Perawatan Kulit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Untuk memiliki kulit yang sehat, memerlukan usaha ekstra. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, berjerawat, hingga pori-pori besar. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui trik dan tips tepat perawatan kulit agar kelembapan dan kesehatan kulit terjaga setiap saat.

Baca juga: 6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

 

Perawatan Kulit Kering

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang halus dan kencang. Hanya saja, kulit bisa kehilangan cairan akibat kondisi tertentu, sehingga menjadikannya tampak kering. Jangan biarkan kulit yang kering mengganggu penampilan dan keseharian kamu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan khusus untuk membuat kulit kering menjadi sehat dan lembap. Kulit kering bisa ditandai dengan kurangnya kandungan cairan pada lapisan kulit.

Kulit wajah menjadi kering bisa disebabkan oleh faktor keturunan, proses penuaan (ketika kandungan minyak alami dalam kulit ikut menipis seiring bertambahnya usia), serta penyakit seperti alergi dan tiroid. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh kesalahan perawatan kulit wajah, seperti menggunakan alat pembersih wajah yang terlalu keras dan terlalu sering, mencuci wajah dengan sabun yang keras, serta penggunaan scrub.

 

Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak

Kulit yang sehat dan cerah berseri merupakan cermin kecantikan alami yang selalu diimpikan oleh banyak wanita, termasuk bagi pemilik kulit wajah berminyak. Masalah kulit berminyak bisa dialami setiap orang di usia berapa pun. Memang, dalam melakukan perawatan kulit berminyak memerlukan perhatian dan perawatan khusus agar tidak menimbulkan masalah pada wajah.

Kondisi kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar minyak (sebaceous) yang ada di bawah permukaan kulit terlalu aktif, sehingga menghasilkan sebum atau minyak berlebih. Sebum adalah zat berminyak yang berasal dari lemak tubuh. Meskipun bermanfaat untuk melembapkan kulit, jika kadar minyak dalam tubuh kamu terlalu tinggi tentunya bisa membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat. Produksi minyak berlebih juga bisa membuat pori-pori membesar dan memunculkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam dan mengkilap, komedo, serta noda lain yang bisa merusak penampilan.

Baca juga: Alasan Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat

Perawatan untuk kulit berminyak berbeda dari perawatan untuk jenis kulit lainnya. Berikut beberapa cara untuk merawat kulit berminyak yang bisa kamu praktikkan:

  • Sabun Cuci Muka 

Sabun cuci muka yang lembut bisa kamu pilih untuk membantu merawat kulit berminyak. Jangan memilih sabun yang berbahan keras, karena bisa memunculkan iritasi dan produksi minyak berlebih pada wajah kamu. Bila memilih facial foam, pilihlah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide yang berguna untuk menyerap minyak berlebih dan membantu mengecilkan pori-pori. Apabila ada yang mengatakan jika mencuci wajah lebih sering bisa mengurangi minyak berlebih, itu adalah teori yang salah. Cara yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah cukup mencucinya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

  • Produk Oil-Free

Pemilik kulit berminyak dianjurkan untuk memiliki produk perawatan kulit yang bebas minyak. Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami bermanfaat seperti Witch Hazel Extract juga cocok untuk tipe kulit berminyak. Pasalnya, kandungan ekstrak daun witch hazel dipercaya mampu membantu mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi minyak.

  • Kertas Minyak

Pemilik kulit wajah berminyak juga wajib memiliki kertas tipis ini. Kertas minyak membantu menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilap. Gunakan kertas minyak sesuai kebutuhan dan hindari menggosok wajah kamu terlalu keras dengan kertas ini.

  • Kosmetik Bebas Minyak

Perawatan kulit berminyak harus memiilih kosmetik dengan bahan dasar oil-free atau water-based terutama dengan label non-comedogenic. Bagi pemiliki wajah berminyak, kosmetik dengan bentuk bedak yang mengandung mineral biasanya lebih cocok untuk digunakan.

  • Pelembap

Perawatan kulit berminyak juga memerlukan penggunaan pelembap. Sebaiknya pilih produk pelembab bebas minyak dan ringan untuk kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah memerlukan pelembap untuk melindungi dari efek penuaan. Kamu sebaiknya menggunakan pelembap atau moisturizer sehari dua kali, setiap pagi dan malam hari.

 

Perawatan Kulit Normal

Ini adalah jenis kulit paling sempurna yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan kulit. Orang berjenis kulit normal cukup merawat kulitnya dengan menggunakan pembersih, pelembap, dan tabir surya saja.

Baca juga: Mau Kulit Semulus Artis Korea? Konsumsi 5 Superfood Ini

 

Perawatan Kulit Sensitif

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif. Mencari tahu penyebab kulit sensitif sangat penting, agar kamu bisa menentukan perawatan yang tepat. Beberapa kondisi yang biasanya menyebabkan kulit sensitif, antara lain jerawat, rosacea, dan dermatitis kontak. Pemiliki kulit sensitif dianjurkan untuk memilih produk yang ramah untuk kulit, menjauhi bahan iritatif, sering memakai pelembap, dan menghindari paparan sinar matahari.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Skin care: 5 tips for healthy skin.
Good House Keeping. 15 Habits of Women With Great Skin - Best Skin Care Tips.

 

Pertanyaan Seputar Perawatan Kulit

Dok, Kulit tubuh saya putihnya gak merata. Lalu apa solusinya ya?

Ditanyakan oleh: wikwik9218

Dijawab oleh:  dr. Verury Verona Handayani

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, antara lain:
• Albinisme.
Dermatitis kontak akibat iritasi atau alergi.
• Hipopigmentasi pasca inflamasi, contohnya pada bekas luka.
• Infeksi jamur pada kulit.
• Paparan sinar matahari yang berlebihan.
• Vitiligo.

Beberapa cara untuk mengatasi warna kulit yang tidak merata, antara lain:
• Pada kulit di bagian wajah, dapat dengan menggunakan krim pencerah, scrubbing, dan home peeling.
• Pada kulit di bagian tubuh lainnya, dapat menggunakan lulur dan losion pencerah.

Namun demikian, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit jika ingin menggunakan injeksi vitamin C. Jika vitamin C yang ingin digunakan hanya berupa serum untuk kulit wajah, pada umumnya dapat langsung digunakan.

Jika terdapat keluhan lain yang menyertai warna kulit yang tidak merata, seperti gatal, kasar, dan bersisik, sebaiknya terlebih dahulu memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat menjalani pemeriksaan lanjutan, seperti tes kerokan kulit, untuk mengetahui kemungkinan penyakit lainnya.

 

Kulit kering, gimana ya perawatannya?

Ditanyakan oleh: miraputri

Dijawab oleh:  dr. Verury Verona Handayani

Kulit kering, yang dalam bahasa medis disebut sebagai xerosis atau xeroderma, merupakan kondisi dimana kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan terluarnya. Beberapa penyebab dari kulit kering, antara lain:
• Perubahan cuaca atau udara yang kering.
• Pemakaian sabun yang tidak sesuai jenis kulit.
• Menggosok kulit terlalu kuat.
• Mandi dengan menggunakan air panas.
• Mandi dalam waktu yang terlalu lama.
• Kondisi kesehatan tertentu.
• Iritasi bahan atau benda yang bersentuhan dengan kulit.
• Bertambahnya usia seseorang.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk merawat kulit kering, antara lain:
• Gunakan sabun yang banyak mengandung pelembap.
• Hindari mandi terlalu lama, usahakan tidak lebih dari 10 menit.
• Hindari menggosok kulit dengan handuk terlalu kuat.
• Hindari terlalu sering mandi dengan air panas.
• Hindari terlalu sering mandi, maksimal dua kali dalam sehari.
• Hindari terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.
• Konsumsi air putih minimal dua liter dalam sehari.
• Langsung memakai pelembap segera setelah tubuh kering.

 

Di area areola saya ada bekas luka seperti abis digaruk, sebesar koin dan agak timbul. Apa obatnya?

Ditanyakan oleh: deskarinaa

Dijawab oleh:  dr. Rizal Fadli

Luka pada kulit sekitar payudara sebaiknya mendapatkan perhatian medis. Dari keadaan yang anda alami, adanya luka pada daerah sekitar puting payudara mungkin disebabkan karena iritasi pada payudara. Iritasi pada payudara dapat disebabkan karena berbagai penyebab, seperti gesekan karena pakaian dalam, efek dari sabun/produk yang digunakan, atau karena garukan.

Iritasi pada kulit daerah payudara pada keadaan ringan dapat menyebabkan kemerahan, perih, gatal. Jika tidak kunjung sembuh maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya, mungkin terjadi infeksi pada kulit sekitar payudara. Iritasi dapat dengan mudah menyebabkan terjadinya infeksi.

Selain beberapa hal tersebut, munculnya luka pada payudara dapat disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

• Mastitis/peradangan payudara.
Kanker payudara.
• Herpes.

Oleh karena itu, disarankan agar anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara langsung dan memberikan terapi yang tepat untuk anda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain :

• Membersihkan daerah payudara dengan cairan antiseptik yang banyak dijual bebas. Sebelum membersihkan luka, cuci dulu tangan dengan sabun.
• Jangan menggaruk luka tersebut.
• Jangan merokok.
• Minum cukup air putih dan konsumsi cukup sayur dan buah.
• Jangan gunakan bra yang terlalu ketat.