Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Mei 2023
Manfaat Berlatih Muay Thai untuk WanitaManfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

“Latihan muay thai pada wanita mampu memberikan banyak manfaat kesehatan. Contohnya menjaga berat badan stabil, menurunkan stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan kesehatan jantung.”

Halodoc, Jakarta – Melakukan olahraga bela diri seperti karate, kungfu, wushu, taekwondo, dan muay thai tidak hanya bertujuan untuk melindungi diri ataupun kompetisi, tetapi juga menyehatkan tubuh. 

Sebagai olahraga bela diri, muay thai memiliki peminat khusus, terutama wanita. Soalnya, olahraga ini dapat menunjang rasa percaya diri, menemukan circle yang positif, dan menurunkan berat badan.


Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada olahraga ini dapat membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaatnya secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh: 




1. Melatih kekuatan otot kaki

Menendang dan gerakan kaki yang lain menjadi gerakan paling utama dalam seni bela diri muay thai. Roundhouse kick adalah salah satu gerakan yang jadi andalan, dilakukan dengan menendang berputar membentuk setengah lingkaran menggunakan kaki bagian depan. 

Selain mengajarkan kamu bagaimana cara menendang yang baik, gerakan ini juga bisa membantu menguatkan otot tubuh pada bagian bawah. Jika kamu melakukannya dengan rutin, kekuatan, daya tahan, dan kelincahan otot kaki serta betis pun akan menjadi lebih baik lagi


2. Meningkatkan kelenturan pinggul

Gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut akan membantu melatih kelenturan bagian pinggul. Tentunya, mempunyai pinggul yang ramping dan sehat akan memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh lainnya. Inilah mengapa tak sedikit wanita yang memilih melakukan olahraga muay thai ketimbang olahraga bela diri lainnya. 

Pastikan kamu melakukan peregangan otot pinggul dan pemanasan sebelum berlatih sehingga terhindar dari risiko cedera. Sesekali, kamu bisa melakukan gerakan memijat pada area tersebut untuk membantu melancarkan peredaran darah.


3. Menyehatkan jantung

Pada umumnya jenis olahraga yang dapat memacu jantung dapat menyehatkan jantung. Biasanya, sebelum sampai ke latihan teknik, kamu akan melakukan satu jam kardio.

Kardio ini bisa meliputi lari, skipping, burpee, jumping jack dan lain sebagainya. Nah, jenis olahraga tersebut bekerja efektif melatih kinerja jantung. Jantung yang sehat dapat membuat hidupmu lebih berkualitas. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, disebutkan olahraga kardiovaskular dapat menyehatkan jantung. Latihan fisik yang memacu kerja jantung, ditandai dengan debaran kencang, dapat meningkatkan performa jantung yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu saja, jantung yang sehat juga berdampak pada fisik yang kuat dan tidak mudah lelah.


4. Membantu menurunkan berat badan

Pada dasarnya setiap olahraga yang kamu lakukan termasuk muay thai, bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab, gerakan dalam bela diri ini membuat hampir semua anggota tubuhmu bergerak, dan membantu meningkatkan daya tahan pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan. 

Gerakan seperti pukulan, menendang, serangan menggunakan lutut maupun siku yang dilakukan, jika dipadukan dengan peregangan dan pemanasan yang tepat, maka akan membakar lemak dan kalori dalam tubuh. 

Selain olahraga, kamu perlu melakukan perubahan pola makan untuk membantu menurunkan berat badan. Baca artikel Ini Menu Diet Sehat 30 Hari untuk Turunkan Berat Badan untuk rekomendasi pengaturan menu makanan sehat.


5. Mengurangi stres

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres adalah berolahraga. Meluangkan waktu untuk berolahraga muay thai dapat menurunkan stres, membangkitkan suasana hati, dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Secara spesifik jurnal ilmiah berjudul Muay Thai, Psychological Well-Being, and Cultivation of Combat-Relevant Affordances, menjelaskan bahwa muay thai memberikan manfaat signifikan terhadap penurunan level stres. 

Penjelasannya adalah gerakan muay thai yang mendorong orang untuk melepaskan emosi negatif, membuang kemarahan, serta pencapaian akan penguasaan gerakan yang memberikan sensasi positif dan mengurangi kegelisahan.


6. Melatih kemampuan berpikir

Ketika kamu bertanding dan menghadapi lawan, kamu harus memikirkan banyak strategi untuk menyerang sekaligus apa rencana yang digunakan lawan. Jadi, rutin berlatih muay thai tanpa disadari akan membantu melatih kecepatan dalam berpikir untuk memecahkan permasalahan. 


7. Membangun rasa percaya diri

Olahraga ini dapat membangun rasa percaya diri. Pasalnya, setiap gerakan pada seni bela diri asal Thailand ini mengandung unsur pertahanan dan menyerang lawan. Berbekal olahraga bela diri semacam ini dapat membangun rasa percaya diri dan lebih berani untuk menghadapi dunia luar yang keras dan tough.


8. Menemukan circle positif

Besar kemungkinan dengan menjalani olahraga muay thai kamu dapat menemukan circle yang lebih positif. Pertemanan baru yang sama-sama suka olahraga dapat membantu membangun mood ceria, peluang-peluang baru, dan hubungan pertemanan yang sehat. 


9. Tidak gampang lelah

Rutin melakukan latihan fisik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Muay thai sebagai salah satu bentuk olahraga dengan latihan intensitas sedang dapat membuat tubuh secara perlahan mencapai kemampuan maksimalnya. Jika fisikmu terbiasa dilatih dengan rangkaian tertentu, kamu menjadi lebih tangkas dan tidak mudah capek.


