4 Khasiat Kulit Manggis bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Khasiat Kulit Manggis bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta - Sepertinya buah-buahan lainnya, buah manggis menyimpan berbagai keistimewaan dalam tubuh. Di kulit bagian dalam buah manggis terkandung xanthone. Xanthone sendiri merupakan bahan aktif yang bersifat antioksidan yang sangat tinggi. 

Lewat cek produk BPOM yang Halodoc telusuri dari situs pom.go.id, sampai tanggal 8 Oktober 2019, setidaknya terdapat 56 produk yang berkaitan dengan kulit manggis yang teregistrasi. Produk ini meliputi obat-obatan tradisional dan kosmetika. 

Pertanyaannya simpel, apa sih khasiat kulit manggis bagi kesehatan tubuh? 

Dari Penyakit Jantung Hingga Menstruasi

Banyak orang percaya kalau buah tropis dari Indonesia ini punya beragam manfaat bagi tubuh. Bahkan, ada yang memercayai kalau buah ini bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Lantas, apa saja sih khasiat kulit manggis bagi tubuh? 

Baca juga: 9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Jantung

Khasiat kulit manggis juga diduga dapat mencegah penyakit jantung. Di dalam kulit manggis terkandung sejumlah mineral, seperti mangan, tembaga, kalium, dan magnesium. Kalium sendiri merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang berperan dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Nah, kondisi inilah yang diduga bisa memberikan tubuh perlindungan dari stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Bersifat Antiinflamasi dan Antialergi

Beberapa penelitian mengatakan kalau kulit manggis mengandung zat antialergi dan antiinflamasi. Kulit manggis diduga dapat memperbanyak zat prostaglandin, yang khasiatnya bisa menghambat kadar histamin dalam tubuh. Prostaglandin sendiri sebenarnya berperan dalam meredakan peradangan yang berkaitan dengan penyebab seseorang mudah terkena alergi.

3. Mengatasi Jerawat

Khasiat kulit manggis diduga juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Zat antioksidan pada kulit manggis diduga bisa melenyapkan produksi relatif oksigen yang mengandung zat berbahaya. Nah, zat antioksidan inilah yang mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat. Di samping itu, kulit manggis diduga juga mampu menekan produksi radikal bebas yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.

4. Menurunkan Gula Darah

Berdasarkan studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis mampu menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut bernama alpha-amylase, yang disebut-sebut sama dengan zat yang terdapat dalam resep obat diabetes tipe 2.

Selain hal-hal di atas, ada pula manfaat lainnya dari kulit manggis. Nah, berikut ini beberapa kondisi yang konon bisa diatasi dengan kulit manggis:

  • Disentri.

  • Diare.

  • Infeksi saluran kemih (ISK).

  • Gonore.

  • Seriawan.

  • Jerawat

  • TBC.

  • Eksim.

  • Gangguan menstruasi.

Baca juga: 6 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Kulit manggis kini sudah diolah menjadi beberapa bentuk. Mulai dari pil, tel herba, hingga losion. Sebenarnya memang terdapat beberapa penelitian mengenai khasiat kulit manggis bagi kesehatan. Contohnya, mampu menghentikan jumlah bakteri penyebab penyakit, antiinflamasi atau antiradang, hingga antihistamin yang ampuh meredakan gejala alergi.

Akan tetapi, banyak ahli juga mengatakan manfaat kalau manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh, sebenarnya belum diketahui secara pasti khasiat dan cara kerjanya. Dengan kata lain, manfaat atau khasiat kulit manggis masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. Diakses pada 2019. Cek Produk BPOM. Kulit Manggis. 
Web MD. Diakses pada 2019. Find a Vitamin or Supplement: Mangosteen.
Draxe. Diakses pada 2019. Mangosteen’s Cancer-Fighting, Heart-Boosting Power.