• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Halodoc, Jakarta – Kulit wajah berminyak adalah kondisi yang memungkinkan seseorang mengalami masalah jerawat. Meski terjadi secara alami, kulit wajah yang penuh jerawat akan merusak penampilanmu sehingga akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Para wanita tidak bisa tampil cantik maksimal karena jerawat membuatnya sulit berdandan sesuai keinginannya. Ada yang beranggapan bahwa pemilik kulit berminyak akan terlihat awet muda dibandingkan mereka yang memiliki kulit kering. Padahal menurut Emmy Graber, MD, seorang ahli dermatologi dari Boston University School of Medicine, kulit berminyak adalah kondisi yan sangat umum terjadi.

(Baca juga: 10 Makanan Ini Ampuh Cegah Kulit Berminyak)

Kulit berminyak terjadi akibat kelenjar minyak (sebaceous) yang berada di bawah permukaan kulit manusia terlalu banyak menghasilkan sebum atau minyak. Sebum sendiri dihasilkan dari lemak tubuh dan bermanfaat untuk melembabkan kulit, tetapi apabila produksinya terlalu banyak maka akan menyumbat pori-pori sehingga akan muncul jerawat, komedo, kulit kusam dan noda hitam.

Produksi minyak ini dipengaruhi oleh faktor hormon dan genetik, sehingga hal ini tidak bisa dihilangkan. Namun, untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak tidak perlu berkecil hati, sebab kamu bisa
mencegah kulit berminyak dengan menghindari beberapa hal dibawah ini agar wajahmu terlihat lembap dan bersinar.

Tidak Mencuci Wajah Setelah Beraktivitas

Seusai bekerja dari pagi hingga malam atau sehabis berolahraga, debu dan kotoran dapat menempel dan tertinggal di kulit. Membiarkannya berlama-lama akan membuat debu dan kotoran tersebut masuk ke pori-pori. Sehingga kamu disarankan untuk langsung mencuci wajahmu seusai beraktivitas di luar rumah untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan bakteri, kotoran, dan keringat di pori-pori.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Meski harus dilakukan rutin, tapi kamu tidak boleh sampai kecanduan membersihkan wajahmu. Sebab kulitmu juga membutuhkan minyak alami tersebut. Apabila kamu terlalu sering mencuci wajah maka bukan tidak mungkin kelenjar kulitmu akan menjadi kritis sehingga ia akan memproduksi minyak lebih banyak. Kamu disarankan untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari. Namun apabila kamu benar-benar dalam kondisi berkeringat usai beraktivitas, kamu bisa melakukannya lebih dari dua kali.

Makeup Tebal

Lapisan makeup yang tebal akan sulit dihapus dan membuat pori-porimu tersumbat. Oleh karena itu kamu harus memilih makeup yang bebas minyak dan mengandung niacinamide (turunan vitamin B yang ampuh menyerap minyak). Kamu dapat memilih makeup berbahan dasar air dan bertekstur matte serta menghindari makeup berbasis minyak atau krim.

Menggunakan Beberapa Produk Sekaligus

Jika kamu memiliki masalah kulit berminyak, biasanya kamu akan terus mencari produk perawatan kulit yang paling cocok untuk kulitmu. Namun jangan sampai kamu memilih untuk memakai berbagai produk sekaligus.

Kamu dapat memilih untuk menggunakan produk dengan kandungan salicylic acid yang mampu mengendalikan minyak. Produk ini dapat menyerap ke pori-pori dan membantu mengurangi minyak pada wajah. Namun, apabila kamu merasa masih belum mampu mengatasi masalah kulit berminyak, kamu dapat mengonsultasikannya dengan dokter kulit.

Di luar itu semua, gaya hidup yang sehat dan seimbang juga akan membantu kamu yang memiliki masalah dengan kulit berminyak untuk bisa tampil cantik dengan kulit sehat dan segar. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan rutinlah mencuci wajah setiap hari dari sisa makup sebelum tidur. Kamu juga perlu menghindari makanan pemicu produksi minyak berlebih seperti susu dan produk olahannya, makanan manis dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

(Baca juga: 4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit)

Jika cara-cara diatas dirasabelum cukup ampuh, tak ada salahnya untuk menghubungi dokter di Halodoc. Ada dokter ahli yang bisa langsung kamu hubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang dibutuhkan melalui Halodoc. Pesanan kamu akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.