4 Makanan Sehat Ini Bantu Ibu Turunkan Berat Badan

makanan sehat untuk menurunkan berat badan, cara menurunkan berat badan, makanan sehat, makanan diet untuk menurunkan berat badan,diet menurunkan berat badan

Halodoc, Jakarta – Selain berolahraga, terdapat juga berbagai cara yang bisa ibu lakukan untuk menurunkan berat badan. Beberapa di antaranya adalah diet atau memilih makanan sehat yang dapat membantu ibu untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Tentunya, proses penurunan berat badan harus dilakukan secara perlahan dengan metode yang benar. Menurut beberapa ahli kesehatan, penurunan berat badan secara drastis nyatanya dapat membahayakan kesehatan. Penurunan berat badan secara drastis memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh. Misalnya saja pengenduran otot, kekurangan nutrisi, dan merusak metabolisme tubuh.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Sarapan

Pemilihan makanan untuk menurunkan berat badan tentu juga sangat berpengaruh. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang dapat membantu ibu menurunkan berat badan.

1. Anggur

Buah anggur merupakan salah satu sumber vitamin K. Vitamin K dalam anggur dapat membantu ibu menguatkan tulang pada tubuh. Hal ini terjadi karena anggur dapat mendorong pertumbuhan sel-sel sehat dalam tubuh.

Salah satu nutrisi lain yang dibutuhkan untuk proses penurunan berat badan adalah serat. Anggur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu ibu menurunkan berat badan.

2. Kacang Hijau

Berbagai jenis kacang-kacangan nyatanya dapat membantu ibu menurunkan berat badan, termasuk kacang hijau. Kacang hijau bisa menjadi salah satu asupan yang dapat membantu ibu menjaga berat badan menjadi stabil.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari rutin mengonsumsi kacang hijau. Beberapa di antaranya adalah memberikan efek kenyang. Hal ini terjadi karena kacang hijau mengandung banyak protein dan serat. Protein dan serat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diolah oleh tubuh, sehingga memberikan efek kenyang yang cukup lama.

Selain itu, kacang hijau dapat membantu melancarkan pencernaan ibu. Dengan proses pencernaan yang lancar, sisa makanan yang terdapat dalam tubuh tidak akan menumpuk dalam waktu yang lama.

3. Mentimun

Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain untuk menurunkan berat badan, mentimun juga baik untuk kesehatan karena rendah kalori dan tinggi nutrisi. Dengan kandungan air sebanyak 95 persen, mentimun bisa mengusir lemak yang membandel dalam tubuh ibu.

Mentimun juga memiliki manfaat lain seperti membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi masalah pencernaan seperti kembung atau sembelit.

4. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu makanan yang dapat membantu ibu menurunkan berat badan. Sebagai variasi agar tidak bosan, ibu bisa menambahkan beberapa buah pada yoghurt agar semakin terasa nikmat.

Protein pada yoghurt akan membuat ibu merasa kenyang dan membantu ibu membangun otot tanpa lemak saat tidur. Protein dalam yoghurt bisa membakar lemak dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Cara Diet Setelah Melahirkan

Selain mengonsumsi makanan di atas, perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat. Jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga agar bisa mendapatkan berat badan yang diinginkan. Jika ada yang ingin ibu tanyakan pada dokter, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc. Dengan Halodoc ibu bisa langsung mendapatkan jawaban melalui fitur Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!