• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Sehat yang Baik Menjaga Kulit Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Sehat yang Baik Menjaga Kulit Wanita

4 Makanan Sehat yang Baik Menjaga Kulit Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Maret 2022

“Kulit wanita lebih sensitif ketimbang pria, salah satunya karena lapisan epidermis pada kulit pria lebih tebal. Penggunaan produk perawatan dan kecantikan ternyata juga bisa memicu sensitivitas kulit. Itulah sebabnya merawat tubuh secara alami dengan mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi cara natural menjaga kulit wanita. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan dan bagus untuk kulit adalah ikan berlemak, kenari, brokoli, dan alpukat.”

4 Makanan Sehat yang Baik Menjaga Kulit Wanita

Halodoc, Jakarta – Kulit adalah organ terbesar dari tubuh yang harus juga dirawat kesehatannya. Kulit memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap remeh, mulai dari mengatur suhu tubuh, menjaga keseimbangan cairan, dan mengontrol hilangnya kelembapan. 

Kulit juga juga bertindak sebagai penghalang dan peredam kejut, mengenali sensasi rasa sakit untuk memperingatkan akan bahaya dan melindungi dari sinar ultraviolet (UV). Menurut jurnal ilmiah Frontiers, kulit sensitif dilaporkan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Salah satu cara merawat kulit wanita adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Simak selengkapnya di sini!

Dari Ikan Berlemak Sampai Brokoli

Tadi sudah sempat disinggung kalau kulit wanita lebih sensitif ketimbang pria. Menurut penjelasan dari Frontiers, itu bisa jadi dikarenakan lapisan epidermis pria lebih tebal ketimbang wanita. Namun, di satu sisi wanita cenderung menggunakan lebih banyak produk perawatan, terutama pada wajah yang meningkatkan potensi paparan bahan yang dapat memicu sensasi tidak menyenangkan pada kulit.

Maka dari itu, menjaga kulit wanita sejatinya tidak bisa hanya mengandalkan produk perawatan dan kecantikan, perlu ada perawatan natural. Salah satu caranya tidak lain adalah mengonsumsi makanan sehat. Apa saja makanan sehat yang baik menjaga kulit wanita?

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring, adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Jenis ikan ini kaya akan sumber asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap. Lemak omega-3 dalam ikan mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat. 

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Mendapatkan cukup vitamin E sangat penting untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh termasuk kesehatan kulit. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Vitamin E bila dikombinasikan dengan vitamin C dapat memberikan hasil yang lebih maksimal untuk kesehatan kulit.

Kulit membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit kuat dan sehat. Kekurangan vitamin dapat membuat kulit kering, kasar, dan bersisik yang cenderung mudah memar.

3. Kenari

Kenari mengandung asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri. Kenari mengandung rasio asam lemak yang baik, sehingga dapat membantu melawan respons peradangan potensial terhadap omega-6 yang berlebihan.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, brokoli juga juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Sulforaphane juga terdapat pada brokoli yang membuat sayuran ini menjadi agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Sulforaphane bekerja dengan dua cara: menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengaktifkan sistem pelindung lain di tubuh.

Itulah informasi mengenai jenis makanan sehat yang baik menjaga kulit wanita. Kalau punya pertanyaan seputar kesehatan kulit lainnya, tanyakan saja langsung ke dokter Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga ya!

Referensi:
Frontiers.org. Diakses pada 2022. The Prevalence of Sensitive Skin.
Healthline. Diakses pada 2022. The 12 Best Foods for Healthy Skin.