• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

4 Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

“Selain lezat, buah anggur merah memiliki kandungan mineral dan vitamin yang banyak di dalamnya. Hal ini membuat anggur merah memiliki manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, dan mengontrol berat badan menjadi manfaat buah anggur merah.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka dengan buah anggur? Buah yang berbentuk bulat dengan rasa yang manis ini memiliki beragam jenisnya. Jenis yang beragam membuat warna buah anggur pun berbeda-beda. Salah satu jenis anggur yang cukup terkenal dan digemari masyarakat adalah jenis buah anggur merah.

Bukan hanya bisa dikonsumsi kapan saja, buah anggur merah juga memiliki rasa yang lezat dan segar ini menjadi salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dalam buah anggur merah yang beragam. Yuk, simak ulasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah anggur merah untuk kesehatan dalam artikel ini!

Manfaat Buah Anggur Merah

Selain mudah ditemukan, buah anggur juga termasuk buah yang mudah untuk dikonsumsi. Tidak perlu repot, kamu tinggal mencuci bersih buah anggur dan buah anggur bisa dinikmati selagi masih segar.

Buah anggur dikenal memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah. Buah ini juga memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein. 

Lalu, bagaimana dengan kandungan vitaminnya? Buah anggur merah memiliki kandungan vitamin C, K, serta B6 yang baik untuk kesehatan.

Setelah mengetahui berbagai kandungan mineral dan vitamin dalam buah anggur merah, sebaiknya ketahui manfaat buah anggur merah yang bisa kamu rasakan, seperti:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah anggur merah memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Dengan terpenuhinya vitamin K, maka kamu bisa menjaga kesehatan tulang dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah anggur merah agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang berisiko pada tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah anggur merah secara rutin membantu kamu menghindari berbagai gangguan pada jantung. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi pada buang anggur merah baik untuk kesehatan jantung. Namun, jangan lupa untuk menyertai dengan kebiasaan lainnya yang baik bagi kesehatan jantung, seperti rutin berolahraga dan menghindari kebiasaan merokok.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah anggur merah menjadi salah satu buah dengan indeks glikemik rendah. Hal ini membuat pengidap diabetes yang mengonsumsi buah anggur merah tidak akan mengalami kenaikan kadar gula darah. 

Meskipun begitu, sebaiknya perhatikan jumlah anggur merah yang dikonsumsi serta jangan lupa selalu melakukan perawatan agar kadar gula darah tetap terkontrol.

  1. Mengontrol Berat Badan

Jika kamu sedang menjalankan program diet, buah anggur bisa menjadi pilihan camilan sehat karena buah anggur merah memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah.

Itulah manfaat buah anggur merah untuk kesehatan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat. 

Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter maupun ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Nourish by WebMd. Diakses pada 2021. Health Benefits of Red Grapes.
Live Strong. Diakses pada 2021. The Nutrition and Health Benefits of Red Grapes.