13 September 2018

4 Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Anak

gaya hidup sehat anak, kesehatan anak, kebiasaan hidup sehat pada anak

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya orang dewasa saja yang perlu melakukan gaya hidup sehat. Nyatanya, ibu juga perlu untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat pada anak. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika mengajak anak untuk melakukan gaya hidup sehat sejak dini. Mengajarkan anak memiliki gaya hidup sehat sejak dini nyatanya dapat meningkatkan kualitas hidup anak dan merupakan investasi jangka panjang.

Dengan melakukan gaya hidup sehat anak sejak dini, tentu kesehatan anak pun akan lebih terjaga saat dia menginjak usia dewasa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk membiasakan anak melakukan gaya hidup sehat sejak dini.

1. Ajak Anak untuk Melakukan Olahraga Kesukaannya

Ajaklah anak untuk beraktivitas di luar ruangan. Salah satunya dengan mengajak anak melakukan olahraga. Biarkan anak untuk memilih olahraga apa yang dia inginkan. Dengan begitu, kegiatan olahraga akan terasa menyenangkan sekaligus menjadi kebiasaan hidup sehat pada anak. Sebaiknya orangtua juga ikut melakukan olahraga yang anak inginkan, karena dengan begitu anak akan mencontoh perilaku positif yang dilakukan oleh orangtuanya. Anak-anak yang kurang aktif akan memiliki risiko obesitas. Tidak hanya itu, biasanya anak yang kurang dengan aktivitas fisik akan memiliki semangat yang rendah dan menurunnya prestasi akademik.

2. Ajarkan Anak untuk Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Biasanya, anak-anak akan sulit untuk mengonsumsi buah dan sayuran karena berbagai alasan. Beberapa alasan seperti rasanya tidak enak atau bentuknya yang tidak unik. Namun, ada banyak cara yang bisa ibu lakukan agar Si Kecil mau mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup. Ibu bisa membuat buah dan sayuran dalam bentuk jus atau mengajak anak saat berbelanja sayuran dan buah. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari nyatanya akan membantu anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam buah bisa membuat Si Kecil terhindar dari risiko penyakit. Selain itu, kesehatan Si Kecil akan selalu terjaga.

3. Biasakan Anak untuk Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Air putih nyatanya juga memiliki banyak manfaat bagi anak. Air putih yang bebas akan gula dan kalori merupakan pilihan paling sehat untuk memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Dengan mengonsumsi air putih, maka akan mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung kalori tinggi. Selain itu, air putih dapat membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan feses.

4. Ajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Tidak hanya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, nyatanya mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga menjadi salah satu cara untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat pada anak. Ajarkan anak untuk rajin membersihkan diri dari hal yang paling kecil, misalnya mencuci tangan dan juga menggosok gigi. Latih anak juga untuk selalu membereskan mainannya setelah selesai bermain.

Banyak hal yang bisa ibu lakukan untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada anak. Latih anak secara perlahan, agar anak tidak merasa terpaksa saat melakukan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat nyatanya akan menjaga kesehatan anak ke depannya. Jika ibu memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, ibu bisa konsultasikan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc lewat fitur Chat atau Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: