Perawatan Kulit

 

Untuk memiliki kulit yang sehat, memerlukan usaha ekstra. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi masalah kulit seperti kulit kering, berjerawat, hingga pori-pori besar. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui trik dan tips tepat perawatan kulit agar kelembaban dan kesehatan kulit terjaga setiap saat.

Perawatan Kulit Kering

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang halus dan kencang. Hanya saja, kulit bisa kehilangan cairan akibat kondisi tertentu sehingga menjadikannya tampak kering. Jangan biarkan kulit yang kering mengganggu penampilan dan keseharian kamu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan kulit kering untuk membuat kulit menjadi sehat dan lembab. Kulit kering bisa ditandai dengan kurangnya kandungan cairan pada lapisan kulit.

Kulit wajah menjadi kering bisa disebabkan karena faktor keturunan, proses penuaan di mana kandungan minyak alami dalam kulit ikut menipis seiring bertambahnya usia, penyakit seperti alergi dan tiroid.  Selain itu, kulit kering juga disebabkan oleh kesalahan perawatan kulit wajah, seperti alat pencuci wajah yang terlalu keras dan terlalu sering, mencuci wajah dengan sabun yang keras dan menggunakan scrub.

Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak

Kulit yang sehat dan cerah berseri merupakan cermin kecantikan alami yang selalu diimpikan oleh setiap wanita, termasuk bagi pemilik kulit wajah berminyak. Masalah kulit berminyak bisa dialami setiap orang di usia berapa pun dan memang dalam melakukan perawatan kulit berminyak memerlukan perhatian dan perawatan khusus agar tidak menimbulkan masalah pada wajah.

Kulit berminyak terjadi karena kelenjar minyak (sebaceous) di bawah permukaan kulit seseorang terlalu aktif sehingga menghasilkan sebum atau minyak berlebih. Sebum adalah zat berminyak yang berasal dari lemak tubuh. Meskipun bermanfaat untuk melembabkan kulit, namun bila kadar minyak dalam tubuh kamu terlalu tinggi tentunya bisa membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat. Produksi minyak berlebih juga bisa membuat pori-pori membesar dan memunculkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam dan mengkilap, komedo, serta noda lain yang bisa merusak penampilan.

Dalam melakukan perawatan kulit berminyak tidak bisa disamakan dengan perawatan untuk jenis kulit lainnya. Berikut ini panduan untuk melakukan perawatan kulit berminyak yang bisa kamu praktikkan:

Sabun Cuci Muka  
Sabun cuci muka yang lembut bisa kamu pilih untuk membantu merawat kulit berminyak. Jangan memilih sabun yang berbahan keras. Karena bisa memunculkan iritasi dan produksi minyak berlebih pada wajah kamu. Bila memilih facial foam, pilihlah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide yang berguna untuk menyerap minyak berlebih dan membantu mengecilkan pori-pori. Apabila ada yang mengatakan jika mencuci wajah lebih sering bisa mengurangi minyak berlebih, itu adalah teori yang salah. Yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah cukup mencucinya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Produk Oil-Free
Produk ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang memiliki kulit berminyak. Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami seperti Witch Hazel Extract juga cocok untuk tipe kulit berminyak. Karena kandungan ekstrak daun witch hazel dipercaya mampu membantu mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi minyak.

Kertas Minyak
Untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, wajib memiliki kertas tipis ini. Karena sangat bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak. Kertas minyak membantu menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilap. Gunakan kertas minyak sesuai kebutuhan dan hindari menggosok wajah kamu terlalu keras dengan kertas ini.

Kosmetik Bebas Minyak
Perawatan kulit berminyak harus memiilih kosmetik dengan bahan dasar oil-free atau water-based terutama dengan label non-comedogenic. Bagi pemiliki wajah berminyak, kosmetik dengan bentuk bedak yang mengandung mineral biasanya lebih cocok untuk digunakan.

Pelembap
Perawatan kulit berminyak juga memerlukan penggunaan pelembab. Sebaiknya pilih produk pelembab bebas minyak dan ringan untuk kulit. Dengan bertambahnya usia, membuat kulit wajah memerlukan pelembab untuk melindungi dari efek penuaan. Kamu sebaiknya menggunakan pelembab atau moisturizer sehari dua kali, setiap pagi dan malam hari.