• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

4 Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Selain menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan tidak merokok, diet juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Peradangan, tekanan darah, kolesterol dan faktor risiko penyakit jantung lainnya bisa dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi.

Pada dasarnya, diet tinggi serat, lemak sehat, dan antioksidan terbukti membantu mendukung kesehatan jantung, sementara pola makan yang tinggi gula tambahan dan daging olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Jenis Diet yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Banyak jenis diet yang mengklaim mampu mendukung kesehatan jantung. Meski begitu, penting untuk memilih jenis diet yang sudah didukung oleh bukti ilmiah dan mudah dipertahankan dalam jangka panjang. Berikut jenis diet yang baik untuk kesehatan jantung:

1.Diet Mediterania

Diet mediterania didasarkan pada pola makan orang-orang Yunani dan Italia Selatan pada zaman dulu. Secara umum, diet ini menekankan pada konsumsi makanan utuh yang diproses seminimal mungkin, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, polong-polongan, ikan, dan minyak zaitun ekstra virgin.

Selain itu, makanan seperti unggas, telur, produk susu rendah lemak dan anggur merah juga boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang. Sementara makanan dengan gula tambahan yang tinggi, karbohidrat olahan, makanan ringan yang diproses dan daging merah olahan perlu dibatasi atau dihindari sama sekali.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa diet Mediterania bisa menurunkan risiko penyakit jantung, serta faktor risiko penyakit jantung seperti kadar kolesterol dan trigliserida tinggi, obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Manfaat diet mediterania untuk jantung diperkirakan karena metode diet tersebut yang menekankan pada makanan nabati yang utuh dan diproses secara minimal, serta lemak sehat.

Baca juga: Kenalan dengan Menu Lezat ala Diet Mediterania

2.Diet DASH

DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension dirancang untuk membantu mencegah dan mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pada gilirannya, diet ini juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Mirip diet Mediterania, diet DASH merekomendasikan jumlah kelompok makanan tertentu berdasarkan kebutuhan kalori kamu, dengan fokus pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak sambil membatasi daging merah, biji-bijian olahan, dan gula tambahan.

Dengan pola makan tersebut, diet DASH dipercaya mendukung kesehatan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet DASH bisa mengurangi faktor risiko jantung, seperti tekanan darah, obesitas, kadar kolesterol, dan resistensi insulin.

3.Diet Vegan dan Vegetarian

Diet vegan dan vegetarian adalah pola makan yang menghilangkan semua daging, termasuk unggas, daging merah, dan ikan. Sementara beberapa vegetarian masih memasukkan sumber produk hewani lainnya, seperti telur dan produk susu, vegan secara ketat menghindari bahan makanan yang diturunkan dari hewani, seperti susu, telur, serbuk sari lebah, madu, dan gelatin.

Diet ini menekankan pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak dan lemak nabati. Proporsi makanan nabati yang tinggi ini membuat diet vegan dan vegetarian dapat memberikan asupan serat yang tinggi, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi yang membantu kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi produk kedelai utuh seperti tahu, secara teratur juga bermanfaat bagi jantung.

Baca juga: Tips untuk Memulai Diet Vegetarian

4.Diet Flexitarian

Dicetuskan oleh ahli diet Dawn Jackson Blatner, diet flexitarian adalah pola makan yang berfokus pada makanan nabati, tapi masih memperbolehkan daging, ikan, susu dan produk hewani lainnya dalam jumlah sedang. Diet ini juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan utuh yang diproses minimal dan membatasi atau menghindari tambahan gula, daging olahan dan makanan olahan lainnya.

Studi observasi telah menunjukkan adanya hubungan antara diet nabati dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan yang ditekankan dalam diet Flexitarian juga dikaitkan dengan perbaikan faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga: 8 Pola Makan untuk Pengidap Penyakit Jantung Koroner

Nah, itulah jenis-jenis diet yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebelum memutuskan untuk mencoba metode diet apa pun, ada baiknya kamu membicarakan dulu dengan ahlinya lewat aplikasi Halodoc.

Kamu bisa menghubungi dokter gizi melalui Video/Voice Call dan Chat untuk mendiskusikan jenis diet yang cocok bagi kondisi kamu dan tips sehat melakukannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 6 Best Diets for Heart Health.