4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit
KECANTIKAN 16 January 2018

Halodoc, Jakarta – Memilih skincare yang tepat untuk perawatan kulit itu tidak mudah, lho. Kulit wajah itu cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jadi kalau sampai kamu salah pilih, bisa jadi malah menimbulkan masalah kulit.

Ada banyak produk skincare yang beredar di pasaran untuk masing-masing jenis kulit. Tentu saja, enggak semua produk kecantikan cocok untuk kulit kamu. Ada banyak yang mesti dipertambangkan terlebih dulu agar kamu enggak salah pilih.

Hal paling dasar yang mesti kamu perhatikan saat memilih skincare adalah kondisi dan jenis kulit. Kenali dulu jenis kulitmu lalu pilih skincare yang tepat sesuai kondisi kulit kamu. Kamu tentu mengenal kulitmu lebih baik dari orang lain. Misalnya kulit sedang sensitif, berjerawat, kemerahan, atau terlalu kering. Lalu pilih skincare sesuai jenis kulit dan masalah kulit yang sedang kamu alami.

Dikutip dari Sociolla, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih skincare sesuai jenis kulit. Yuk, cari tahu berikut ini.

1. Kulit Berminyak

Dibandingkan dengan jenis kulit kering, pemilik kulit berminyak bisa dibilang memiliki keunggulan. Yakni, wajah tidak mudah keriput alias lebih awet muda. Namun perlu diingat bahwa pemilik kulit berminyak justru lebih rentan terhadap masalh kulit, lho. Beberpa akulit yang dialami adalah komedo, berjerawat, dan pori-pori besar. Skincare yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang tidak mengandung minyak, bukannya pelembab, ya. Kulit berminyak juga butuh pelembab, namun akdarnya tidak lebih banyak seperti yang dibutuhkan pemilik kulit kering. Lalu biasanya, untuk kulit berminyak cocok dengan skincare yang teksturnya gel. Sebelum membeli, perhatikan dulu kemasan dan petunjuk penggunaan. Carri tahu apakah produk tersebut cocok untuk pemilik kulit berminyak.

2. Kulit Kusam

Biasanya kamu akan merasa bahwa kulit wajah tidak memiliki masalah yang berarti. Kulit kusam biasanya terjadi pada pemilik kulit kering. Nah, perawatan yang tepat untuk masalah kulit kusam ini adalah dengan selalu menggunakan tabir surya. Selain itu, pilih jenis skincare yang bisa melembabkan kulit dan juga mencerahkan. Jadi wajah enggak akan terlihat kusam lagi.

3. Kulit Kering

Pemilik kulit kering lebih rentan terhadap keriput, jadi tidak heran kalau garis halus lebih mudah terlihat lalu kulit juga terlihat kusam alias enggak bercahaya. Kulit kering ini biasa jadi masalah bagi kamu yang tinggal di tempat dengan cuaca dingin, mengalami perubahan hormon, hingga terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat. Jadi pilih skincare dengan bahan yang melembabkan, misalnya hydrating toner. Untuk kulit kering, pelembab dengantekstur krim atau balm akan lebih cocok. Ingat untuk menghindari produk dengan bahan dasar alkohol karena justru bisa menyerap air sehingga menjadikan kulit kamu makin kering.

4. Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif ini bisa juga memiliki kulit kering atau berminyak, yang menjadikannya berbeda adalah respon yang ditunjukkan kulit saat mengalami kontak dengan zat atau bahan tertentu. Jadi, memilih skincare pun harus hati-hati karena justru bisa menimbulkan masalah kulit. Kalau kulit kamu mudah merah-merah saat pakai produk skincare sebaiknya hindari produk dengan kandungan alkohol. Pilih brand yang menggunakan bahan-bahan alami serta direkomendasikan untuk kulit sensitif.

 

Jika kamu mengalami masalah gangguan kulit yang berkaitan dengan kesehatan, coba segera bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Kini ada Halodoc, aplikasi yang memungkinkan kamu bicara dengan dokter secara langsung melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tes pemeriksaan laboratorium jika diperlukan melalui Halodoc, lho.

Kalau kamu membutuhkan vitamin atau suplemen untuk kulit, kini enggak perlu repot lagi karena produk yang kamu butuhkan bisa dibeli di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

 


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Skuas termasuk satu di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Cari tahu ma...

Selengkapnya