15 October 2018

4 Makanan Wajib Ibu Hamil di Trimester Pertama

4 Makanan Wajib Ibu Hamil di Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta – Wanita hamil diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan atau sering disebut trimester pertama. Pasalnya, pada masa-masa awal kehamilan, wanita cenderung lebih rentan mengalami keguguran. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilan adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Nyatanya, makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil muda haruslah kaya akan nutrisi. Makanan yang kaya akan nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan calon ibu dan juga baik untuk perkembangan janin dalam kandungan. Lantas, jenis makanan apa saja yang wajib dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama?

1. Kaya akan Asam Folat

 

 

Pada masa-masa awal kehamilan, ibu hamil diwajibkan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan asam folat. Sebab, zat ini dapat membantu menurunkan dan mencegah risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida. Rutin mengonsumsi makanan sumber asam folat pada awal kehamilan juga dapat membantu menurunkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat yang satu ini, misalnya kacang merah, bayam, sawi, selada, hingga brokoli. Folat juga bisa ditemukan dalam buncis, alpukat, jambu biji, jagung, kacang kedelai, wortel, hingga stroberi. Selain dari makanan, ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat dari zat ini dengan mengonsumsi suplemen khusus kehamilan, tentunya yang mengandung asam folat.

2. Sumber Zat Besi

 

 

Pada trimester pertama kehamilan, calon ibu juga dianjurkan untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Tujuannya adalah menghindari terjadinya anemia pada ibu hamil, yang bisa memicu berbagai gejala termasuk rasa pusing dan mudah merasa lelah.

Anemia pada ibu hamil memang kerap terjadi akibat kurangnya asupan zat besi. Nah, ibu bisa mengatasi hal ini dengan mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan zat besi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, kacang merah, bayam, daging sapi dan unggas, hingga telur dan makanan laut.

3. Makanan Berserat

 

 

Wanita yang tengah hamil muda juga dianjurkan untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Dalam satu hari, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 3—4 porsi makanan berserat. Tujuannya tidak hanya untuk menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan berserat bisa membantu mencegah ibu hamil mengalami sembelit atau konstipasi, bahkan wasir.

Beberapa jenis makanan yang tinggi serat adalah buah, sayuran, nasi merah, dan kacang-kacangan. Pastikanlah untuk selalu memasukkan jenis makanan tersebut ke dalam menu makan harian agar kesehatan tubuh dan calon bayi selalu terjaga.

4. Jangan Lupakan Protein

 

 

Selain serat, ibu hamil juga dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sumber protein, terutama pada trimester pertama kehamilan. Asupan zat gizi yang satu ini sangat penting untuk membantu pembentukan jaringan tubuh ibu dan bayi. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein juga bisa menjaga daya tahan serta kesehatan ibu hamil. Protein bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti daging tanpa lemak, telur, daging unggas, dan ikan.

Selain dari makanan, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi suplemen khusus. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih jenis suplemen yang dikonsumsi. Kalau sudah punya resep, beli suplemen atau vitamin kehamilan di aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan Apotik Antar, pesanan ibu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!  

Baca juga: