• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Pisang untuk Lansia yang Wajib Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Pisang untuk Lansia yang Wajib Diketahui

4 Manfaat Pisang untuk Lansia yang Wajib Diketahui

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Ada beberapa manfaat pisang untuk lansia yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya adalah tekanan darah lebih sehat dan mengurangi rasa cemas.”

4 Manfaat Pisang untuk Lansia yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Seseorang yang sudah memasuki usia lanjut, atau lansia, memperhatikan makanan yang dikonsumsi jadi keharusan. Mereka perlu mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari, seperti sayur dan buah. Nah, salah satu buah yang dapat bermanfaat untuk lansia saat dikonsumsi adalah pisang. Ketahui berbagai manfaat pisang untuk lansia di sini!

Berbagai Manfaat Pisang untuk Lansia

Pisang baik untuk lansia karena mudah ditoleransi. Pisang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan karena mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti potasium, magnesium, zinc, serat, vitamin B6, dan vitamin C. Lansia yang mengonsumsi buah ini secara rutin bisa mendapatkan berbagai macam manfaat, seperti:

1. Membuat Tekanan Darah Lebih Sehat

Membuat Tekanan Darah Lebih Sehat

Salah satu manfaat pisang yang sangat baik untuk lansia adalah membuat tekanan darah lebih sehat. Makanan sehat ini mengandung potasium yang dapat membantu dalam pengaturan tekanan darah dan sangat baik untuk seseorang yang mengidap hipertensi. Konsumsi satu atau dua buah pisang per hari sangat baik untuk mengurangi konsumsi obat anti-hipertensi.

2. Mengatur Detak Jantung

Mengatur Detak Jantung

Manfaat lainnya dari mengonsumsi pisang adalah mampu mengatur detak jantung. Banyak lansia yang memiliki aritmia jantung, atau detak jantung yang tidak normal, konsumsi obat berupa beta blocker perlu dikonsumsi. Namun, obat ini dapat menimbulkan berbagai macam efek samping saat dikonsumsi.

Apabila seseorang mengalami aritmia ringan, dokter mungkin dapat menurunkan dosis beta blocker dan merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak pisang. Buah ini dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki. Hal ini merupakan efek samping dari detak jantung yang tidak normal akibat sirkulasi darah yang buruk.

3. Mengurangi Rasa Cemas

Mengurangi Rasa Cemas

Lansia rentan mengalami kecemasan dan depresi karena perasaan kesepian atau kematian pasangan. Manfaat pisang lainnya adalah mampu meredakan gejala kecemasan dan depresi, serta membuat suasana hati lebih baik. Selain itu, pisang dapat ditoleransi dengan baik oleh manula yang tidak memiliki nafsu makan akibat masalah emosional.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Lansia juga sering mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Nah, manfaat pisang untuk lansia lainnya adalah mampu menyehatkan pencernaan sehingga gangguannya bisa diminimalisir. Pisang dapat mencegah sembelit karena kaya kandungan serat. Namun, jika masalahnya semakin parah, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa manfaat pisang untuk lansia yang perlu diketahui. Jika kamu tinggal bersama seorang lansia, ada baiknya untuk merekomendasikannya untuk mengonsumsi pisang secara rutin. Dengan begitu, kesehatan fisik dan juga mentalnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kamu juga bisa lho mengajak lansia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan. Dengan begitu, kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja!

Referensi:
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 6 Notable Health Benefits of Banana for Elderly.
Devoted Guardians. Diakses pada 2022. Is Banana Good for the Elderly?
Home Care Assistance. Diakses pada 2022. Are Bananas Good for the Elderly?