10. Melatih koordinasi tubuh

Pada beberapa gerakan dalam seni bela diri ini, kamu akan dilatih untuk memadupadankan beberapa gerakan sekaligus. Secara tidak langsung ini dapat melatih koordinasi tubuh.

Itulah sebabnya mengapa orang yang rutin menjalani muay thai dan olahraga koordinasi sejenis memiliki koordinasi yang lebih baik ketimbang yang tidak.


11. Menantang batas kemampuan

Latihan ini akan menyadarkan dirimu bahwa kamu bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk dilakukan. Contohnya, latihan kardio yang intens sebagai bagian dari pemanasan sebelum padding

Kemudian padding selama lebih kurang 3 menit akan membuat kamu sadar kalau ternyata kamu bisa melakukan hal-hal yang luar biasa. 


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Olahraga Muay Thai

Kamu perlu tahu juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukannya, seperti:

  • Memilih tempat latihan yang aman dan nyaman, juga menjadi hal yang penting diperhatikan. Pastikan kalau camp yang kamu pilih juga memiliki peserta wanitanya juga. Setidaknya kalau ada teman-teman wanitanya, kamu bisa jadi lebih bersemangat dan merasa lebih nyaman.
  • Informasikan kondisi kesehatanmu kepada pelatih. Sebab, ada beberapa gerakan yang mungkin tidak cocok untuk gangguan kesehatan tertentu. Misalnya kamu baru mengalami luka atau cedera, itu berarti kamu tidak bisa melakukan peregangan berlebihan atau menerima pukulan.
  • Jangan memaksakan diri ketika latihan, terutama bila kamu belum terbiasa dengan olahraga berat. Walaupun fun, muay thai termasuk olahraga berat. Pastikan kamu mengikuti latihan ini sesuai dengan kapasitasmu.
  • Jangan mengonsumsi makanan berat satu jam sebelum latihan. Ini hanya akan membuatmu mual dan memicu muntah. Makan sebelum latihan juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membatasi latihanmu.
  • Disiplin dan setia dengan latihanmu. Jangan berharap kamu bisa mendapatkan perubahan kalau hanya melakukan latihan setengah-setengah. 

Untuk kamu yang susah untuk membangun kebiasaan sehat seperti olahraga rutin simak artikel 8 Tips Supaya Lebih Konsisten Olahraga ini, ya! Jika ada pertanyaan soal ini atau soal kesehatan lainnya, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter di Halodoc!




Apa Bedanya Kickboxing dan Muay Thai?

Walaupun memiliki gerakan yang cenderung sama, tapi ada perbedaan antara dua olahraga bela diri ini. Berikut adalah perbedaannya:

1. Sistem penilaian

Dalam pertandingan, penilaian yang diberikan untuk kickboxing hanya melibatkan penggunaan tendangan dan pukulan. Sedangkan pada muay thai tidak hanya melibatkan penggunaan tendangan dan pukulan, melainkan juga siku dan lutut.

2. Taktik dan teknik

Walaupun pada dasarnya kedua olahraga ini sama-sama membutuhkan taktik dan teknik, tapi pada muay thai esensi taktik dan kesabaran mengalahkan teknik. Muay thai merupakan olahraga dari Thailand yang menerapkan awareness dalam setiap gerakannya.

3. Area yang boleh ditendang

Dalam muay thai, sangat jarang seorang petarung menendang dengan kaki atau tulang kering bawah. Sedangkan di kickboxing, petarung diperbolehkan untuk menerapkan berbagai tendangan termasuk menggunakan kaki, tulang kering tengah dan tulang kering bawah. 

4. Cara petarung bergerak

Para petarung di muay thai hampir selalu bergerak maju, sampai lawan memberi celah sehingga bisa melakukan gerakan agresif.  Untuk kickboxing sendiri pergerakannya cenderung sedikit lebih cair dan defensif dibandingkan dengan pergerakan petarung muay thai. 


Selain kickboxing, ada juga olahraga boxing yang punya sedikit kesamaan dengan muay thai. Seperti apa olahraga boxing dan manfaatnya? Baca penjelasannya di artikel 5 Manfaat Olahraga Boxing bagi Tubuh.



Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2023. Is Muay Thai a Good Workout? Here’s What You Need to Know.
Healthline. Diakses pada 2023. Kickboxing Benefits: Improved Heart Health, Weight Loss, and More.
Yokkao.com. Diakses pada 2023. The Benefits of Muay Thai for Women.
Torontostrikingacademy.com. Diakses pada 2023. 4 Reasons Women Should Practice Muay Thai Today.
Muaythaicitizen.com. Diakses pada 2023. Benefits of Muay Thai for Women.
Oneshotmma.com. Diakses pada 2023. Is Muay Thai Good For Women? 9 Things To Consider.
American Heart Association. Diakses pada 2023. Importance of Assessing Cardiorespiratory Fitness in Clinical Practice: A Case for Fitness as a Clinical Vital Sign: A Scientific Statement From the American Heart Association.
Abbott.com. Diakses pada 2023. Cardiovascular Fitness: What It Means to Your Heart Health.
Multidisciplinary Digital Publishing Institute. Diakses pada 2023. Muay Thai, Psychological Well-Being, and Cultivation of Combat-Relevant Affordances.
Psychological Well-Being, and Cultivation of Combat-Relevant Affordances.
Roninathletics.com. Diakses pada 2023. Is Kickboxing and Muay Thai The Same?








Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan