Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita
OLAHRAGA 29 December 2017

Halodoc, Jakarta – Muay thai atau yang biasa disebut juga dengan thai boxing merupakan olahraga yang sedang digandrungi banyak orang, tidak hanya oleh pria, tapi juga wanita. Walaupun tergolong olahraga yang sangat “macho” karena terdapat unsur bela diri, namun muay thai terbukti efektif untuk menurunkan berat badan, sehingga banyak wanita yang tertarik melakukannya. Yuk ketahui manfaat berlatih muay thai lainnya untuk wanita.

Olahraga muay thai merupakan seni bela diri yang berasal dari Thailand yang sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Awalnya seni bela diri ini identik dengan kekerasan, namun sekarang teknik-teknik muay thai sudah dibuat jauh lebih aman untuk dilakukan sebagai olahraga yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Muay thai juga sudah berkembang dan mulai mengusung teknik body shaping yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sehingga tidak heran jika banyak wanita tertarik untuk mencoba jenis olahraga ini.

Olahraga muay thai menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot. Teknik-teknik bela diri yang digunakan meliputi pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut, sehingga pada saat berlatih, tanpa sadar semua bagian tubuhmu bergerak. Gerakan-gerakan seperti memutar tubuh, menyerang dengan sikut dan menendang dapat mengencangkan dan membakar lemak pada tubuh. Jika muay thai dilakukan secara rutin, maka bukan tidak mungkin tubuhmu akan menjadi lebih ramping dan kencang. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, kamu disarankan untuk berlatih minimal dua kali dalam seminggu. Tidak hanya menurunkan berat badan, berlatih muay thai juga memberi banyak manfaat lainnya lho untuk wanita:

  • Meningkatkan Stamina

Ketika awal-awal berlatih muay thai, mungkin kamu akan merasa kelelahan karena jenis olahraga ini memang sangat menguras tenaga dan menekankan pada kekuatan tubuhmu. Namun, jika kamu rutin berlatih Muay Thai, maka stamina tubuhmu akan meningkat dan kamu pun akan jadi lebih kuat.

  • Memperkuat Otot Tubuh

Tidak hanya membakar kalori dan membuat berat badanmu berkurang, tapi berlatih muay thai juga dapat memperkuat otot-otot di seluruh batang tubuhmu, termasuk otot perut. Gerakan menonjok, menyikut dan menendang akan meningkatkan kekuatan otot-otot dan mengencangkan hampir semua bagian tubuh.

  • Merampingkan Pinggul

Saat kamu melakukan gerakan menendang dan menyerang dengan lutut, bagian pinggulmu pun akan terlatih, sehingga pinggul akan jadi lebih fleksibel dan juga ramping.

  • Menghilangkan Stres

Berlatih muay thai ternyata dapat menghilangkan stres lho. Kamu bisa meluapkan emosi dan beban pikiran setelah beraktivitas seharian melalui gerakan memukul dan menendang pada saat berlatih muay thai.

  • Dapat Digunakan Untuk Melindungi Diri

Teknik bela diri yang diajarkan dalam Muay Thai juga bisa kamu gunakan untuk melindungi diri. Refleks dan kewaspadaan dirimu pun akan meningkat dengan berlatih muay thai.

Nah, apakah kamu tertarik mencoba jenis olahraga ini? Namun, kamu tetap perlu berhati-hati pada saat berlatih muay thai agar tidak cedera. Lakukanlah pemanasan sebelum berlatih dan gunakan pelindung, seperti helm dan sarung tinju agar lebih aman. Jika kamu sering mengalami gangguan kesehatan ketika sedang berolahraga, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter dan ceritakan tentang kondisi kesehatanmu melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Halodoc juga memudahkanmu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang kamu butuhkan. Caranya sangat mudah, kamu tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

KECANTIKAN

19 July 2018

Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah, kerap kali membuat penampilan jadi tak menarik....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Meski rasanya lezat, camilan dalam kemasan dapat membahayakan tubuh. Antara lain: mengganggu tekanan darah, gu...

Selengkapnya