05 June 2018

4 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

4 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Vitamin dan mineral adalah asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kelangsungan metabolisme. Terutama saat sedang berpuasa. Pasalnya asupan vitamin dan mineral yang pas akan membantu mencegah tubuh mengalami penurunan kesehatan.

Kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi yang satu ini lewat berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu, vitamin juga tersedia dalam bentuk suplemen tambahan. Nah, agar puasa tetap berjalan lancar, wajib tahu apa saja jenis vitamin yang harus dipenuhi selama berpuasa!

 

  • Vitamin C

 

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin ini dapat membantu mencegah penyakit menyerang selama berpuasa. Vitamin C ampuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular, dan bisa membuat kulit lebih sehat dan cantik.

Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah seperti jeruk, kiwi, dan blewah. Zat gizi ini juga bisa didapatkan dari sayuran hijau seperti brokoli. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin C sesuai kebutuhan tubuh, yaitu sekitar 75 miligram.

(Baca juga: 7 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Puasa)

 

  • Vitamin A

 

Vitamin A dalam tubuh ternyata memiliki peran yang cukup penting. Mulai dari menigkatkan kekebalan tubuh, hingga menyehatkan mata. Selama puasa, asupan vitamin A dapat membantu meningkatkan fungsi dari retina dan kornea. Sehingga mata akan berfungsi dengan baik.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah ubi jalar, sayur bayam, telur, wortel, hati sapi, hingga susu. Jadi, pastikan untuk memasukkan makanan sumber vitamin A ke dalam menu makan sahur dan berbuka puasa, ya!

 

  • Vitamin D

 

Tidak makan dan minum dalam waktu yang lama pasti akan memengaruhi suasana hati alias mood seseorang. Maka dari itu, asupan vitamin D sangat penting untuk tubuh. Pasalnya, vitamin ini dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon dopamine dan serotine yang memiliki efek mirip dengan obat antidepresan. Jenis obat ini berguna untuk mengatasi dan mencegah risiko depresi yang terjadi.

Salah satu sumber alami terbaik dari vitamin D adalah sinar matahari pagi. Jadi kamu sangat disarankan untuk menyempatkan diri berjemur, atau beraktivitas di pagi hari. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan.

(Baca juga: 5 Pilihan Appetizer yang Sehat Buat Buka Puasa)

 

  • Zinc

 

Zinc atau seng merupakan nutrisi yang dapat membantu sistem imun melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Asupan zat ini akan bekerja secara maksimal untuk menjaga tubuh tetap sehat meski tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan asupan zinc saat puasa dapat menyebabkan seseorang lebih mudah merasa lelah. Sebab zinc berpengaruh pada sistem motorik, kognitif, dan psikososial. Kurang asupan zinc dapat membuat banyak sel motorik yang terganggu dan berdampak pada rasa lelah yang mudah menyerang. Makanan yang banyak mengandung mineral zinc adalah daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan susu.

(Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa)

Selain dari makanan, kamu juga bisa mendapat asupan vitamin dan mineral dari suplemen tambahan. Biar lebih mudah, beli di aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan antar, pesanan suplemen dan produk kesehatan lain yang kamu beli akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis ongkir, lho! Ayo, download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.