5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Sarapan

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Sarapan
MAKANAN SEHAT 22 June 2017

Halodoc, Jakarta - Jika kamu ingin memulai hari dengan lebih nyaman maka kamu tidak boleh melewatkan waktu makan di pagi hari. Sarapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga mencegah kamu mengonsumsi makanan berlebihan saat jam makan siang tiba. Jadi sarapan juga termasuk salah satu cara mudah untuk menjaga berat badan.

Nah, dalam memilih menu sarapan ini kamu tidak boleh asal pilih. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung cukup karbohidrat sehingga memenuhi kalori yang dibutuhkan. Berikut ini adalah kombinasi jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk sarapan.

1.  Sereal
Makanan yang seringkali jadi menu sarapan ini sebagian besar mengandung gula, rendah serat, dan protein. Alhasil, setelah mengonsumsi ini untuk sarapan, perut justru akan terasa lebih cepat lapar. Akhirnya, kamu justru mencari camilan di sela waktu menuju makan siang. Untuk itu, sebaiknya pilih sereal yang mengandung 5 gram serat dan kurang dari 10 gram gula per porsi.

2.  Sandwich Toko
Roti isi keju dan telur yang kamu buat sendiri di rumah akan jauh lebih baik untuk dijadikan pilihan. Namun kalau sudah sibuk dan terburu-buru biasanya roti isi alias sandwich yang ada di minimarket jadi pilihan kamu. Tahukah kamu jika roti isi yang dijual di toko itu dibekukan dan dikemas dengan kandungan garam yang tinggi? Selain itu juga mengandung lemak yang tinggi. Oleh karena itu sebaiknya buat roti isi sendiri di rumah dengan roti gandum dan imbangi dengan sayuran segar yang aman dikonsumsi.

3.  Jus Hijau
Memang benar mengonsumsi sayuran hijau dapat meningkatkan antioksidan, namun perlu diingat bahwa jenis makanan ini tidak bisa dijadikan pilihan menu sarapan. Sayuran yang dijus tidak bisa berdiri sendiri sebagai menu sarapan utama, apalagi kalau kamu memilih jus kemasan yang jelas-jelas kandungan gulanya tinggi. Jika ingin jus, lebih baik buat sendiri di rumah dengan kadar gula rendah serta didampingi makanan lain seperti roti gandum, yogurt dengan buah atau telur.

4.  Yogurt
Memang makanan yang satu ini baik untuk tubuh terutama pencernaan. Namun itu jika yogurt murni rendah lemak. Bukan yogurt dengan banyak pilihan rasa yang kandungan gulanya tinggi. Lebih baik pilih plain yogurt atau full fat yogurt karena lebih baik untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan saat sarapan. Pilihan yogurt ini pun baik untuk kamu yang sedang menjalani diet.

5.  Oatmeal
Ingin praktis? Kamu bisa membeli oatmeal instan yang bisa dibuat hanya dengan menyeduhkan air  saja. Namun jenis sarapan ini mengandung banyak gula. Selain itu, biasanya jenis makanan ini dibuat dari oat instan yang rendah serat. Jika ingin sarapan oatmeal, tak ada salahnya untuk mulai mencari resep oat dan membuatnya sendiri di rumah. Dengan cara ini, kamu juga jadi bisa mengontrol kandungan gula yang digunakan. Pilihan oat homemade ini bisa dijadikan menu sarapan diet, lho.

6.  Kopi
Kopi bukan pilihan tepat untuk dikonsumsi saat sarapan. Jika ingin kopi, dampingi dengan makanan padat lainnya. Karena kalau kamu hanya mengonsumsi kopi, perut akan merasa lebih lapar saat hari semakin siang. Jadi sebaiknya, kalau kamu memang suka minum kopi di pagi hari pilih menu pendamping untuk sarapan juga, misalnya roti panggang, roti gandum, atau homemade oatmeal.

BACA JUGAManfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh
Atur kebutuhan gizi sehari-hari dengan cara yang tepat. Terutama kalau kamu sedang menjalankan diet dan perlu mengatur pola makan dengan benar. Tak ada salahnya menghubungi dokter gizi untuk meminta saran pola makan sehat yang kamu butuhkan.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter gizi pilihan kamu melalui pilihan metode Chat, Video Call dan Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya