa konsumsi makan yang lebih padat, berikan sedikit yoghurt untuk dikonsumsi setiap hari. Sementara jika bayi masih terlalu kecil, oleskan yoghurt dengan lapisan yang agak tebal pada area yang luka.

Gel Lidah Buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa. Gel lidah buaya menenangkan kulit bayi yang terkena iritasi. Bahan alami ini memiliki sifat antimikroba yang membunuh bakteri penyebab ruam popok. Ambil beberapa gel lidah buaya di ujung jari dan oleskan pada daerah yang luka. Kamu bisa menggunakan 2 hingga 3 kali per hari.

Kamu bisa melakukan tanya jawab pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang bahan alami yang baik untuk dioleskan pada kulit bayi. Kamu juga bisa membeli krim menurut saran dokter di aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.

Baca Juga: