05 February 2018

4 Beladiri yang Bermanfaat untuk Perempuan

4 Beladiri yang Bermanfaat untuk Perempuan

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya khusus untuk laki-laki, bela diri juga bisa dipelajari dan dilakukan oleh para perempuan, lho. Apalagi sekarang ini tingkat kejahatan semakin tinggi, jadi perempuan juga perlu belajar bela diri agar mampu melindungi diri dari berbagai macam kejahatan yang mungkin saja terjadi.

Gerakan beladiri yang cukup kasar dan macho, membuat olahraga ini mayoritas dilakukan oleh para laki-laki. Meskipun begitu, tidak ada larangan bagi para perempuan untuk ikut belajar jenis olahraga ini, kok. Malah beladiri dapat memberi banyak manfaat baik untuk perempuan, mulai dari segi kesehatan, kecantikan, dan keamanan diri. Berikut adalah 7 macam bela diri yang aman dilakukan perempuan:

1. Muay Thai

Kalau kamu sedang mencari jenis bela diri yang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, muay thai adalah bela diri yang tepat untuk kamu. Olahraga yang berasal dari Thailand ini membuat hampir seluruh bagian tubuhmu bergerak, sehingga hanya dalam satu kali latihan saja, kamu sudah bisa membakar sekitar 800 hingga 1200 kalori dalam tubuh. Selain itu, muay thai juga akan mengajarkanmu teknik-teknik bela diri seperti pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut yang sangat berguna untuk melawan musuh atau pelaku kejahatan. Saat ini, sudah banyak perempuan di Indonesia yang mulai menggeluti bela diri ini lho. (Baca juga: Manfaat Berlatih Muay Thai Untuk Wanita)

Manfaat: Jika bela diri ini dilakukan secara rutin, maka tubuh pun akan terasa lebih stabil, konsentrasi meningkat, dan refleks serta elastisitas siku, lutut, tangan dan kaki terlatih lebih cepat, sehingga kamu tidak perlu takut lagi jika harus pulang malam.

2. Kick Boxing

Seperti yang sudah bisa diketahui namanya, kick boxing adalah olahraga yang berguna untuk pertahanan diri yang berfokus pada tendangan cepat dan juga pukulan. Gerakannya yang meliputi meninju dan menendang samsak sangat efektif untuk mengencangkan lengan dan betismu. Dengan berlatih kick boxing, kamu bisa menangkis serangan musuh yang memiliki pisau atau senjata tajam di tangannya dengan tendangan cepat.  

Manfaat: Kamu pastinya ingin punya bentuk tubuh yang indah kan. Nah, berlatih kick boxing secara rutin dapat membantu membentuk bagian lengan, otot perut, paha, dan betis agar terlihat lebih kencang. Kick boxing juga dapat meningkatkan refleks tubuh sehingga kamu dapat bergerak sigap ketika ada orang yang menyerang kamu secara tiba-tiba.

3. Wing Chun

Kalau kamu pernah menonton film “IP Man”, kamu pasti familiar dengan jenis beladiri ini. Wing chun juga termasuk beladiri yang cocok dilakukan oleh perempuan. Karena dikembangkan oleh seorang biksu perempuan, maka banyak gerakan wing chun yang sangat mudah dilakukan oleh para perempuan. Dengan berlatih wing chun, kamu bisa melumpuhkan lawan tanpa harus mengandalkan tenaga yang besar. Selain itu, jurus-jurusnya juga cocok untuk pertarungan jarak dekat, sehingga tindak kejahatan yang biasanya terjadi di tempat-tempat sempit, seperti di dalam angkot, bis, atau bahkan di dalam rumah sendiri pun bisa kamu atasi.

Manfaat: Gerakan-gerakan wing chun yang lembut ternyata dapat meningkatkan tenaga dalam yang dapat membantu merekonstruksi kembali sel-sel tubuh yang lemah. Berlatih wing chun pun sangat baik untuk kesehatan mental, karena dapat mengurangi stres dan meningkatkan kekuatan pikiran.

4. Taekwondo

Nah, kalau jenis bela diri ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Taekwondo yang berasal dari Korea ini merupakan salah satu pilihan seni bela diri yang patut dicoba oleh para perempuan. Dengan belajar taekwondo, kamu akan diajari teknik menendang, meninju, dan mengunci anggota tubuh lawan, sehingga sangat berguna untuk melindungi diri dari orang jahat.

Manfaat: Taekwondo baik untuk melatih reflek dan kekuatan tubuh melalui gerakan-gerakannya, seperti sikap kuda-kuda meninju dan menendang.

Nah, itulah beberapa pilihan bela diri yang bermanfaat yang bisa kamu coba. Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Test yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.